Thursday, October 22, 2015

6 Aplikasi AdBlocker Terbaik yang Patut Dicoba



6 Aplikasi AdBlocker Terbaik yang Patut Dicoba

6 Aplikasi AdBlocker Terbaik yang Patut Dicoba

Surfing di Internet adalah hal yang menyenangkan, namun hal tersebut bisa berubah menjadi mengesalkan manakala saat browsing tiba-tiba muncul berbagai macam jenis iklan seperti pop-up, banner yang terlalu besar, iklan teks dan sebagainya. Iklan memang sesuatu yang lumrah, sebagian website menggunakan iklan pada websitenya untuk mendapatkan pendapatan. Namun hal itu menjadi sangat mengganggu ketika iklan yang ditampilkan terlalu banyak sehingga pengguna harus mengklik berkali-kali. Bahkan terkadang iklan pada suatu web mengandung Malware yang sangat berbahaya untuk PC

Untuk itulah dibutuhkan aplikasi bernama Adblocker. Adblocker menangkal berbagai macam iklan, namun perlu kalian ketahui, walaupun fungsi utamanya menghilangkan iklan, fungsi Adblocker lainnya adalah mencegah masuknya malware melalui browser. 

Dibawah ini adalah berbagai macam aplikasi Adblocker terbaik yang bisa kalian gunakan di PC. 

1. AdGuard

AdGuard adalah sebuah aplikasi penangkal iklan asal Russia. Beberapa adblocker yang ada dipasaran sebagiannnya hanya berbentuk ekstensi pada browser. Adguard berbeda, Adguard hadir dalam bentuk aplikasi Standalone yang mempunyai fitur sangat lengkap. Mulai dari Adblocker, Parental Control, support berbagai macam skrip eksensi javascript, dan juga mampu memblok iklan dalam koneksi HTTPS.

Tampilan Adguard

Adguard juga mendukung berbagai macam browser seperti Internet Explorer, Microsoft Edge, Opera, Google Chrome, Mozilla FireFox, Safari dan sebagainya. Adguard juga hadir untuk sistem operasi Windows, OS X hingga Android. 

Adguard sendiri hadir dalam 2 versi yakni versi gratis dalam bentuk ekstensi browser dan versi standalone aplikasi. Khusus untuk versi Standalone App Adguard dibanderol sebesar $9,99 per tahun. 

Homepage : https://adguard.com

2. Adblock Plus

Salah satu ekstensi browser yang sudah mendunia, Ablock Plus dikenal sebagai penhilang iklan yang cukup ampuh. AdBlock Plus juga bersifat Open Source dan gratis untuk digunakan. ABP / AdBlock Plus sudah mendukung berbagai macam browser populer seperti Internet Explorer, Microsoft Edge, Opera, Google Chrome, Mozilla FireFox, Safari dan sebagainya. Tidak cuma itu, ABP juga hadir dalam sistem operasi Android !


Adblock Plus juga mampu memblok iklan yang mengganggu dari Facebook / YouTube sehingga pengalaman browsing kalian lebih menyenangkan.

3. uBlock & uBlock Origin

uBlock pada awalnya mempunyai satu naungan pengembang, namun karena ada beberapa hal, pendiri awal dari uBlock memutuskan keluar dari projek uBlock dan mengembangkan sebuah ekstensi baru bernama uBlock Origin.

uBlock & uBlock Origin

uBlock & uBlock Origin sama seperti AdBlocker lainnya yang mampu menghilangkan iklan dengan mudah, perbedaan yang mencolok adalah kedua ekstensi ini diakui mempunyai penggunaan RAM yang cukup minim sehingga tidak terlalu memberatkan kinerja RAM tidak seperti AdBlock.

uBlock & uBlock Origin juga mempunyai kelebihan diantaranya gratis, open-source serta tidak mempunyai program Acceptable Ads layaknya AdBlock dan AdBlock Plus.

