Sunday, March 19, 2017

5 Cara Mudah Mengatasi Hardisk yang Penuh



Cara Mudah Mengatasi Hardisk yang Penuh

5 Cara Mudah Mengatasi Hardisk yang Penuh 

Kapasitas hard drive sekarang ini semakin besar. Walaupun kapasitas yang semakin besar, secara tidak sadar lama-kelamaan hard drive yang dipakai akan penuh juga oleh data yang disimpan. Hard Drive yang penuh bukan hanya disebabkan terisi oleh data yang penting, namun terkadang data yang tidak penting juga ikut menjadi faktor membengkaknya isi hard drive. Hardrive yang penuh juga menjadi salah satu faktor yang menyebabkan kinerja Windows menurun, biasanya spek komputer yang tidak tinggi akan terasa dampak kinerja PC yang menurun saat Hard Drive penuh.


Dibawah ini adalah beberapa trik yang dapat kalian lakukan untuk mengatasi Hard Drive yang penuh. Cara-cara dibawah ini aman untuk dilakukan :)

1. Menggunakan Disk Cleanup

Disk Cleanup adalah salah satu aplikasi bawaaan Windows. Dengan aplikasi ini kalian dapat menghapus temporary file dan data tidak penting lainnya yang mengendap di komputer. Untuk menggunakan Disk Cleanup sangatlah mudah, tinggal ikuti langkah dibawah ini.

Kalian tinggal masuk ke Explorer --> Klik kanan pada Hard Drive yang ingin dibersihkan --> Properties --> Pilih Disk Cleanup.

Disk Cleanup

Setelah itu Disk Cleanup akan berjalan beberapa saat untuk mencari file-file sampah yang nantinya akan kalian hapus. Jika sudah pilih yang ingin dihapus, tinggal klik saja OK. 

Disk Cleanup

2. Hapus Aplikasi Berukuran Besar yang Jarang Digunakan

Menghapus program-program yang berukuran besar dan jarang digunakan juga bisa mengurangi penuhnya kapasitas hard drive. Windows sekali lagi sudah menyediakan fitur untuk menghapus aplikasi dengan mudah. Biasanya bisa diakses di lokasi 

Control Panel\Programs\Programs and Features

Programs and Features

Cara mengakses lokasi tersebut pun mudah, kalian tinggal melakukan pencarian melalui fitur Search di Windows, maka secara otomatis Windows akan menampilkan lokasi tersebut.

3. Analisa Ruang Hard Drive

Kadang kalian bingung. folder atau file apa saja sih yang memakan kapasitas hard drive. Sekarang kalian bisa mengeceknya secara langsung dengan aplikasi berbayar atau gratis. Aplikasi berbayar bisa menggunakan TreeSize Professional atau aplikasi gratisan menggunakan WinDirStat.

Kedua aplikasi tersebut cukup berguna untuk mengecek file/folder apa saja yang memakan ruang hard drive terlalu banyak. Namun perlu diingat, hati-hati untuk menghapus file system Windows yang biasanya terletak di 

C:\Windows

Pastikan kalian hanya menghapus file-file personal kalian saja yang mungkin sudah tidak dibutuhkan lagi.

4. Menggunakan Aplikasi Pembersih Tambahan

Menggunakan Windows Disk Cleanup cukup berguna, namun kurang powerful dikarenakan Disk Cleanup tidak mampu membersihkan temporary file, cache, cookie selain aplikasi bawaan Windows. Contohnya Disk Cleanup tidak mampu membersihkan cache FireFox atau Google Chrome.

CCleaner

Di Internet, kita bisa menemukan beberapa aplikasi tambahan pembersih komputer. Dan salah satu yang paling terkenal dan sudah terbukti keampuhannya adalah CCleaner. Dengan CCleaner kalian bisa membersihkan komputer dengan cukup optimal. 

5. Hapus File Duplikat / Ganda

Terakhir, untuk menghemat kapasitas Hard Drive, kalian bisa hapus file-file ganda / kembar yang ada di PC. Kalau kalian merasa file-file ganda tersebut tidak dibutuhkan, kalian hapus saja. Untuk mencari file-file ganda di PC, sekali lagi bisa menggunakan CCleaner. Caranya cukup mudah yakni tinggal buka CCleaner --> Pilih Tools --> Duplicate Finder --> Klik Search dan secara otomatis CCleaner akan mencari file ganda yang ada di PC secara otomatis yang bisa kalian hapus.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa saya berikan untuk mengatasi Hard Drive yang penuh di komputer, semoga cara diatas bermanfaat bagi kalian. Sebenarnya masih ada cara lainnya yakni......

Beli Hard Drive baru yang banyak dan berukuran besar juga hehe.. 😀

RELATED POSTS

0 comments:

Post a Comment

Saya menghargai setiap komentar yang masuk dan akan berusaha membalas setiap komentar yang ada selama kalian.

1. Membaca postingan sampai habis.
2. Membaca postingan yang ada di link download.
3. Biasakan mencari di google dahulu sebelum bertanya.
4. Tidak keluar dari topik.
5. Tidak menulis spesifikasi PC / Laptop.
6. Tidak promosi website ( akan dimasukkan ke Spam )

Berkomentar cukup sekali, semua komentar akan dimoderasi dulu oleh Admin.

 
Display Pagerank