Sunday, August 16, 2015

Antivirus Terbaik Untuk Windows 10 Adalah...



Antivirus Terbaik Untuk Windows 10

Antivirus Terbaik Untuk Windows 10 Adalah...

Tidak seperti Windows 7 yang tidak memiliki antivirus bawaan, Windows 10 sudah memiliki antivirus didalamnya bernama "Windows Defender". Fitur ini bukanlah sesuatu yang baru karena antivirus bawaan pada Windows sudah diperkenalkan sejak Windwos 8.

Windows Defender bisa dibilang alter-ego dari Microsoft Security Essentials, sebuah antivirus gratisan dari Microsoft yang bisa digunakan untuk Windows XP hingga Windows 7. Perbedaan yang paling mencolok dari MSE dan Windows Defender adalah Windows Defender sudah tersedia secara Pre-Installed di sistem operasi Microsoft terbaru ( Windows 8 / Windows 10 ).

Apa Menggunakan Windows Defender Sudah Cukup ?

Seperti sifat antivirus pada umumnya, setiap software antivirus selalu berjalan secara background alias diam-diam. Antivirus akan melakukan proses scanning setiap kalian membuka program, mendownload program dari internet, dan sebagainya. Hal yang sama dengan yang dilakukan oleh Windows Defender dari Microsoft.

Well, kalau boleh jujur, proteksi yang ditawarkan oleh Windows Defender cukup tertinggal dibanding vendor antivirus lainnya. Walaupun begitu Windows Defender memiliki beberapa kelebihan diantaranya gratis, tidak terlalu banyak muncul pop-up yang mengganggu dan sangat ringan digunakan.

Penggunaan Windows Defender sebenarnya sudah cukup selama pengguna Windows juga memiliki common sense diantaranya tidak mendownload sembarang program di Internet, memasang Ad-blocker pada browser, tidak menggunakan plug-in java, update Windows dan mengupdate progam-progam yang biasanya rawan terinfeksi malware macam Office Suite.

Windows 10 juga sudah dilengkapi dengan smartscreen fitur yang sama dengan yang ada di Windows 8. SmartScreen berfungsi layaknya UAC pada Windows namun lebih advanced karena akan dengan cepat memblokir aplikasi-aplikasi yang dicurigai membahayakan PC.

Windows Defender akan menjadi tidak berguna apabila kalian sering mendownload program dari beberapa situs yang kurang terpercaya atau juga sering menggunakan crack / patch / keygen. Kalau sudah begitu, lebih baik menggunakan antivirus selain Windows Defender.

Lalu Antivirus Terbaik untuk Windows 10 Apa ?

Kalau kalian ingin proteksi lebih dan advanced kalian tentunya bisa mempertimbangkan beberapa antivirus yang berbayar atau tidak berbayar. Beberapa antivirus gratisan seperti Avast! Free, AVG Free, Avira Free memiliki proteksi yang cukup solid. Walaupun terkadang antivirus gratisan tersebut sering menginstall junkware.

Tapi kalau kalian memilih antivirus berbayar, Kaspersky Internet Security, Bitdefender Internet Security, ESET Smart Security atau Emsisoft Internet Security bisa kalian pertimbangkan untuk digunakan. Proteksi antivirus berbayar diatas juga sudah cukup solid.

Antivirus apapun yang kalian pilih tidak akan pernah menjamin benar-benar aman 100% apabila penggunanya sendiri tidak memiliki common sense. Pastikan kalian tetap waspada dan mencegah mendownload / menginstall software sembarangan dari Internet. 

