Monday, November 23, 2015

Cara Update Driver Windows Dengan Aman & Benar



VGA Card

Cara Update Driver Windows Dengan Aman & Benar

Beberapa waktu yang lalu saya sempat membahas tentang driver, dimana Driver pada komputer merupakan salah satu elemen terpenting yang wajib terinstall di PC. Tanpa adanya driver, komponen hardware dengan Sistem Operasi tidak akan berjalan dengan maksimal.

Perlukah Update Driver Windows ?

Dipostingan sebelumnya juga sudah saya singgung tentang update driver di Windows. Kalian tidak perlu meng-update driver Windows secara terus-menerus kecuali jika memang driver tersebut tidak bekerja secara maksimal atau tidak mendukung dengan sistem operasi yang kalian gunakan.

Nvidia GeForce Experience

Well, memang tidak semua driver wajib di update, salah satu driver yang wajib di update adalah driver pada Kartu Grafis ( VGA Card ). Jika kalian seorang hardcore gamer, mengupdate driver untuk kartu grafis akan membuat perbedaan yang cukup signifikan guna memberikan pengalaman bermain game yang lebih maksimal.

Bagaimana Cara Update Driver Windows Dengan Benar dan Aman ?

Jika kalian benar-benar ingin mengupdate driver pada Windows, saya menyarankan untuk tidak menggunakan software driver updater, walaupun itu menggunakan DriverPack Solution atau Snappy Driver Installer. Kedua software tersebut hanya solusi final / solusi paling akhir apabila kalian memang tidak menemukan driver yang dicari.

Lantas, bagaimana sih cara update driver yang paling aman dan paling benar ? jawabannya ada beberapa cara yang bisa kalian lihat dibawah ini.

Menggunakan Windows Update

Di Windows 10, semua Windows Update ( termasuk update driver untuk hardware ) akan terinstall secara otomatis, kalian tidak perlu repot-repot mencari update driver di google, karena Windows 10 akan langsung mengupdate-nya dan mengganti driver lama kalian dengan versi yang terbaru.

Windows 10 Update

Sedangkan kalau kalian menggunakan Windows 7 / 8.1, kalian bisa melihat update driver di Windows melalui Control Panel.

Windows 8.1 Update

enaknya di Windows 7 / 8.1 kalian tidak perlu langsung menginstall driver tersebut karena bersifat optional jadi kalian bebas bisa menginstall atau tidak driver tersebut.

Update Melalui Situs Resmi Manufaktur Hardware

Jika kalian menggunakan kartu grafis baik Intel, Nvidia atau AMD, kalian bisa langsung mendownload driver terbaru melalui situs resmi mereka. Biasanya ketiga vendor tersebut menyediakan aplikasi tambahan seperti Nvidia dengan GeForce Experience, Intel dengan Intel HD Control Panel atau AMD dengan Catalyst Control Center, dimana kalian bisa langsung mendownload driver terbaru melalui software tambahan tersebut.

AMD Catalyst

Sedangkan untuk komponen lain seperti Chipset, USB, Network Card kalian bisa langsung mengunjungi situs resmi manufaktur hardware yang kalian gunakan. Misalkan saya menggunakan motherboard Gigabyte, maka saya akan langsung mengunjungi situs resmi Gigabyte untuk mendownload dan mengupdate driver terbaru untuk motherboard milik saya.

Gigabyte Website

Tentu saja kalian sudah tahu tipe dari motherboard yang kalian gunakan agar pencarian driver lebih mudah.

Nah itulah tips untuk mengupdate driver Windows dengan aman dan benar, lagipula selama situs resmi manufaktur hardware masih ada, kenapa harus repot mendownload lewat software driver updater tambahan ? yang ada malah menginstall driver yang tidak cocok dengan PC yang digunakan :)

Apa kalian ada tips lainnya ? silakan sharing dikomentar !

RELATED POSTS

0 comments:

Post a Comment

Saya menghargai setiap komentar yang masuk dan akan berusaha membalas setiap komentar yang ada selama kalian.

1. Membaca postingan sampai habis.
2. Membaca postingan yang ada di link download.
3. Biasakan mencari di google dahulu sebelum bertanya.
4. Tidak keluar dari topik.
5. Tidak menulis spesifikasi PC / Laptop.
6. Tidak promosi website ( akan dimasukkan ke Spam )

Berkomentar cukup sekali, semua komentar akan dimoderasi dulu oleh Admin.

 
Display Pagerank