Monday, May 16, 2016

5 Live CD Terbaik Pengganti Hiren's Boot CD



5 Live CD Terbaik Pengganti Hiren's Boot CD

Live CD / Live DVD atau Live Disc adalah software / sistem operasi yang biasa dijalankan melalui media penyimpanan CD/DVD ( bisa juga flashdrive ) dan berjalan melalui memori komputer ( RAM ). Beberapa Live CD bisa langsung dijalankan di PC tanpa harus memiliki hard disk. Kalian juga bisa menggunakan Live CD untuk mencoba sebuah sistem operasi tanpa harus menginstallnya terlebih dahulu, hal ini sudah sangat umum bagi pengguna Linux karena beberapa distro Linux seperti Ubuntu ataupun Linux Mint sudah dilengkapi fitur Live CD.

Live CD biasa digunakan kalangan teknisi untuk memperbaiki kerusakan komputer dibidang software atau hardware. Sebuah Live CD biasanya sudah dilengkapi dengan berbagai macam tools untuk mendiagnosa kerusakan PC seperti mengecek status RAM, hard disk, membersihkan virus, backup sistem operasi dan sebagainya.

Salah satu Live CD yang sudah sangat terkenal dikalangan teknisi komputer adalah Hiren's Boot CD. Hiren's Boot CD sendiri memiliki banyak sekali tools / software yang digunakan untuk "menyelamatkan" suatu PC. Nah, apabila PC kalian tidak mau booting dan kalian ingin mengambil data penting di PC kalian, maka Hiren's Boot CD ini bisa jadi penyelamat.

Hiren's Boot DVD 15.2 Restored Edition 1.1

Sayangnya pengembangan Hiren's Boot CD sudah lama sekali "mati suri". Versi terakhir dari Hiren's Boot CD dirilis 9 Nov 2012. Memang ada versi update unofficial untuk Hiren's Boot CD bernama Hiren's Boot DVD Restored Edition yang dibuat oleh Proteus, tapi versi Restored Edition Hiren's Boot CD ini juga sudah terlalu lama yakni dirilis sekitar Januari 2013 lalu. Dan hingga saat ini belum ada kejelasan apakah proyek dari Hiren's Boot CD ini masih dilanjutkan atau tidak.

Jika kalian membutuhkan sebuah Live CD yang memiliki fungsi yang sama dengan Hiren's Boot CD, maka dibawah ini adalah beberapa Live CD yang bisa +Software 182  rekomendasikan untuk kalian gunakan, diantaranya ;

1. Boot CD/USB Sergei Strelec 2015 v.8.0 (x86/x64) English Version

Boot CD/USB Sergei Strelec 2015

Boot CD/USB Sergei Strelec 2015 v.8.0 adalah sebuah Live CD berbasis Windows 8 PE. Menurut saya, Live CD dari Sergei ini merupakan salah satu Live CD terbaik. Selain fitur softwarenya yang lumayan lengkap ( bisa kalian lihat disini ), Boot CD/USB Sergei Strelec 2015 v.8.0 milik Sergei juga bisa dijalankan di PC lama baik yang masih menggunakan BIOS ataupun yang sudah menggunakan UEFI. Kalian juga tidak perlu spesifikasi tinggi untuk menjalankan Boot CD/USB Sergei Strelec 2015 v.8.0 dari Sergei, Minimal RAM 512 MB ( untuk PC lama ) atau RAM 1 GB pun sudah bisa menggunakan Boot CD/USB Sergei Strelec 2015 v.8.0 ini.

2. DLC Boot 2016

DLC Boot 2016

Versi Pembaharuan dari DLC Boot 2015. Didalamnya sudah terdapat Mini Windows 10 & juga Mini Windows XP. Software-software yang terdapat di DLC Boot 2016 juga lumayan lengkap yang bisa kalian lihat disini. DLC Boot 2016 juga bisa dijalankan melalui media USB FlashDrive atau DVD-R.

3. Active@ Boot Disk v10.1.0 Mod. Edition Dec.2015 Rev.1 by Hawk007

Active@ Boot Disk v10.1.0 Mod. Edition Dec.2015 Rev.1 by Hawk007

Salah satu teman saya Hawk007 membuah versi Mod dari Active@ Boot Disk v10. Active@ Boot Disk Mod. Edition 2015 buatan Hawk007 memiliki banyak sekali software didalamnya. Berbasis WinPE 5.1 ( Windows 8.1 ), Active@ Boot Disk v10. Active@ Boot Disk Mod. Edition 2015 sangat berguna untuk dipakai. 

Jika kalian yang ingin menyelematakan PC kalian namun tidak terlalu membutuhkan banyak fitur, kalian bisa menggunakan Active@ Boot Disk v10. Active@ Boot Disk Mod. Edition 2015 ini. Ukurannya pun lebih kecil dibandingkan versi Live CD lainnya ( Sekitar 700 MB ), kalian juga bisa menggunakan Active@ Boot Disk v10. Active@ Boot Disk Mod. Edition 2015 kedalam CD-R atau USB FlashDrive 1 GB.

4. WinPE Maintenance Disk x64 by CoolZoid

WinPE Maintenance Disk x64 v2

Sama seperti Active@ Boot Disk v10. Active@ Boot Disk Mod. Edition 2015, WinPE Maintenance Disk buatan CoolZoid juga berbasis Windows 8.1 PE Enterprise. Didalam WinPE Maintenance Disk sudah dimodifikasi serta ditambahkan berbagai macam aplikasi yang sangat berguna untuk mengecek PC. Entah itu mengecek status hardisk, mengecek RAM, partisi OS, kloning OS, backup & recovery data, dan masih banyak lagi ! Kalian bisa lihat sendiri program-program yang sudah ditambahkan disini.

5. Windows 10 PE SE Live Disc by Hawk007

Win10PE SE

Windows 10 PE SE by Hawk dibuat berdasarkan Windows 10 Enterprise 64-bit. Sama seperti Live CD lainnya, Windows 10 PE SE by Hawk007 juga sudah dilengkapi berbagai macam tools untuk mendiagnosa kerusakan di PC. Tampilannya yang user-friendly karena sudah berbasis Windows 10. Software yang didapat Windows 10 PE SE juga lumayan lengkap dan bisa kalian lihat disini


Nah, itulah beberapa Live CD yang menurut +Software 182  sangat bagus untuk digunakan sebagai pengganti Hiren's Boot CD. Sebenarnya masih banyak Live CD lainnya yang tidak bisa saya sebutkan satu-persatu dipostingan ini seperti :

- Ultimate Boot CD ( berbasis Linux ).
- Parted Magic ( Berbasis Linux ).

Kalau kalian pilih yang mana ? Apa ada yang masih bisa ditambahkan ? Sebutkan dikomentar ! :)

RELATED POSTS

4 comments:

Saya menghargai setiap komentar yang masuk dan akan berusaha membalas setiap komentar yang ada selama kalian.

1. Membaca postingan sampai habis.
2. Membaca postingan yang ada di link download.
3. Biasakan mencari di google dahulu sebelum bertanya.
4. Tidak keluar dari topik.
5. Tidak menulis spesifikasi PC / Laptop.
6. Tidak promosi website ( akan dimasukkan ke Spam )

Berkomentar cukup sekali, semua komentar akan dimoderasi dulu oleh Admin.

 
Display Pagerank