Tuesday, June 2, 2015

Kenapa Sesudah Uninstall Software Masih Ada Sampah di Windows ?



Uninstall Software

Kenapa Saat Uninstall Software Masih Meninggalkan Sampah di Windows ?

Saat kalian menghapus atau meng-uninstall software kalian pasti menyadari bahwa ada beberapa file serta folder yang masih tertinggal di Windows. Bukan cuma itu, malah ada beberapa registry yang tertinggal dan apabila registry sampah ini sudah menumpuk bisa menyebabkan komputer menjadi lambat.

Salah satu contoh software yang masih meninggalkan sampah walaupun sudah dihapus adalah BlueStacks. Aplikasi emulator Android paling populer ini tidak jarang meninggalkan sampah di Windows, hal ini menyebabkan saat akan menginstall kembali BlueStacks ke PC akan mengalami error.

Logikanya semua uninstaller bawaan dari sebuah software harusnya tidak meninggalkan sampah sekali bukan ? lantas kenapa hal ini bisa terjadi ?. Ada beberapa jawaban dari pertanyaan diatas yakni.

1. Pemrograman yang Buruk dari Software.

Developer ( pengembang / pembuat dari sebuah software ) tidak membuat dengan baik seluruh entri registry. Bisa juga uninstaller bawaaan dari software yang dibuat tidak memiliki izin untuk menghapus beberapa entri registry di Windows. Mungkin saja ada beberapa registry key yang dipakai untuk beberapa aplikasi. Maksudnya begini, seorang developer mengembangkan 2 buah software yakni software "A" dan software "B". Kedua software tersebut memiliki registry key yang sama, kemudian saat kalian akan menghapus Software "A" ternyata masih meninggalkan registry milik Software "A" di Windows. Hal ini bisa terjadi karena registry tersebut ternyata masih digunakan oleh Software "B" sehingga apabila dihapus akan menyebabkan software "B" tidak berjalan dengan baik.

2. Ya Memang Sengaja Ditinggalkan

Beberapa software ( terutama software yang berbasis Shareware / berbayar ) memang sengaja meninggalkan registry di Windows untuk tujuan tertentu. Aplikasi Shareware biasanya memiliki masa trial ( masa percobaan ) yang ditawarkan untuk beberapa hari, entah itu 7 hari, 15 hari atau 30 hari. Dan ketika masa trial software tersebut sudah habis maka software tersebut tidak bisa dipakai sepenuhnya walaupun sudah uninstall berkali-kali.

Ada juga yang sengaja meninggalkan registry / file atau folder di Windows untuk menyimpan pengaturan dari software yang sudah pernah diinstall. Misalnya begini, kalian punya software "A" dan saat kalian akan menghapus software "A" biasanya pada saat uninstall akan ditanya apakah ingin menyimpan settingan ( pengaturan ) dari software "A" sehingga saat kalian memutuskan untuk menginstall kembali software "A" kalian tidak perlu repot-repot mengatur pengaturan software "A" dari awal, karena semuanya sudah disimpan rapi di registry.

Haruskah Kita Menghapus Registry yang Tertinggal ?

Jawabannya tergantung. Buat kalian pengguna awam, menghapus registry bisa menyebabkan masalah. Entah itu BSOD, program akan error dan sebagainya.

Lantas Bagaimana Mengatasinya ?

Kalau kalian memang ingin menghapus sebagian besar sampah yang tertinggal dari suatu software, beberapa software uninstaller bisa melacak hampir seluruh sampah yang ditinggalkan. Ada beberapa software uninstaller yang saya rekomendasikan untuk digunakan seperti Total Uninstall ( Shareware ), Revo Uninstaller ( Shareware ), atau Geek Uninstaller ( Freeware ).

RELATED POSTS

12 comments:

  1. Pantesan...idm jg berbwt gtu, Gan. Tp knp g ter-ditek m Total Uninstall 6.13 Ultimate n Revo y..? Blm tahu dg TU 6.14 Tp hati2 aj dg Revo, aktivasi Windows 8.1 bs ilang (BSOD), klo g salah saat uninstall produk CyberLink.


    Thanks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dimonitor pake TU sepertinya kedetek kok

      Delete
  2. Oo...ane br tahu yg byk d ributkn soal Visual Protect 3.5 yg bkin masalah ketika saat meng-instal kmbli IDM. Pake RTKF d dpt d {1e00bce6-2700-f591-2d01-1b5933014120} alias HKCU\Software\Classes\CLSID\{1e00bce6-2700-f591-2d01-1b5933014120}. Tp value datanya d registry make kode.


    Ane mo cb instal IDM dg Toolbox py sledge101. Krm salam m Dia, y Gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. He's on vacation lol, lagi liburan orangnya haha.

      Delete
  3. Lha emang sledge101 org indonesia..? Khan hr raya Waisak.


    Oo...iya, apa c arti lol..? Kadag tehe d forumnya. Skali2 bahas donk arti2 d forumnya, Gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. laugh out loud ( lol ) = tertawa terbahak2.

      Bukan orang indo kok, gatau orang mana

      Delete
  4. Dari macam2 Tools Uninstaller (berbayar) yang ada,
    Menurut agan, tools mana yang paaaaalliiiiiiiiiiiiiiiing mantep n paling beeerrrrrrsiiiiiiiiiihh ngebersihin sampah yang ditinggalin program yang abis kita uninstal..

    Tq atas referensinya, gan
    :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. cuma 2, Total Uninstall & Revo Uninstaller Pro. Selain keduanya ga ada ( untuk saat ini ).

      Delete
  5. klw gw make IO bit uninstaller. lebih joss dan gak ribet....

    ReplyDelete

Saya menghargai setiap komentar yang masuk dan akan berusaha membalas setiap komentar yang ada selama kalian.

1. Membaca postingan sampai habis.
2. Membaca postingan yang ada di link download.
3. Biasakan mencari di google dahulu sebelum bertanya.
4. Tidak keluar dari topik.
5. Tidak menulis spesifikasi PC / Laptop.
6. Tidak promosi website ( akan dimasukkan ke Spam )

Berkomentar cukup sekali, semua komentar akan dimoderasi dulu oleh Admin.

 
Display Pagerank