Friday, December 4, 2015

Speccy - Cek Spesifikasi Komputer Dengan Lengkap !



Speccy - Cek Spesifikasi Komputer Dengan Lengkap !

Speccy - Cek Spesifikasi Komputer Dengan Lengkap !

Nama Software : Speccy
Developer : Piriform.
Lisensi : Freeware ( Shareware available ).
Homepage : http://www.piriform.com/speccy

Biasanya sebelum kita menginstall game atau software diharuskan untuk mengecek spesifikasi komputer terlebih dahulu. Tentu saja tujuannya untuk memastikan apakah komputer kita bisa menjalankan game atau software tersebut. 

Pengguna Windows biasa mengecek spesifikasi sistem Komputer melalui System Properties ataupun melalui perintah DXDIAG. 

System Properties Windows 10

DXDiag Windows 10

DXDiag Windows 10

Memang dengan menggunakan kedua fitur dari Windows kita dapat melihat spesifikasi komputer dengan mudah, sayangnya informasi yang ditampilkan kurang lengkap.

Untungnya ada sebuah aplikasi bernama Speccy. Speccy adalah aplikasi buatan piriform ( yang membuat CCleaner ) yang berguna untuk menampikan informasi hardware serta software yang ada di komputer. Speccy juga sudah support berbagai macam Sistem Operasi Windows termasuk Windows 10 !

Speccy memiliki beberapa versi termasuk versi Free, Professional, Business hingga Technician. Namun versi Speccy Free saja sudah cukup untuk pengguna rumahan karena sudah menampikan informasi yang cukup akurat.

Proses Installasi Tidak Rumit

Speccy memiliki ukuran hanya sekitar 5 MB. Speccy juga memiliki 2 buah versi yakni versi Installer & versi Portable dimana dari segi fitur tidak ada perbedaan dari kedua versi Speccy tersebut. Yang membedakannya adalah versi Installer harus diinstall kedalam PC sedangkan versi Portable bisa langsung dijalankan tanpa proses installasi terlebih dahulu.

Speccy Adware

Sayangnya ada kekurangan dalam versi Installer Speccy Free. Kekurangannya adalah apliksi Speccy Free membawa adware. Walaupun aplikasi yang diinstall adalah Google Chrome tentu saja Kalian harus hati-hati dalam proses installasi agar tidak menginstall Google Chrome secara otomatis ( dihilangkan ceklist saat proses install ). Proses installasi berlangsung cepat dan sangat mudah, newbie pun bisa melakukannya

Tampilan yang Ramah

Tampilan software Speccy sangatlah ramah untuk dilihat. Dengan berbagai macam icon mini, Speccy semakin mempermudah penggunanya. Tidak diperlukan konfigurasi yang rumit, kalian tidak harus menjadi IT-Expert hanya untuk menjalakan Speccy, newbie juga bisa !

GUI Speccy

Sayangnya Speccy saat ini belum memiliki dukungan untuk Bahasa Indonesia. Mudah-mudahan saja di versi Speccy selanjutnya sudah mendukung Bahasa Indonesia.

Informasi Ditampilkan Lebih Lengkap !

Inilah salah satu kelebihan dari Speccy. Kalian bisa melihat spesifikasi PC / Laptop kalian dengan lengkap dan akurat. Dengan Speccy, kalian bisa melihat Sistem Operasi apa yang sedang digunakan, RAM, Tipe dan Merk Motherboard, Jenis Processor, VGA, Hardisk dan sebagainya.

CPU Speccy

Mainboard Speccy

Speccy

Semuanya dikemas dengan mudah dengan software mini ini. Kalian bisa juga mengecek informasi tambahan hardware di PC kalian dengan mengklik ikon hardware yang ingin dilihat pada bagian sebelah kiri Speccy. Disitu akan ditampikan dengan jelas berbagai macam info tentang hardware tersebut. Kalian juga bisa menyimpan informasi PC kalian dengan lengkap dalam bentuk XML atau TXT.

Kesimpulan

Speccy, salah satu software besutan Piriform sudah dikenal malang-melintang untuk melihat Spesifikasi PC / laptop. Tampilannya yang mudah dan ramah sangat berguna untuk berbagai macam kalangan pengguna. Walaupun pada saat proses installasi terdapat adware, tentunya hal ini tidak menjadi masalah besar selama pengguna jeli saat proses installasi. 

Versi Free dari Speccy juga sudah mencakup hampir keseluruhan fungsi Speccy. Jadi, tunggu apalagi ? kalau kalian merasa informasi hardware yang kalian dapatkan masih kurang, tinggal gunakan Speccy saja ! dan lihat spek PC kamu dengan lengkap !

RELATED POSTS

0 comments:

Post a Comment

Saya menghargai setiap komentar yang masuk dan akan berusaha membalas setiap komentar yang ada selama kalian.

1. Membaca postingan sampai habis.
2. Membaca postingan yang ada di link download.
3. Biasakan mencari di google dahulu sebelum bertanya.
4. Tidak keluar dari topik.
5. Tidak menulis spesifikasi PC / Laptop.
6. Tidak promosi website ( akan dimasukkan ke Spam )

Berkomentar cukup sekali, semua komentar akan dimoderasi dulu oleh Admin.

 
Display Pagerank