Sunday, June 21, 2015

Kalau Install Windows 10, Apa Banyak Aplikasi yang Didukung ?



Windwos 10 Compatible

Kalau Install Windows 10, Apa Banyak Aplikasi yang Didukung ?

Microsoft memberi perubahan besar dalam Windows 10 baik dari segi tampilan, keamanan dan sebagainya. Windows 10 jelas memiliki perbedaan yang cukup mencolok dari versi Windows sebelumnya. Kalian yang sudah menggunakan Windows 10 pasti merasakan perbedaan yang cukup signifikan terutama dari segi tampilan. Windows 10 memiliki tampilan yang sangat berbeda dari Windows 7. Tidak seperti pendahulunya Windows 8/8.1 yang masih memiliki "citarasa" Windows 7.

Bagaimana Dukungan Aplikasi di Windows 10 ?

Sebagian orang masih khawatir apakah saat mereka akan upgrade atau install Windows 10 apakah aplikasi yang mereka punya akan bisa berjalan dengan lancar di Windows 10. Well, sebenarnya pertanyaan ini mengulang pertanyaan beberapa tahun lalu saat Windows 8 muncul ditahun 2012. 

Pada dasarnya, Windows 10 tidak jauh berbeda dengan Windows 8, Windows 8 juga tidak jauh berbeda dengan Windows 7. Jadi, jawaban diatas adalah Iya. Apabila bila aplikasi tersebut bisa dijalankan di Windows 7 atau Windows 8, pastinya aplikasi tersebut bisa pula dijalankan di Windows 10. Ya walaupun tidak semua aplikasi, tapi saya yakin sebagian besar aplikasi yang bisa dijalankan di Windows 7 / 8, bisa dijalankan dengan lancar di Windows 10.

Windows 10 Juga Ada Fitur Compability

Buat pengguna Windows 7 tentu sudah tidak asing dengan fitur Compability Mode. Fitur ini memungkinkan Windows 7 untuk menjalankan aplikasi tertentu dengan versi Windows terdahulu. Misalnya saja Windows Vista, Windows XP SP2 hingga Windows 95.

Windows 10 juga memiliki fitur tersebut. Fitur Compability Mode bisa kalian temukan saat mengklik kanan pada shortcut atau aplikasi yang ingin diinstall atau dijalankan, lalu pilih properties dan pilih tab Compability. Jadi kalian tidak perlu khawatir saat menjalankan program-program lawas di Windows 10. Tinggal kalian atur saja di Compability.

Yah, Engga Semuanya Bisa Dijalankan Sih

Yah, walaupun masih dilengkapi dengan fitur Compability, ada beberapa software yang memang tidak bisa dijalankan di Windows 10. Software yang tidak bisa dijalankan di Windows 10 biasanya hanya software-software lama yang membutuhkan driver khusus. Maksudnya begini, contohlah kalian memiliki software "A" yang biasa kalian install di Windows XP, nah Software "A" tersebut saat installasi memiliki driver khusus yang hanya support Windows XP. Namun saat kalian install software tersebut di OS terbaru seperti Windows 7 atau 10, driver dari Software "A" tersebut tidak cocok dengan Windows terbaru dan hanya cocok dengan Windows XP. Ya mau tidak mau kalian tidak bisa menjalankan Software tersebut.

Selain kasus diatas, ada lagi aplikasi yang memang tidak bisa dijalankan di Windows 10. Lebih tepatnya tidak bisa dijalankan di Windows 10 64-bit. Aplikasi tersebut adalah aplikasi 16-bit. Aplikasi 16-bit termasuk aplikasi "zaman batu" karena sudah sangat lama sekali sejak era Windows 3.1. Aplikasi 16-bit memang masih bisa dijalankan di Windows 10 32-bit, tapi kalau diinstall di Widnows 10 64-bit, jangan harap deh.

Tidak Usah Khawatir

Saya sarankan tidak usah terlalu khawatir soal kompabilitas / kecocokan aplikasi di Windows 10. Semua aplikasi pasti akan menyesuaikan ke versi Windows yang terbaru. Bahkan sejak di rilisnya Windows 10 Preview ke publik, banyak aplikasi yang berlomba-lomba merilis update agar bisa berjalan di Windows 10. 

Jadi, apakah kalian sudah memutuskan install Windows 10 atau masih ragu-ragu ?

RELATED POSTS

39 comments:

  1. aq udah instal windows 10. yang ga compatible cuma driver printer rumah. sebelumnya laptop windows 7/8.2 fine2 aja instal driver printer. kenapa windows 10 ga bisa ya. btw, printer gw merk brother!
    langsung ane pergi ke situs help brother. rupanya bukan salah windowsnya. hanya saja driver utk cd/download online belum tersedia utk windows 10. mungkin karena windows 10 baru rilis. utk sementara ga bisa ngeprint tugas kuliah deh :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe memang, karena baru rilis beberapa hari lalu. Saran saya ya lebih baik balik ke Windows 7 / 8.1 yang memang sudah disupport. Biasanya sih kalau update driver printer agak lama, harus nunggu beberapa minggu sih. daripada ga dipake kan sayang juga hehe

      Delete
  2. ane udah upgrade wind 8,1 semua aplikasi lancar, masalahnya pas lagi mau main game patah patah gaN(jadi pas awal buka PES itu lancar aja gan ngga ada nge-leg sama sekali, pas masuk menu buat main gamenya mulai nge-leg ampe ga bisa di gerakin sama sekali) itu kenapa ya gan ? mohon bantuannya :)

    ReplyDelete
  3. sy masih pakai windows7 tp sdh ada icon get windows10 di taskbar sy. yang sy mau tanyakan kalo langsung update ke windows10 pake Official ISO Windows 10 bisa gak?
    trus program2 sy yg sdh terinstal di windows sebelumnya tetap ada atau terhapus?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Bisa

      2. Enggga juga, karena program akan disimpan di folder Windows.old.

      Delete
  4. Bajak bajak gan bajak... gg usah report update.. hahaha kidin...

