Sunday, November 22, 2015

Perlukah Terus Menerus Update Driver ?



Update Driver

Perlukah Terus Menerus Update Driver ?

Untuk para pengguna komputer, pasti sudah tidak asing lagi dengan kata driver. Kalian pasti pernah mendengarnya baik itu di forum komputer, forum gaming atau bahkan saat akan membeli komputer. Lantas apa sih sebenarnya driver itu ? seberapa pentingkah update driver di Windows ?

Pengenalan Driver

Driver sendiri memiliki pengertian sebagai berikut, driver adalah program komputer yang berguna untuk menghubungkan antara sistem operasi dengan perangkat keras ( hardware ). Tanpa adanya driver, perangkat keras dalam PC tidak dapat digunakan. Contohnya saja kalian pasti pernah mengalami laptop kalian tidak bisa terkoneksi ke internet atau laptop kalian tidak mengeluarkan suara, mungkin saja driver-nya belum terinstall.

Driver biasanya tersedia dalam bentuk CD / DVD, namun saat ini sebagian vendor tidak menyediakan kumpulan driver dalam bentuk fisik, driver-driver tersebut bisa didapatkan langsung melalui situs resmi mereka.

Perlukah Terus Menerus Memperbaharui Driver ?

Jawabannya bisa "Iya" bisa juga "Tidak". Kalau kalian tidak memiliki masalah terhadap perangkat keras di PC kalian, lebih baik jangan diupdate. Saya sendiri menyarankan untuk menghindari software pihak ketiga untuk menginstall atau mengupdate driver, Walaupun menggunakan DriverPack Solution atau Snappy Driver Installer. Kedua software tersebut hanya merupakan solusi final / solusi terakhir apabila kalian benar-benar tidak dapat menemukan driver yang cocok setelah googling kesana kemari. Saya tetap menyarankan lebih baik install driver melalui situs resmi karena sudah disesuaikan dengan perangkat keras yang kalian gunakan.

Hal ini berbeda kasusnya jika memang terdapat driver yang baru untuk sistem operasi yang terbaru pula. Misalkan kalian sudah menggunakan Sistem Operasi Windows 10, namun disaat bersamaan kalian masih menggunakan driver dari sistem operasi Windows 7 atau Windows 8.1, ada baiknya kalian mengupdate driver tersebut ke driver yang lebih cocok ke Windows 10, tentu saja jika update driver tersebut memang sudah tersedia untuk Windows 10.

Driver Apa Saja yang Harus Diinstall Setelah Install Ulang ?

Windows secara default sudah menyediakan beberapa driver saat proses installasi. Tentu saja ada beberapa komponen yang memang harus diinstall / diupdate setelah selesai install ulang Windows. Berikut ini adalah komponen utama perangkat keras yang wajib diinstall setelah install ulang Windows.

Video Card / VGA : Windows secara default sudah menyediakan driver untuk Video Card ( On-Board ), Lain halnya apabila kalian memiliki Video Card tambahan ( VGA External ). VGA Eksternal yang biasa beredar saat ini berasal dari 2 perusahaan besar yakni AMD dan Nvidia. kalian bisa mendapatkan kedua driver AMD dan Nvidia tersebut melalui situs resmi mereka.

Motherboard/Chipset : Salah satu komponen penting pula, kalian bisa mendapatkan driver chipset melalui CD Motherboard atau download melalui situs resmi merk motherboard yang kalian gunakan.

Sound Card : Windows sudah menyediakan driver untuk kartu suara ( Sound Card ), namun tidak semua bisa bekerja untuk masing-masing PC / Laptop. Terkadang PC / Laptop tidak mengeluarkan suara setelah install ulang, oleh karena itu kalian wajib install driver sound card, kalian bisa mendapatkan driver Sound Card melalui CD bawaan ( pada laptop ) atau download melalui situs resminya saja.

Network Card : Tanpa adanya komponen ini kalian tidak bisa mengakses ke internet.

Ada beberapa komponen lainnya yang boleh kalian install seperti driver USB, dsb. Apabila kalian seorang gamer, mengupdate driver Video Card tampaknya menjadi sebuah kewajiban karena driver versi terbaru bisa menunjang pengalaman bermain game ( tidak mau kan nge-lag saat bermain game ? :) ).

Cara Mengecek Versi Driver

Mengecek versi driver sangatlah mudah, Windows sudah menyediakan hal tersebut dan kalian bisa mengaksesnya melalui Device Manager. Untuk mengakses Device Manager kalian cukup ketik kata "Device Manager" ( tanpa tanda kutip ) pada kotak pencarian Windows. 

Perlukah Terus Menerus Update Driver ?


Kalian juga bisa memperbaharui / uninstall / dsiable Driver secara langsung, caranya tinggal pilih saja driver yang dipilih lalu klik kanan --> Properties, maka akan muncul info tentang driver yang terinstall di PC.

Perlukah Terus Menerus Update Driver ?

Terakhir, saya menekankan jika tidak ada driver yang rusak / error pada PC kalian lebih baik jangan benerin,  yang ada malah tambah rusak :)

RELATED POSTS

4 comments:

  1. Enakan update 2-3 thn skali lwt IObit Driver Booster, Gan. Cm sayang, klo backup g dlm bntuk file .exe lg.

    Device Manager dr M$, rada g ngerti.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terakhir kali ane pake software driver updater udah lumayan lama, 1,5 tahun lalu, kalau gak salah Driver Magician, itupun cuma untuk backup driver

      Delete
  2. Kalau windows perlu diupdate tidak bro?
    Yg saya amati klo sering diupdate windows juga drivernya malah byk masalah sma PC ane

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang untuk driver yang diupdate melalui Windows Update kadang suka error, namun kalau ente pake Windows 10, ente mau gak mau harus install itu update karena di Windows 10 sejauh ini kita gak bisa milih update yang mau diinstall seperti versi Windows sebelumnya

      Delete

Saya menghargai setiap komentar yang masuk dan akan berusaha membalas setiap komentar yang ada selama kalian.

1. Membaca postingan sampai habis.
2. Membaca postingan yang ada di link download.
3. Biasakan mencari di google dahulu sebelum bertanya.
4. Tidak keluar dari topik.
5. Tidak menulis spesifikasi PC / Laptop.
6. Tidak promosi website ( akan dimasukkan ke Spam )

Berkomentar cukup sekali, semua komentar akan dimoderasi dulu oleh Admin.

 
Display Pagerank