Friday, July 17, 2015

Hmmm Sudah Kuduga, Windows XP Semakin Tidak Aman !



Hmmm Sudah Kuduga, Windows XP Semakin Tidak Aman !

Windows XP, sistem operasi jadul dari Microsoft tampaknya semakin tidak aman untuk digunakan. Seperti yang kita tahu, dukungan terhadap Windows XP sudah berakhir pada 8 April 2014, hal ini semakin diperparah dengan tidak diperpanjangnya update Microsoft Security Essentials untuk Windows XP.

Pengguna MSE Windows XP Patut Waspada

Microsoft Security Essentials cukup banyak penggunanya dikalangan pengguna Windows XP. Walaupun proteksi Microsoft Security Essentials tidak terlalu bagus dibandingkan Antivirus pihak ketiga, namun Microsoft Security Essentials cukup banyak penggemarnya karena ringan digunakan dan tidak terlalu membebani sistem.

Tentu saja hal ini sangatlah berpengaruh terhadap pengguna MSE di Windows XP, dengan tidak adanya update database malware dari Microsoft, MSE tidak akan mampu melawan ribuan malware baru setiap harinya yang bisa menyerang Windows XP kapan saja.

Seperti yang sudah diutarakan diatas, pengguna XP bisa saja menginstall antivirus pihak ketiga seperti Avast!, ESET, BitDefender, Avira dan sebagainya. Namun tetap saja lambat laun vendor antivirus tersebut akan mengehentikan dukungannya terhadap Windows XP. Siapa pula yang akan terus mendukung sistem operasi berumur hampir 15 tahun.

Memang, pengguna Windows XP dapat melakukan sedikit trik untuk mendapatkan update Windows XP hingga 2019, namun beberapa pakar Microsoft menyatakan update tersebut bukanlah untuk Windows XP, melainkan untuk Windows POSready yang kurang lebih memiliki arsitektur yang sama dengan Windows XP

Saat ini Windows XP masih memiliki market share hampir 12% di tahun 2015 ( Juni 2015 ) diseluruh dunia yang bisa kalian lihat langsung disini. Dengan dirilisnya Windows 10 pada tahun ini diharapkan akan merubah pola pikir pengguna XP untuk move-on ke Sistem Operasi yang lebih aman seperti Windows 7, Windows 8.1 atau Windows 10.

Market Share Windows XP

Masih Banyak Yang Susah Move-On dari XP

Walaupun Microsoft sudah berupaya menawarkan upgrade gratis untuk Windows 10, namun tampaknya hal itu tidak terlalu berpengaruh pada pengguna XP karena pengguna Windows XP tidak memenuhi persyaratan untuk mendapatkan upgrade Windows 10 secara gratis.

Ada juga beberapa alasan pengguna XP yang susah move-on. Diantaranya tidak punya uang untuk beli PC baru, adanya aplikasi yang memang hanya bisa dijalankan di Windows XP dan lain sebagainya,

Semua kembali ke masing-masing apakah ingin tetap memakai XP namun tidak aman atau bersiap migrasi ke OS lainnya ?

RELATED POSTS

2 comments:

  1. Masih aman koq pe seumur hdp, Gan. Asal nie...dr awal g usah terkoneksi k jaringn/internet, g pake bluetooth, g pake USB/flashdisk, g pake dvd-rom/floppy-disk, d pake sndiri dr awal.

    Becanda, Gan. He...he...he... Minal Aidin Wal Faidzin, mohon maaf lahir dan batin.-

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha, ane sendiri udah lama ga pake XP dari akhir 2010, palingan cuma pake di VM doang, itu pun jarang2.

      Iya selamat lebaran jga

      Delete

Saya menghargai setiap komentar yang masuk dan akan berusaha membalas setiap komentar yang ada selama kalian.

1. Membaca postingan sampai habis.
2. Membaca postingan yang ada di link download.
3. Biasakan mencari di google dahulu sebelum bertanya.
4. Tidak keluar dari topik.
5. Tidak menulis spesifikasi PC / Laptop.
6. Tidak promosi website ( akan dimasukkan ke Spam )

Berkomentar cukup sekali, semua komentar akan dimoderasi dulu oleh Admin.

 
Display Pagerank