Wednesday, May 18, 2016

Penjelasan Singkat Mengenai Microsoft .NET Framework



.NET Framework

Penjelasan Singkat Mengenai Microsoft .NET Framework

Microsoft .NET Framework ( Dibaca Microsoft dot NET Framework ) adalah sebuah software yang terdapat didalam Sistem Operasi Windows yang terdiri dari berbagai macam API & juga kode library yang digunakan untuk pengembangan berbagai macam aplikasi. 

Mengapa .NET Framework Begitu Penting ?

Microsoft .NET Framework merupakan salah satu komponen yang paling penting didalam Sistem Operasi Windows. Beberapa dari kalian pasti pernah mengalami pesan error saat menjalankan suatu aplikasi atau game, contohnya adalah dibawah ini

Error Microsoft .NET Framework

Beberapa aplikasi membutuhkan .NET Framework yang terinstall didalam Windows dan apabila belum terinstall maka akan mengalami pesan error seperti diatas.

Apakah .NET Framework Sudah Terinstall di PC ?

Microsoft secara default sudah menyediakan .NET Framework yang sudah terinstall di Windows. Contohnya pada Windows 7 SP1 sudah terinstall versi Microsoft .NET Framework 3.5, di Windows 8/8.1 serta Windows 10 sudah langsung terinstall Microsoft .NET Framework versi 4.5 keatas. Jika kalian ingin mengetahui versi Microsoft .NET Framework yang terinstall di PC kalian, bisa kalian baca postingan saya disini.

Walaupun begitu ada beberapa aplikasi yang membutuhkan versi Microsoft .NET Framework yang berbeda untuk masing-masing Sistem Operasi Windows. Maksudnya begini, contohnya kalian ingin menjalankan suatu aplikasi di Windows 7, namun aplikasi membutuhkan Microsoft .NET Framework 4, sedangkan seperti yang kita tahu Microsoft .NET Framework 4 terdapat di Windows 8.1/10, oleh karena itu kita harus menginstall versi Microsoft .NET Framework yang sesuai agar aplikasi tersebut bisa berjalan.

Pada tahun 2012 saat Windows 8 keluar untuk pertama kali, beberapa pengguna mengalami masalah saat akan menjalankan aplikasi-aplikasi lama, ternyata salah satu masalahnya adalah belum terinstallnya Microsoft .NET Framework 3.5. Ya, Microsoft memang tidak menyediakan secara langsung Microsoft .NET Framework 3.5 di Windows 8 ataupun di Windows 10. Pengguna kedua sistem operasi tersebut diharuskan mengaktifkan Microsoft .NET Framework 3.5 melalui Windows Features.

Microsoft .NET Framework 3.5 Windows 10

Cara Install Microsoft .NET Framework

Microsoft .NET Framework bisa diinstall melalui Windows Updates atau mengaktifkan fitur Microsoft .NET Framework seperti di Windows 8 / Windows 10. Microsoft juga sudah menyediakan aplikasi standalone Microsoft .NET Framework yang bisa langsung diinstall tanpa melalui Windows Update. Contohnya adalah Microsoft .NET Framework 4.6 untuk Windows 7 SP1 disini. Kalian tidak perlu repot-repot saat melakukan proses installa Microsoft .NET Framework versi 4 keatas pada Windows 7, karena proses installasinya sama seperti menginstall aplikasi biasa, cukup klik 2x pada installer dan tunggu hingga selesai.

Untuk pengguna Windows 8 dan Windows 10, saya juga sudah menyediakan cara install Microsoft .NET Framework yang bisa kalian temukan pada postingan dibawah ini :


Nah, itulah sedikit penjelasan singkat dari saya mengenai Microsoft .NET Framework, jika kalian ingin menambahkan atau mengoreksi, bisa kalian tambahkan melalui komentar :)

RELATED POSTS

0 comments:

Post a Comment

Saya menghargai setiap komentar yang masuk dan akan berusaha membalas setiap komentar yang ada selama kalian.

1. Membaca postingan sampai habis.
2. Membaca postingan yang ada di link download.
3. Biasakan mencari di google dahulu sebelum bertanya.
4. Tidak keluar dari topik.
5. Tidak menulis spesifikasi PC / Laptop.
6. Tidak promosi website ( akan dimasukkan ke Spam )

Berkomentar cukup sekali, semua komentar akan dimoderasi dulu oleh Admin.

 
Display Pagerank