    ReplyDelete
  5. Bang adobe photoshop cs brpa yang compatible di windows 10?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo ente gak males nyari di google udah langsung nemu jawabannya disini :

      https://helpx.adobe.com/photoshop/system-requirements.html

      Delete
  6. gan.. windows 10 gak bisa install PES 2013 ya????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, tinggal diubah compabilitnya ke Windows 7

      Delete
  7. bang kok windows 10 ga bisa instal Corel X6 ya bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Corel X6 apa dulu ? CorelDraw, Corel VideoStudio atau Corel PaintShop ?

      Lagian, pertanyaan ente juga terbalik, bukan Windows 10 yang gak bisa diinstall, Corel yang ente sebutin support Windows 10 kagak ? udah cari persyaratan sistemnya di google belom ?

      Delete
  8. saya sudah upgrade windows 7 Ultimate ke windows 10. cuma 1 saja yang tidak terdetect. printer epson LX 800 saya jadi tidak bisa di gunakan. apa ada solusinya ya rekan rekan semuanya? mohon pencerahanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. install driver epson yang sudah support Windows 10, cek di website resmi epsonnya

      Delete
  9. klo main game di windows 10 .lemot gak...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. lemot atau engganya tergantung spek hardware ente

      Delete
  10. coreldraw x4 gak support ya di windows 10 ?
    yang support coreldraw brpa sih ?

    ReplyDelete
  11. Windows 10 apa bisa jalanin Microsoft PowerPoint tanpa harus membeli Microsoft office dulu ?

    ReplyDelete
  12. windows 10 kren banget , yang bilang gak bisa install apikasi di win 10 ,pada males'nyari :D

    ReplyDelete
  13. Malam Mas.. Maaf Dulunya Saya Mau Nanya....Kenapa Window 10 Ngga Bisa Install Game Age of Empires....Red Alert ..Binggung Saya Mas.. Ajarin Dong....

    ReplyDelete
  14. Mas, kl printer sy kan ditulisannya support windowsnya dr windows 8 kebawah. Nah kl aku beli laptop baru kan kebanyakan windows 10. Itu nanti bisa instal printer di laptop br sy ndk mas? Mereknya epson mas. Mhn bantuannya hehe makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Disarankan sih yang bener2 cocok dengan sistem operasinya, kadang kalau versi drivernya belum support suka muncul masalah macem gak kedetek di Windows, tapi ya ente coba saja, mudah2n bisa.

      Delete
  15. mas aku punya laptop win 10, bisa gak masukin pes 2015?

    ReplyDelete
  16. mas mau tanya sya pke windows 10 lagi baru-baru ini, nah saya coba buat instal photosop cs 6 dan bbrp aplikasi adobe lainnya, tapi knp ketika sudah selesai di instal tiba2 keluar blue screen, itu penyebabnya apakah adobe yg tidak cocok dgn windows 10, ato gmn ya? saya kurang paham kluar nya blue screen it :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penyebab BlueScreen itu ada banyak, bisa jadi drivernya, hardwarenya atau juga ada aplikasi yang crash, jadi ane gak bisa mastiin juga.

      Biasanya pas di BlueScreen ada semacam error code, coba ente cari error code tersebut di google

      Delete
  17. Gan mau tanya, ini ane udh intal w10, terus instal pes2013, game nya sih bisa dan lncar tpi waktu ane upgrd pemain+ patch, kok yg berubah patch nya saja ya gan, pemain + logo club sama sprti pes2013 dulu. itu apa emng game nya, patch nya atau gmna ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pastiin lokasi installasi patch di lokasi game pes 2013 ente.

      Delete
  18. gan saya mau tanya pas saya instal corel x4 di windows 10 ,ko gk bisa karena windowsnya gk suport , solusinya gimna ya gann??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan Windowsnya gak support, tapi corel x4nya yang gak support Windows 10. Solusi paling gampang ya install corel versi terbaru / yng support windows 10 lah

      Delete
  19. Mau nanya. klo Windows 10 tuh denger" bisa non-aktifin aplikasi bajakan yang kita install di dalemnya ya? Kyk mau instal Photoshop bajakan, langsung terdeteksi gt? Apa cuma rumor?

    ReplyDelete
  20. gan kno sih pes 2013 gw gk jalan2 instalannya,padahal compability nya uda gw ubah ke windowss 7

    ReplyDelete
    Replies
    1. pes 2013 bisa di windows 10 kok, kalo ente cuma kasih permasalahannya kayak gt, ya mana ane bisa tau. Harusnya lebih lengkap dikit, apa ada pesan error atau gimana gt biar lebih jelas

      Delete

Saya menghargai setiap komentar yang masuk dan akan berusaha membalas setiap komentar yang ada selama kalian.

1. Membaca postingan sampai habis.
2. Membaca postingan yang ada di link download.
3. Biasakan mencari di google dahulu sebelum bertanya.
4. Tidak keluar dari topik.
5. Tidak menulis spesifikasi PC / Laptop.
6. Tidak promosi website ( akan dimasukkan ke Spam )

Berkomentar cukup sekali, semua komentar akan dimoderasi dulu oleh Admin.

 
Display Pagerank