RELATED POSTS

27 comments:

  1. Betul gan, semua kembali ke usernya masing2. Walaupun pake AV yg advanced seperti Kaspersky, avast, eset dll tapi kalo gak pernah di update, ya bakal percuma

    ReplyDelete
  2. Windows Defender menurut ane udah bagus. tapi scannya lama banget -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ente pilih full scan emang lama, coba quick scan mungkin lebih cepat hehe

      Delete
  3. Wah, antivirus favorit saya ESET Smart Security masuk rekomendasi.
    Tapi kalo boleh tau, sendirinya pakai antivirus apa bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayo tebak admin pake AV apa ? :v

      Delete
    2. Tebakan sih Kaspersky Internet Security. Bernarkah? :v

      Delete
    3. Yang benar Common Sense Total Security Ultimate :D

      Delete
    4. gan, bisa minta link downlod "Common Sense Anti Virus"
      ato bisa di bikin artikel tentang antivirus yg satu ini, tq :)

      Delete
  4. aku lebih senang kaspersky internet security 2016.
    di AV comperative slalu predikat 1 atau gak 2. saing-saingan sama bitdefender lah.

    ReplyDelete
  5. Ane di windows 10 menggunakan windef jga cukup :D dari pertama beli laptop alhamdulilah aman

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau penggunanya tetap waspada dan gak asal download aman kok.

      Delete
  6. Gue dah coba dari iobit (iobit malware fighter nama antivirusnya) dan gue dah buat ni antivirus jadi full version (kalo full version, maka ada pengaman tambahan yaitu ia menggunakan database dari iobit dan bitdefender) pas ia scan, banyak file exe dari windows 10 gue yg dikira virus dan ia langsung hapus (contoh yg gue paling rasa dampaknya adalah terhapusnya rundll32.exe) akhirnya gue harus re-instal (untungnya gue tau cara teraman untuk re-instal, smua pengaturan ama aplikasi aman pula)

    jadi saran gue pakailah antivirus bawaan windows agara kgk ada yg namanya file corrupt ataupun missing

    ReplyDelete
  7. Ane bingung mau aktifin windef di windows 10 kok gabisa bisa yaa ? Ane nyari local group policy nya kaga ada ada -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. windows defender udah otomatis aktif

      Delete
  8. hmmm untuk anti virus ane pake kaspersky total security,di jamin joss,hehe, di pengaturan nya ane pnya laptop,dan pake anti virus ini ,ada pengaturan internet aktip internet berapa jam,jika kita lupa matiin koneksi inet di laptop otomatis inet mati sendiri, ada juga fitur lainnya,memblok aplikasi untuk jalan semua,membloksitus yang gak jelas,dan mungkin sedikit gangguan anti virus ini,selaluminta update database hampir tiap hari,tapi menurut ane anti virus ini oke ,buat sobat yang suka gonta/ganti,instal aplikasi pc,hehe hanya saran sob

    ReplyDelete
  9. kaspersky gk support di win10 ! saya udh coba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kaspersky 2016 sudah mendukung Windows 10, kecuali ente pake Windows 10 versi Insider Preview !

      Delete
  10. ane pake antivirus 360 total security for windows gan, entah kenapa lebih suka itu dr pada eset

    ReplyDelete
    Replies
    1. beda orang beda rasa hehe, ada yang lebih suka pake BitDefender, kaspersky, dll. Kelebihan dari 360 TS, tentu saja gratis dan engine antivirus yang dipake lumayan komplit.

      Delete
  11. Kalo buat Windows 10 pake comodo antivirus gimana gan kira2 ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahu saya Comodo Antivirus fitur paling bagusnya ada di Firewall, untuk deteksinya masih dibawah kaspersky. Tp kalo ente merasa Comod AV bagus, ya pakai saja, yang penting selalu update dan jangan lupa lakukan backup data minimal 1 bulan sekali.

      Delete
  12. kaspersky internet security emang mantap, tapi di laptop saya berat banget. jadi lebih smooth pake eset smart security..

    ReplyDelete

Saya menghargai setiap komentar yang masuk dan akan berusaha membalas setiap komentar yang ada selama kalian.

1. Membaca postingan sampai habis.
2. Membaca postingan yang ada di link download.
3. Biasakan mencari di google dahulu sebelum bertanya.
4. Tidak keluar dari topik.
5. Tidak menulis spesifikasi PC / Laptop.
6. Tidak promosi website ( akan dimasukkan ke Spam )

Berkomentar cukup sekali, semua komentar akan dimoderasi dulu oleh Admin.

 
Display Pagerank