Friday, November 13, 2015

Cara Memantau Program Dengan Revo Uninstaller Pro 3



Revo Uninstaller Pro

Cara Memonitor Program Dengan Revo Uninstaller

Revo Uninstaller adalah salah satu software yang berguna untuk menghapus program yang ada di Windows sampai bersih. Revo Uninstaller terbagi menjadi 2 buah versi, ada yang versi Free  ( Gratis ) dan Pro ( Berbayar ). Dimana versi berbayar seharga  $39.25. Versi Gratis dari Revo Uninstaller tentu memiliki kekurangan di versi berbayar, salah satunya adalah versi Gratis tidak support untuk Windows 64-bit.

Revo Uninstaller Pro memiliki banyak fitur yang sangat berguna seperti Uninstaller, Junk Files Cleaner, Forced Uninstall dan masih banyak lagi yang bisa kalian lihat langsung disini, Diantara semua fitur dari Revo Uninstaller, ada salah satu fitur yang menarik namanya Real-Time Installation Monitor.Sebagian pengguna Revo Uninstaller Pro terkadang tidak menggunakan fitur Real-Time Installation Monitor padahal fitur ini cukup berguna.

Kalian pasti tahu ada beberapa software yang memang sengaja meninggalkan file atau folder kedalam Windows. Dan tentu saja hal ini bisa sangat bermasalah. Contohnya saja BlueStacks App Player. Saat kita menghapus BlueStacks App Player secara manual melalui Windows Add & Remove Programs, BlueStacks App Player biasanya akan meninggalkan file, folder hingga registry didalam Windows. Sehingga saat sewaktu-waktu saat kita ingin menginstall lagi BlueStacks App Player akan muncul pesan "...Already installed in this machine", sangat mengganggu bukan ?

Mengenal Real-Time Installation Monitor di Revo Uninstaller Pro

Fitur Real-Time Installation Monitor yang ada di Revo Uninstaller Pro memungkinkan Revo Uninstaller Pro untuk memantau seluruh perubahan program terhadap Windows selama proses installasi program berlangsung, jadi saat progam / software yang nantinya sudah tidak digunakan akan dapat dihapus secara maksimal dan menyeluruh. 

Kelebihan dari Real-Time Installation Monitor yang ada di Revo Uninstaller Pro juga proses penghapusan program ( uninstall ) akan lebih cepat dari proses penghapusan progam secara default.

Cara Memantau Installasi Progam Dengan Revo Uninstaller Pro

Pada contoh kali ini saya ingin memantau proses installasi Daum PotPlayer dengan Revo Uninstaller. Proses monitoring dengan Revo Uninstaller Pro cukup mudah.

1. Klik kanan pada installer progam lalu pilih Install with Revo Uninstaller Pro.

Cara Memonitor Program Dengan Revo Uninstaller

2. Langkah selanjutnya adalah memulai proses installasi program seperti biasa hingga selesai., Revo Uninstaller Pro akan melakukan proses monitoring secara otomatis. Hal ini ditandai terdapat sebuah bar pada layar desktop dan letaknya terdapat pada atas layar ( yang saya beri kotak warna merah ).

Cara Memonitor Program Dengan Revo Uninstaller

3. Setelah proses installasi program selesai, kalian bisa langsung menghentikan proses monitoring pada program yang sudah terinstall. Caranya tinggal klik ikon stop seperti gambar dibawah

[ Optional ] Namun, ada baiknya Kalian buka program / software yang baru saja kalian install terlebih dahulu, lalu lakukan konfigurasi setting pada program yang sudah diinstall baru kemudian kalian lakukan penghentian proses monitoring seperti dibawah.

Cara Memonitor Program Dengan Revo Uninstaller

4. Kalian beri nama pada progam yang sudah terinstall tadi. Namanya bebas sesuka kalian, dan jika sudah kalian klik ikon save.

Cara Memonitor Program Dengan Revo Uninstaller

5. Setelah selesai, kalian coba buka aplikasi Revo Uninstaller Pro. Kalian klik pada tab Traced Programs maka disitu akan terlihat software yang baru saja kalian pantau dengan fitur Real-Time Installation Monitor Revo Uninstaller Pro.

Perhatikan pada kotak berwarna merah pada gambar dibawah, kalian bisa melihat berapa jumlah item registry serta file & folder yang berhubungan dengan software tadi diinstall, dalam hal ini PotPlayer.

