Sunday, December 27, 2015

Apa Itu File thumbs.db & desktop.ini ? Boleh Dihapus Ga Sih ?



Apa Itu File thumbs.db & desktop.ini ? Boleh Dihapus Ga Sih ?

Apa Itu File thumbs.db & desktop.ini ? Boleh Dihapus Ga Sih ?

Saat kalian membuka Windows Explorer biasanya kalian akan menemukan file bernama thumbs.db dan juga desktop.ini. Kedua file berukuran kecil tersebut biasanya diatur secara tersembunyi, apabila kalian tidak menampilkan file yang tersembunyi pada Windows, kalian tidak akan menemukan file tersebut.

Apa Itu File Thumbs.db ?

File thumbs.db merupakan sebuah file yang dibuat saat kalian membuka gambar didalam sebuah folder saat kalian membukanya dengan Windows Explorer, thumbs.db berguna untuk mempercepat gambar untuk muncul saat dibuka kembali. Secara default, Kalian tidak akan sadar saat Windows membuat thumbs.db karena file tersebut dibuat secara otomatis dan tersembunyi, memang terkadang file thumbs.db ini menyebabkan masalah terutama saat akan menghapus atau memindahkan file, biasanya akan muncul pesan seperti dibawah ini.

thumbs.db

Apa itu File Desktop.ini ?

Selain file thumbs.db, Windows juga membuat salah satu file lainnya bernama desktop.ini, file desktop.ini bersifat sangat tersembunyi, artinya selain tersembunyi secara default, file ini juga dilindungi secara otomatis oleh Windows sebagai salah satu file sistem. Kalian tidak akan bisa menemukan file desktop.ini selama kalian mematikan fitur pada "Hide Protected Operating System Files (Recommended)" di Windows Explorer yang terletak pada jendela Folder Options.

Folder Options

Windows menggunakan file tersebut untuk mengidentifikasikan folder mana yang harus ditampilkan. Contohnya begini, apabila kalian ingin memindahkan beberapa folder di Windows, Windows akan memberitahu kalian bahwa folder yang ingin kalian pindahkan tersebut merupakan folder sistem yang tidak boleh dipindahkan.

Bolehkah Kita Menghapus File Tersebut ?

Tentu saja boleh. Cara menghapusnya tinggal kalian tampilkan file tersembunyi di Windows dan klik delete. Apabila kalian menggunakan software pembersih seperti CCleaner, kalian juga bisa langsung menghapusnya dengan mudah, namun perlu diingat Windows secara otomatis akan tetap membuat file-file tersebut diatas.

Khusus untuk file thumbs.db, apabila kalian merasa tidak membutuhkannnya, kalian bisa mencegah Windows untuk membuat file tersebut, caranya cukup mudah kalian bisa menggunakan cara dibawah ini.

1. Kalian buka registry editor ( tekan lambang Windows + huruf R pada keyboard ) dan klik regedit lalu enter.

2. Selanjutnya kalian pergi kelokasi dibawah ini :

HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\Advanced

3. Nantinya kalian akan melihat sebuah DWORD bernama DisableThumbnailCache, klik pada bagian tersebut dan pada bagian Value Data kalian ubah menjadi 1.

3b. Jika kalian tidak menemukan file tersebut, pada panel sebelah kanan kalian buat saja DWORD baru bernama DisableThumbnailCache ( klik kanan --> DWORD Value ). Lalu ubah nilainya ( value data ) menjadi 1.

4. Setelah selesai kalian bisa tutup registry editor kalian. Apabila kalian ingin mengembalikan kekeadaan semula, kalian bisa hapus DWORD tersebut atau ubah nilainya menjadi 0.

RELATED POSTS

4 comments:

Saya menghargai setiap komentar yang masuk dan akan berusaha membalas setiap komentar yang ada selama kalian.

1. Membaca postingan sampai habis.
2. Membaca postingan yang ada di link download.
3. Biasakan mencari di google dahulu sebelum bertanya.
4. Tidak keluar dari topik.
5. Tidak menulis spesifikasi PC / Laptop.
6. Tidak promosi website ( akan dimasukkan ke Spam )

Berkomentar cukup sekali, semua komentar akan dimoderasi dulu oleh Admin.

 
Display Pagerank