Sunday, June 5, 2016

Mengenal DirectX 12 di Windows 10 & Keunggulannya



DirectX 12

Mengenal DirectX 12 di Windows 10 & Keunggulannya

DirectX yaitu sebuah aplikasi yang yang bertujuan untuk menghubungkan program terhadap hardware baik itu gamepad, kartu grafis, mouse, dan sebagainya. DirectX juga berisi kumpulan Application Programming Interfaces (API) yang biasa digunakan untuk multimedia & gaming. DirectX merupakan komponen terpenting yang ada di Windows, tanpa adanya DirectX kemungkinan Microsoft tidak dapat mendominasi pasar gaming saat ini.

Sekilas Tentang DirectX

DirectX pertama kali diperkenalkan di Windows 95 dengan versi 2.0a. Dan seperti yang kita tahu setelahnya, DirectX telah berkembang dengan cukup baik, khusus Windows 10 sendiri, saat ini sudah mencapai versi DirectX 12.

Keunggulan DirectX 12

DirectX 12 memiliki beberapa keunggulan dibandingkan pendahulunya adalah salah satu fitur bernama MultiAdapter. Fitur ini memungkinkan hardware yang punya beberapa GPU ( Multiple GPU ) akan menggunakan masing-masing GPU tersebut untuk hal yang lebih spesifik, jadi para pengembang dapat memaksimalkan kinerja GPU yang ada didalam prosesor modern Intel & AMD APU untuk dijalankan berdampingan dengan kartu grafis terdedikasi ( Dedicated GPU ). Microsoft juga meyakinkan para pengembang, bahwa DX 12 akan meningkatkan FPS ( frame per second ).

Cara Mengecek Versi DirectX 12 di Windows 10

DirectX 12 merupakan fitur eksklusif yang hanya bisa didapat di Windows 10. Versi Windows 8.1 atau bahkan Windows 7, tidak akan bisa menggunakan DirectX 12. Cara mengeceknya adalah sebagai berikut;

1. Ketik "Dxdiag" (tanpa tanda kutip ) pada kolom pencarian Windows, setelah itu tekan enter.
2. Nanti akan muncul aplikasi DirectX Diagnostic Tool untuk mengecek versi DirectX yang terinstall di PC kalian.

DirectX 12

Perlu diketahui, ada syarat lainnya yang juga diperlukan untuk DirectX 12 yakni hardware yang sudah mendukung DirectX 12, jadi walaupun kalian sudah menggunakan Windows 10, namun setelah dicek masih muncul versi DirectX lama ( 11.1 atau 10 ), maka hardware di PC / Laptop yang kalian gunakan tidak support DirectX 12.

DirectX 12

Sejauh ini beberapa prosessor Intel Haswell, Broadwell serta seri terbaru intel sudah mendukung DirectX 12. AMD juga tidak ketinggalan dengan merilisi perangkat APU & GPU yang sudah mendukung DirectX 12 disini. Lantas bagaimana dengan Nvidia ? Nvidia dengan lini GeForce tentu tidak mau kalah dengan pesaingnya, list dari GPU yang sudah support directX 12 bisa kalian cek disini.

Dengan kelebihan yang ditawarkan DirectX 12, tampaknya cukup menjanjikan, apalagi kalian para hardcore gamers akan sangat menikmati update terbaru DirectX dari Microsoft. Memang, sangat disayangkan DirectX 12 ini hanya dapat dinikmati Windows 10, tetapi tidak ada salahnya juga kalian update ke Windows 10 kalau memang sudah siap.

RELATED POSTS

0 comments:

Post a Comment

Saya menghargai setiap komentar yang masuk dan akan berusaha membalas setiap komentar yang ada selama kalian.

1. Membaca postingan sampai habis.
2. Membaca postingan yang ada di link download.
3. Biasakan mencari di google dahulu sebelum bertanya.
4. Tidak keluar dari topik.
5. Tidak menulis spesifikasi PC / Laptop.
6. Tidak promosi website ( akan dimasukkan ke Spam )

Berkomentar cukup sekali, semua komentar akan dimoderasi dulu oleh Admin.

 
Display Pagerank