Sunday, June 21, 2015

Kalau Install Windows 10, Apa Banyak Aplikasi yang Didukung ?



Windwos 10 Compatible

Kalau Install Windows 10, Apa Banyak Aplikasi yang Didukung ?

Microsoft memberi perubahan besar dalam Windows 10 baik dari segi tampilan, keamanan dan sebagainya. Windows 10 jelas memiliki perbedaan yang cukup mencolok dari versi Windows sebelumnya. Kalian yang sudah menggunakan Windows 10 pasti merasakan perbedaan yang cukup signifikan terutama dari segi tampilan. Windows 10 memiliki tampilan yang sangat berbeda dari Windows 7. Tidak seperti pendahulunya Windows 8/8.1 yang masih memiliki "citarasa" Windows 7.

Bagaimana Dukungan Aplikasi di Windows 10 ?

Sebagian orang masih khawatir apakah saat mereka akan upgrade atau install Windows 10 apakah aplikasi yang mereka punya akan bisa berjalan dengan lancar di Windows 10. Well, sebenarnya pertanyaan ini mengulang pertanyaan beberapa tahun lalu saat Windows 8 muncul ditahun 2012. 

Pada dasarnya, Windows 10 tidak jauh berbeda dengan Windows 8, Windows 8 juga tidak jauh berbeda dengan Windows 7. Jadi, jawaban diatas adalah Iya. Apabila bila aplikasi tersebut bisa dijalankan di Windows 7 atau Windows 8, pastinya aplikasi tersebut bisa pula dijalankan di Windows 10. Ya walaupun tidak semua aplikasi, tapi saya yakin sebagian besar aplikasi yang bisa dijalankan di Windows 7 / 8, bisa dijalankan dengan lancar di Windows 10.

Windows 10 Juga Ada Fitur Compability

Buat pengguna Windows 7 tentu sudah tidak asing dengan fitur Compability Mode. Fitur ini memungkinkan Windows 7 untuk menjalankan aplikasi tertentu dengan versi Windows terdahulu. Misalnya saja Windows Vista, Windows XP SP2 hingga Windows 95.

Windows 10 juga memiliki fitur tersebut. Fitur Compability Mode bisa kalian temukan saat mengklik kanan pada shortcut atau aplikasi yang ingin diinstall atau dijalankan, lalu pilih properties dan pilih tab Compability. Jadi kalian tidak perlu khawatir saat menjalankan program-program lawas di Windows 10. Tinggal kalian atur saja di Compability.

Yah, Engga Semuanya Bisa Dijalankan Sih

Yah, walaupun masih dilengkapi dengan fitur Compability, ada beberapa software yang memang tidak bisa dijalankan di Windows 10. Software yang tidak bisa dijalankan di Windows 10 biasanya hanya software-software lama yang membutuhkan driver khusus. Maksudnya begini, contohlah kalian memiliki software "A" yang biasa kalian install di Windows XP, nah Software "A" tersebut saat installasi memiliki driver khusus yang hanya support Windows XP. Namun saat kalian install software tersebut di OS terbaru seperti Windows 7 atau 10, driver dari Software "A" tersebut tidak cocok dengan Windows terbaru dan hanya cocok dengan Windows XP. Ya mau tidak mau kalian tidak bisa menjalankan Software tersebut.

Selain kasus diatas, ada lagi aplikasi yang memang tidak bisa dijalankan di Windows 10. Lebih tepatnya tidak bisa dijalankan di Windows 10 64-bit. Aplikasi tersebut adalah aplikasi 16-bit. Aplikasi 16-bit termasuk aplikasi "zaman batu" karena sudah sangat lama sekali sejak era Windows 3.1. Aplikasi 16-bit memang masih bisa dijalankan di Windows 10 32-bit, tapi kalau diinstall di Widnows 10 64-bit, jangan harap deh.

Tidak Usah Khawatir

Saya sarankan tidak usah terlalu khawatir soal kompabilitas / kecocokan aplikasi di Windows 10. Semua aplikasi pasti akan menyesuaikan ke versi Windows yang terbaru. Bahkan sejak di rilisnya Windows 10 Preview ke publik, banyak aplikasi yang berlomba-lomba merilis update agar bisa berjalan di Windows 10. 

Jadi, apakah kalian sudah memutuskan install Windows 10 atau masih ragu-ragu ?

RELATED POSTS

0 komentar:

Post a Comment

Saya menghargai setiap komentar yang masuk dan akan berusaha membalas setiap komentar yang ada selama kalian.

1. Membaca postingan sampai habis.
2. Membaca postingan yang ada di link download.
3. Biasakan mencari di google dahulu sebelum bertanya.
4. Tidak keluar dari topik.
5. Tidak menulis spesifikasi PC / Laptop.
6. Tidak promosi website ( akan dimasukkan ke Spam )

Berkomentar cukup sekali, semua komentar akan dimoderasi dulu oleh Admin.

 
Display Pagerank