Wednesday, November 4, 2015

Cara Memecah & Menggabungkan File Dengan HJSplit



Cara Memecah & Menggabungkan File Dengan HJSplit

Cara Memecah & Menggabungkan File Dengan HJSplit

HJSplit adalah sebuah program mini yang digunakan untuk menggabungkan ( join ) serta memecah ( split ) berbagai macam file. File yang didukung HJSplit biasanya berekstensi .001, .002, .003, dan sebagainya. Kalian psti pernah menemukan file .001, 002,  .003 saat mendownload file di Internet bukan ? file-file tersebut bisa digabungkan dengan HJSplit.

HJSplit ini bersifat open-source dan freeware, kalian bisa menggunakannnya tanpa perlu dipungut biaya sepeserpun !. HJSplit tersedia dalam berbagai macam platform sistem operasi, mulai dari Windows, OS X, Linux, OS/2 dan sebagainya.

Memang hingga saat ini pengembangan HJSplit terlihat mandek ditengah jalan. Karena update terakhir HJSplit terjadi pada bulan November 2010. Walaupun begitu, HJSplit mampu dijalankan di Sistem Operasi modern Windows seperti Windows 8/8.1 hingga Windows 10.

HJSPlit memiliki berbagai macam fitur, namun yang saya jelaskan kali ini hanya 2 fitur yang paling banyak digunakan yakni proses memecah file ( Splitting ) serta menggabungkan file ( Joining ).

HJSplit juga bersifat portable, kalian tidak perlu lagi menginstallnya, cukup download dan langsung jalankan ! ukurannya pun sangat kecil, hanya sekitar 190 KB

Cara Memecah ( Split ) File dengan HJSplit

1. Download file HJSplit disini.

2. Jalankan HJSplit, dan klik tombol Split.

 

3. Setelah itu, kalian masukkan file yang ingin dipecah, caranya klik Tombol "Input File" lalu cari file yang ingin dipecah, kemudian pada bagian "Split file Size" masukkan ukuran file yang nantinya akan dipecah. 

Misalkan pada contoh kali ini saya memiliki file WPS Office.zip berukuran 67 MB dan saya ingin memecahnya menjadi beberapa bagian ke ukuran yang lebih kecil, misalkan 35 MB untuk setiap part.

Jika sudah semuanya, kalian klik start untuk memulai proses pemecahan file. Proses pemecahan memakan waktu beberapa detik atau menit tergantung besarnya file yang dipecah. Semakin besar ukuran file, semakin lama pula proses pemecahannya.

Note :

- Mbytes : Megabytes
- Kbytes : Kilobytes

Cara Memecah File Dengan HJSplit

Cara Memecah File Dengan HJSplit

4. Setelah selesai maka biasanya akan muncul pesan seperti dibawah ini.

Cara Memecah File Dengan HJSplit

5. Inilah hasilnya dari proses pemecahan tadi. File WPS Office.zip dibagi menjadi 2 bagian dengan ekstensi .001, .002.

Cara Memecah File Dengan HJSplit

Cara Menggabungkan ( Join ) File dengan HJSplit

Kalian juga bisa menggabungkan file dengan HJSPlit, namun saat ini file yang didukung hanya .001, 002, .003 dan sebagainya, Untuk menggabungkan file .001, .002, .003, .004 dengan HJSplit juga sangat mudah yakni :

1. Download file HJSplit disini.

2. Penting ! Pastikan kalian meletakkan seluruh file .001, .002, .003, dst dalam satu folder yang sama. Sekarang buka HJSplit dan klik Join.

3. Pada bagian "Input File", kalian klik kotak "Input File", lalu cari file berekstensi .001. Untuk menggabungkan file .001, .002, .003, dst, yang dibutuhkan hanya file .001 saja, nantinya HJSPlit akan menggabungkan sisa file lainnya secara otomatis. Contohnya adalah dibawah ini ketika saya ingin menggabungkan kedua file WPS Office.zip.001 dan WPS Office.zip.002 dengan HJSplit, maka yang muncul hanya file .001 saja.

Cara Menggabungkan ( Join ) File dengan HJSplit

4. Jika file sudah dimasukkan, maka setelah itu klik "Start" untuk memulai proses penggabungan. Lama proses joining dengan HJSPlit tergantung dari besarnya ukuran file yang digabung. Semakin besar, semakin lama pula waktu selesainya.

Cara Menggabungkan ( Join ) File dengan HJSplit

5. Nah ! setelah proses selesai, maka akan muncul pesan dibawah ini. Mudah kan ?

Cara Menggabungkan ( Join ) File dengan HJSplit

HJSplit merupakan salah satu software yang berguna. Ringan, tidak ada adware, junkware, bersifat portable juga.

RELATED POSTS

2 comments:

Saya menghargai setiap komentar yang masuk dan akan berusaha membalas setiap komentar yang ada selama kalian.

1. Membaca postingan sampai habis.
2. Membaca postingan yang ada di link download.
3. Biasakan mencari di google dahulu sebelum bertanya.
4. Tidak keluar dari topik.
5. Tidak menulis spesifikasi PC / Laptop.
6. Tidak promosi website ( akan dimasukkan ke Spam )

Berkomentar cukup sekali, semua komentar akan dimoderasi dulu oleh Admin.

 
Display Pagerank