Cara Memonitor Program Dengan Revo Uninstaller

6. Done, sampai langkah ini sebenarnya sudah selesai. Kalian sudah berhasil memantau progam yang terinstall dengan Real-Time Installation Monitor Revo Uninstaller Pro.

Cara Menghapus Progam yang Dipantau Dengan Revo Uninstaller Pro

Ambil contoh sewaktu-waktu kalian ingin menghapus program atau aplikasi yang sudah kalian monitor sebelumnya dengan Revo Uninstaller Pro. Karena program tersebut sudah tidak kalian pakai atau memberatkan PC kalian. Caranya pun cukup mudah.

1. Pastikan kalian sebelumnya sudah melakukan proses monitoring seperti langkah diatas. 

2. Kalian buka Revo Uninstaller Pro, lalu pilih tab Traced Programs dan setelah itu kalian klik pada program yang kalian ingin hapus --> klik pada logo Uninstall.

Cara Memonitor Program Dengan Revo Uninstaller

3. Nantinya akan muncul pesan seperti dibawah, kalian klik Yes saja dan Revo Uninstaller Pro akan melakukan proses penghapusan progam dengan cepat.

Cara Memonitor Program Dengan Revo Uninstaller

Cara Memonitor Program Dengan Revo Uninstaller

4. Pada kasus tertentu ada beberapa item registry yang masih terkait dengan software yang baru saja kita hapus dan registry tersebut tertinggal di Windows dikarenakan Revo Uninstaller Pro tidak memantau penambahan registry tersebut saat proses monitoring installasi program.

Kalian pilih saja Advanced Uninstall

Cara Memonitor Program Dengan Revo Uninstaller

5. Kemudian Revo Uninstaller Pro akan menampilkan Registry yang terkait, kalian pilih saja Select All lalu pilih Delete.

Cara Memonitor Program Dengan Revo Uninstaller

Cara Memonitor Program Dengan Revo Uninstaller

6. Setelah pilih Delete nanti akan muncul pesan seperti dibawah, kalian pilih Yes saja.

Cara Memonitor Program Dengan Revo Uninstaller

7. Selesai ! sekarang kalian lihat lagi pada tab Traced Programs Revo Uninstaller Pro, software yang tadi dihapus sudah hilang !

Cara Memonitor Program Dengan Revo Uninstaller

Revo Uninstaller Pro merupakan salah satu software penghapus program terbaik. Penggunaan Revo Uninstaller Pro di Windows juga sangat mudah, terlebih Revo Uninstaller Pro juga support berbagai macam OS Windows dari XP hingga Windows 10 baik 32-bit atau 64-bit. 

Fitur unik Real-Time Installation Monitor di Revo Uninstaller Pro juga sangat berguna baik untuk proses installasi dan juga uninstallasi program. Sehingga proses penghapusan software di Windows lebih maksimal dan menyeluruh.

RELATED POSTS

6 comments:

  1. Revo Uninstaller Salah satu software terbaik yg sdh lama sy pakai,krn kerjanya cpt & membersihkan sampai keregestri. Dan sdh support jg Bhs Indonesia.Ada 2 software Uninstaller yg sy kagumi,Revo & Iobit Uninstaller.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar, mungkin nanti ane akan buat postingan list uninstaller terbaik

      Delete
  2. Mantaapp gang....!!!!! Sy salut ma Software182,tiap hari sy slalu mantau Blog ini.Banyak software yg sy unduh melalui Blog ini,terutama Os windows update terbaru. Buat koleksi & jaga2...!!!!

    ReplyDelete
  3. Ini web terbaik yang pernah saya kunjungi, tutorialnya sangat jelas dan link downlod juga jelas, ga diputer-puter kayak web laen. Thank's gan...1000 jempol buat web Agan!

    ReplyDelete

Saya menghargai setiap komentar yang masuk dan akan berusaha membalas setiap komentar yang ada selama kalian.

1. Membaca postingan sampai habis.
2. Membaca postingan yang ada di link download.
3. Biasakan mencari di google dahulu sebelum bertanya.
4. Tidak keluar dari topik.
5. Tidak menulis spesifikasi PC / Laptop.
6. Tidak promosi website ( akan dimasukkan ke Spam )

Berkomentar cukup sekali, semua komentar akan dimoderasi dulu oleh Admin.

 
Display Pagerank