Homepage uBlock : https://www.ublock.org/

Homepage uBlock Origin : https://github.com/gorhill/uBlock

4. Adblock

Adblock salah satu dedengkot adblocker yang sudah cukup lama muncul. Adblock juga sudah didownload lebih dari 200 juta orang diseluruh dunia. Adblock sudah mendukung berbagai macam browser populer seperti Internet Explorer, Microsoft Edge, Opera, Google Chrome, Mozilla FireFox, Safari dan tentu saja dalam sistem operasi Android. 

Pengaturan pada AdBlock

Perlu diperhatikan, Adblock dan Adblock Plus merupakan 2 hal yang berbeda dan mempunyai pengembang yang berbeda pula, walaupun memiliki nama yang hampir mirip.

Homepage : https://getadblock.com/

5. AdFender

AdFender juga salah satu aplikasi adblocker yang boleh kalian gunakan. Pada awalnya AdFender ini bersifat gratis dan hanya tersedia versi Free, namun sekarang AdFender berkembang menjadi versi Free dan Premium. Versi Premium tentu saja mempunyai keunggulan dimana mampu memblok iklan dalam koneksi HTTPS.

6. AdMuncher

Pada awalnya AdMuncher bisa dibilang salah satu AdBlocker terbaik, sangat ringan digunakan, ukurannnya yang mini serta pengaturan yang mudah AdMuncher yang memiliki logo sapi ini dibanderol dengan harga yang cukup mahal untuk versi Premium ( $29.95 untuk 1 tahun ). Sayangnya pengembangan yang terlalu lambat menyebabkan AdMuncher kalah dari para pesaingnya. Hal ini pula yang menyebabkan pendiri AdMuncher untuk "membanting stir" dari versi Shareware menjadi Freeware.

Logo Admuncher

Kekurangan AdMuncher ialah belum Support Internet Explorer 11 dan Microsoft Edge serta tidak bisa memblok iklan dari koneksi HTTPS.


Nah itulah beberapa AdBlocker pilihan saya yang bisa kalian coba dan gunakan. Sangat penting menggunakan Adblocker karena dapat mencegah masukknya malware ke PC, bukankah lebih baik mencegah daripada mengobati ? :)

Kalau kalian menggunakan AdBlocker yang mana ? tambahkan AdBlocker favorit kalian dikomentar !

RELATED POSTS

12 comments:

  1. Adblock Plus, Gan. Krn Dia yg pertama x, lgs terbukti. Klo yg lain, g menjamin krn ane prnh nge-rasain AdMuncher, spt g ada rasa.

    He...he...he... Swear, Gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. AdMuncher sebenaranya bagus, ane pernah pake sekitar tahun 2012, tp pengembangannya mandek jadi ane pindah kelain hati hehehe

      Delete
  2. min, boleh ane repost artikelnya...? tapi tetep ane sertain sumbernya,,,

    ReplyDelete
  3. sebenernya mo ane masukin ke tweet ane min gmn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tombol "Share this" ada pilihan buat twitter kok

      Delete
  4. Kalau StandsApp gimana, Min? https://www.standsapp.org/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ane cek di chrome store update terakhirnya bulan Februari 2014

      https://chrome.google.com/webstore/detail/standapp/hjnemafgpfcifgmphagceadpnpjongii

      lebih baik pake yang ada di list diatas saja yang udah terbukti

      Delete
  5. nice article. selama ini saya pakai adblock tapi bosan, skrg mau coba adguard dan ublock.

    ReplyDelete

Saya menghargai setiap komentar yang masuk dan akan berusaha membalas setiap komentar yang ada selama kalian.

1. Membaca postingan sampai habis.
2. Membaca postingan yang ada di link download.
3. Biasakan mencari di google dahulu sebelum bertanya.
4. Tidak keluar dari topik.
5. Tidak menulis spesifikasi PC / Laptop.
6. Tidak promosi website ( akan dimasukkan ke Spam )

Berkomentar cukup sekali, semua komentar akan dimoderasi dulu oleh Admin.

 
Display Pagerank