Wednesday, November 23, 2016

Cara Terbaik Memperbaiki Error DLL di Windows



Cara Terbaik Memperbaiki Error DLL di Windows

Beberapa dari kalian mungkin pernah mengalami munculnya pesan error .dll di Windows saat akan menginstall atau menjalankan suatu aplikasi. Hal ini tentu saja cukup menganggu, apalagi saat aplikasi tersebut sangat dibutuhkan kalian. 

Cara Terbaik Memperbaiki Error DLL di Windows

Mengenal file DLL

Diantara kalian pastinya ada yang pernah bertanya, "apa sih file dll itu ? fungsinya buat apa ?". Nah, sedikit saya akan jelaskan, file DLL adalah sebuah library yang berisi berbagai macam kode dan data yang sudah dikompilasi / diprogram sehingga bisa dijalankan oleh aplikasi lain saat dibutuhkan. Biasanya file .DLL ditulis dalam bahasa pemrograman C/C++/C#. File .DLL bisa dibilang masih berhubungan erat layaknya file .EXE di Windows, hanya saja file .DLL tidak bisa langsung di eksekusi ( di klik 2x ) seperti file .EXE.

Cara Terbaik Memperbaiki Error DLL di Windows

Fungsi File DLL

Di Windows, file .DLL bisa digunakan oleh berbagai macam aplikasi berbeda secara bersamaan. File .DLL juga bisa dihubungkan antara satu dengan lainnya, jadi ketika suatu aplikasi menggunakan salah satu file .DLL, maka file .DLL tersebut akan memanggil file .DLL yang terhubung lainnya. Windows sendiri biasa menyimpan kumpulan file .DLL didalam lokasi C:\Windows\System32

Untuk para pengembang aplikasi, file-file .DLL sangat berguna karena para pengembang aplikasi tidak perlu membuat aplikasi dari awal, tinggal gunakan saja file .DLL yang dibutuhkan ( walaupun mereka bisa saja membuat sebuah file .DLL baru untuk aplikasi-aplikasi tertentu ). Untuk informasi lebih lanjut tentang .DLL kalian bisa membaca di situs Microsoft disini.

Bagaiman Cara Terbaik Memperbaiki Error File .DLL ?

Windows sudah menyertakan file-file .DLL yang dibutuhkan aplikasi. Walaupun begitu, kenyataanya bahwa ada juga beberapa aplikasi yang masih saja error ketika dijalankan dikarenakan tidak adanya file .DLL yang dibutuhkan di Windows. 

Beberapa orang menyarankan bahwa "Download saja file .dll yang dibutuhkan di google ! atau gunakan saja software DLL- A atau Software DLL-B untuk mendownload file .DLL secara otomatis !", well, sejatinya kalian tidak perlu sembarangan mendownload file .DLL atau menggunakan software pencari .DLL. Bisa saja file .DLL yang kalian download sembarang di google sudah termodifikasi dan diisi dengan malware ( walaupun hal ini bisa dicegah kalau kalian menggunakan antivirus yang sudah terupdate dan cukup mumpuni ), tetapi tentu saja common sense harus dibutuhkan, toh tidak ada proteksi antivirus yang sempurna bukan ? kalau kalian tidak yakin dengan file .dll yang kalian download di Internet, lebih baik jangan digunakan.

Nah, ada beberapa cara terbaik yang mungkin bisa kalian ikuti untuk mengatasi error .DLL di Windows, diantaranya :

- Menggunakan Media Installasi Windows : Kalian bisa mencari file .DLL yang dibutuhkan atau memperbaiki pesan error DLL melalui media installasi Windows, entah itu DVD Windows ataupun file .ISO Windows yang kalian punya. Kalian bisa mendownload file ISO Windows langsung dari server Microsoft menggunakan cara ini.

- Install Microsoft .NET Framework : Yup !, untuk mengatasi masalah error .DLL di Windows salah satunya menginstall Microsoft .NET Framework. Dipostingan sebelumnya sudah sedikit saya jelaskan bahwa tidak semua versi Microsoft .NET Framework terinstall di Windows. Contohnya adalah didalam Windows 8.1 & Windows 10, tidak ada Microsoft .NET Framework 3.5 yang otomatis terinstall, kalian harus mendownload versi Microsoft .NET Framework yang kalian butuhkan untuk menghilangkan pesan error tersebut. Penjelasan singkat Microsoft .NET Framework bisa dilihat disini.

- Install Microsoft Visual C++ Redistributable : Sama seperti .NET Framework, menginstall versi-versi tertentu Microsoft Visual C++ Redistributable juga bisa mengatasi pesan error .DLL. Beberapa aplikasi biasanya sudah menyertakan jenis Microsoft Visual C++ Redistributable yang dibutuhkan didalam installer aplikasi tersebut ( walaupun sebagian tidak ). Kalian bisa mendownload satu-persatu versi Microsoft Visual C++ Redistributable yang kalian butuhkan melalui situs resmi Microsoft disini atau disini atau jika tidak mau ribet mencari, kalian bisa juga menginstall Microsoft Visual C++ Redistributable AIO yang sudah dijadikan 1 paket oleh Baltagy disini.

- Install DirectX 9c : Apabila kalian menjalankan game kemudian muncul pesan missing d3dx9_XX.dll not found atau semacamnya, bisa jadi aplikasi tersebut masih membutuhkan versi lawas DirectX 9c. Seperti yang kita tahu, Windows terbaru semacam Windows 8.1/Windows 10, tidak langsung terinstall DirectX 9c, oleh karena itu ada baiknya install DirectX 9c terutama untuk game-game lawas, kalian bisa mendownload DirectX 9c Offline Installer langsung dari Microsoft disini.

- Install Ulang / Repair Aplikasi : Beberapa aplikasi memiliki file .DLL sendiri yang tidak ada didalam Microsoft Visual C++ Redistributable atau Microsoft .NET Framework. Hal bisa diatasi dengan cara install ulang aplikasi tersebut atau bisa juga melakukan proses repair menggunakan installer yang sama yang kalian gunakan saat menginstall aplikasi ( beberapa aplikasi mempunyai fitur repair dalam installernya ). 

Itu saja beberapa tips dari saya untuk mencegah atau memperbaiki error .DLL di Windows. Mudah-mudahan cara-cara diatas bermanfaat untuk kalian semua. Dan satu lagi saya beri saran, tidak ada salahnya untuk mengecek spesifikasi sistem suatu game atau aplikasi sebelum install 😀

Semoga bermanfaat 😀

RELATED POSTS

0 comments:

Post a Comment

Saya menghargai setiap komentar yang masuk dan akan berusaha membalas setiap komentar yang ada selama kalian.

1. Membaca postingan sampai habis.
2. Membaca postingan yang ada di link download.
3. Biasakan mencari di google dahulu sebelum bertanya.
4. Tidak keluar dari topik.
5. Tidak menulis spesifikasi PC / Laptop.
6. Tidak promosi website ( akan dimasukkan ke Spam )

Berkomentar cukup sekali, semua komentar akan dimoderasi dulu oleh Admin.

 
Display Pagerank