Sunday, March 26, 2017

Apa Perbedaan NTFS, FAT32 dan eXFAT ?



Perbedaan NTFS, FAT32 dan eXFAT

Apa Perbedaan NTFS, FAT32 dan eXFAT ?

Media Penyimpan komputer terbagi atas penyimpanan Internal dan External. Beberapa contoh dari media penyimpanan Internal dan External adan Hard Drive, Flash Drive, Memory Card, dan sebagainya. Didalam Windows, saat kalian menggunakan media penyimpanan yang baru kalian beli, biasanya belum memiliki format standar, dan saat kalian mencoloknya kedalam Windows biasanya akan muncul pesan apakah media penyimpanan tersebut mau di format menjadi NTFS, FAT32 atau exFAT. Lantas sebenarnya apa sih perbedaan dari ketiga jenis format file sistem tersebut ?

Perngertian FAT32

FAT32 adalah tipe file sistem yang paling tua diantara ketiga file sistem yang disebutkan diatas. File Sistem ini diperkenalkan pertama kali sejak Windows 95 dan digunakan sebagai pengganti FAT16 yang sebelumnya telah hadir. 

FAT32 memiliki kelebihan yang sebelumnya tidak ada di FAT16 yakni batas media penyimpanan yang didukung oleh FAT32 bisa disimpan sebanyak mungkin asalkan tidak lebih dari 4GB kapasitas partisi FAT32 juga dibatasi yakni kurang dari 8TB.

File sistem tipe ini biasanya dimiliki oleh perangkat keras USB FlashDrive memiliki kelebihan lainnya yakni bisa digunakan diberbagai macam sistem operasi Windows, MacOS, Linux dan Konsol Game terlebih perangkat lainnya yang memiliki dukungan port USB.

Perngertian exFAT

ExFAT hadir sebagai alternatif file sistem FAT32 yang memiliki beberapa batasan fitur. Diperkenalkan pada tahun 2006, fungsi lebih unggul dari pada FAT32 dimana exFAT memiliki batasan ukuran partisi yang cukup besar. Dengan menggunakan exFAT kalian bisa menyimpan data lebih dari 4 GB. Selain itu exFAT juga didukung oleh MacOS, karena di apabila MacOS menemui jenis file sistem ini maka MacOS dapat melakukan proses read-write kedalam media penyimpanan exFAT. exFAT juga sudah didukung oleh sistem operasi Linux ( dengan dukungan software tambahan ) dan juga beberapa konsol seperti PlayStation 4 & XBOX One juga sudah mendukung jenis file sistem ini

Perngertian NTFS

NTFS, jenis file sistem ini sudah sangat populer di Windows. Diperkenalkan kepublik sejak Windows XP, NTFS menawarkan kapasitas penyimapan file dan alokasi partisi yang lebih besar dibandingkan FAT32 & exFAT. Jenis file sistem ini bisa digunakan secara default saat kalian menginstal sistem operasi Windows.

Walaupun memiliki beberapa kelebihan, NTFS juga punya kekurangan diantaranya secara default di sistem operasi MacOS, NTFS hanya bisa melakukan proses read, beberapa distro linux juga hanya bisa melakukan proses read walaupun sebagian lainnya bisa juga melakukan proses read-write kedalam file sistem NTFS.

Jadi, idealnya NTFS digunakan untuk media penyimpanan Internal seperti HardDrive Internal yang memiliki ukuran besar sedangkan exFAT dan FAT32 bisa digunakan di FlashDrive.

RELATED POSTS

0 comments:

Post a Comment

Saya menghargai setiap komentar yang masuk dan akan berusaha membalas setiap komentar yang ada selama kalian.

1. Membaca postingan sampai habis.
2. Membaca postingan yang ada di link download.
3. Biasakan mencari di google dahulu sebelum bertanya.
4. Tidak keluar dari topik.
5. Tidak menulis spesifikasi PC / Laptop.
6. Tidak promosi website ( akan dimasukkan ke Spam )

Berkomentar cukup sekali, semua komentar akan dimoderasi dulu oleh Admin.

 
Display Pagerank