Friday, July 31, 2015

Mengenal Seluruh Versi Windows 10 yang Perlu Kalian Tahu



Windows 10

Inilah Seluruh Versi Dari Windows 10 !

Windows 10 merupakan sistem operasi yang sudah dirilis versi finalnya oleh Microsoft pada tahun 2015. Kalian yang memiliki Windows 7 dan Windows 8.1 juga jangan khawatir, karena Microsoft sudah merilis pernyataan resmi bahwa akan menggratiskan seluruh upgrade Windows 7 / 8.1 ke Windows 10 ditahun pertama sejak perilisan Windows 10. 

Nah, diantara kalian pasti ada yang penasaran versi apa saja yang terdapat pada Windows 10 ? apakah versinya sama seperti Windows 7 yang memiliki banyak sekali versi atau versi yang sangat sedikit seperti Windows 8 ?

Baca Juga :


Tidak semua versi bisa digunakan kepada para pengguna rumahan ( PC Rumah, laptop pribadi, dll ) karena sebagian versi Windows 10 dikhususkan untuk kalangan perusahaan pula ( Enterprise ). Tanpa basa-basi lagi, berikut adalah list versi dari Windows 10.

Versi Windows 10

  1. Windows 10 Home
  2. Windows 10 Pro
  3. Windows 10 Mobile
  4. Windows 10 Enterprise
  5. Windows 10 Enterprise 2015 LTSB
  6. Windows 10 Mobile Enterprise
  7. Windows 10 Education
  8. Windows 10 IoT Core
Dari list diatas bisa kita lihat ada 8 buah versi yang akan dirilis untuk Windows 10, untuk keterangan detailnya bisa kalian lihat dibawah ini.

Windows 10 Home

Windows 10 Home adalah versi paling dasar dari Windows 10. Versi ini memiliki seluruh fitur dasar dari Windows 10 dan sangat cocok untuk kalangan pengguna rumahan. Jika kalian membeli laptop yang sudah terinstall Windows 10, biasanya akan langsung mendapatkan Windows 10 Home. Ya kurang lebih sama dengan kalian membeli laptop yang berisi Windows 8.1 Single Language / Core Edition. 

Windows 10 Pro

Windows 10 Pro adalah versi tertinggi kedua setelah Windows 10 Home. Windows 10 Pro memiliki seluruh fitur yang terdapat di Windows 10 Home namun juga memiliki fitur tambahan seperti a remote desktop connection, devices dan apps management serta Windows Update for Business service dan juga Hyper-V.

Windows 10 Pro bisa langsung didapatkan secara gratis sebagai upgrade. Kalian bisa langsung upgrade ke Windows 10 Pro apabila memiliki PC / Laptop yang terinstall Windows 7 Professional/Ultimate atau Windows 8/8.1 Pro. 

Windows 10 Mobile

Windows 10 Mobile adalah OS untuk perangkat smartphone milik Microsoft. Windows 10 Mobile bisa langsung didapatkan secara gratis sebagai upgrade. Kalian bisa langsung upgrade ke Windows 10 Mobile apabila memiliki Smartphone yang terinstall Windows 8.1.

Windows 10 Enterprise

Windows 10 Enterprise adalah versi paling tinggi dari Windows 10. Windows 10 Enterprise memiliki seluruh fitur yang ada di Windows 10 Pro dan juga beberapa fitur tambahan lainnya seperti operating system deployment and comprehensive device and app management. Windows 10 Enterprise sangat cocok untuk kalangan perusahaan menengah atau besar. Biasanya Windows 10 Enterprise memiliki perjanjian lisensi Volume License.

Windows 10 Enterprise 2015 LTSB  (Long Term Servicing Branch)

Windows 10 Enterprise 2015 LTSB merupakan salah satu seri dari Windows 10 Enterprise. Secara fitur, Windows 10 Enterprise 2015 LTSB memiliki fitur yang sama dengan Windows 10 Enterprise biasa, perbedaanya adalah pengguna Windows 10 Enterprise 2015 LTSB memiliki kontrol penuh terhadap Windows Update, termasuk bisa untuk menolak fitur-fitur baru yang ditawarkan dari Microsoft. Salah satu fitur yang tidak ada di Windows 10 Enterprise 2015 LTSB adalah tidak terdapatnya Microsoft Edge, sangat cocok untuk para developer.

Windows 10 Mobile Enterprise

Windows 10 Mobile Enterprise memiliki pengertian yang sama dengan Windows 10 Enterprise diatas, hanya saja versi Windows 10 Mobile Enterprise dikhususkan untuk tablet serta smartphone. 

Windows 10 Education

Windows 10 Education dikhusukan untuk kalangan sekolah atau universitas. Windows 10 Education memiliki fitur yang hampir sama dengan Widnows 10 Enterprise.

Windows 10 IoT Core

Yang paling akhir adalah Windows 10 IoT Core ditujukan untuk para pengembang robotik. Windows 10 IoT Core memang khusus untuk PC dengan budget rendah seperti Raspberry Pi, MinnowBoard Max dan Galileo. Jangan harap kalian bisa menggunakan Windows 10 IoT Core di PC / Laptop biasa :)

Nah itulah dia versi-versi Windows 10 yang perlu kalian tahu. Jika kalian bertanya yang mana yang paling bagus, saya rasa semuanya bagus namun hal itu kembali kepada kebutuhan masing-masing pengguna. Kalian juga bisa mendownload seluruh versi Windows 10 diatas melalui link ini.

RELATED POSTS

15 comments:

  1. permisi mau nanya min, kalau yang 8.1 pro WMC bisa diupgrade ke 10 pro juga kah?
    makasih...

    ReplyDelete
  2. gan mau nanya, kalo windows 10 multiple editions tuh maksudnya apa ya?
    sama mending mana edu atau multiple editions?
    thanks a lot gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Multiple Edition = nama installer Windows 10 yang berisi Windows 10 Home & Windows 10 Pro dalam 1 file ISO.

      Bukan masalah yang lebih baik yang mana, semuanya soal kebutuhan. Kalau cuma digunain di PC / Laptop biasa, pake Windows 10 Pro yang ada di Windows 10 Multiple Edition.

      Delete
  3. kalau window 10 N dan window 10 KN sih gimana penjelasannya gan, oh iya kalo yang versi home apa aja fitur nya apa aja (kelemahannya) keliatannya aku cocok yang home aja ....
    oh iya kalau yang versi home bisa aktivasi pake kms auto net ngga

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Baca disini -->

      http://www.software182.com/2015/01/cara-download-windows-10-dari-microsoft.html

      2. Fitur home edition bisa ente cari di google.

      3. Bisa

      Delete
  4. malam gan, mau tanya apakah merepotkan untuk memakai windows 10 enterprise LTSB?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau menurut ane sih engga, gak tau menurut ente, lebih baik ente coba sendiri

      Delete
  5. Yang paling ringan yang mana gan??

    ReplyDelete
  6. Gan yang lebih cocok untuk game versi yang mana gan windows 10nya?

    ReplyDelete
  7. bagusan windows 10 pro atau windows 10 edu gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung kebutuhan, kalo mau bandingin lebih baik ente coba sendiri

      Delete

Saya menghargai setiap komentar yang masuk dan akan berusaha membalas setiap komentar yang ada selama kalian.

1. Membaca postingan sampai habis.
2. Membaca postingan yang ada di link download.
3. Biasakan mencari di google dahulu sebelum bertanya.
4. Tidak keluar dari topik.
5. Tidak menulis spesifikasi PC / Laptop.
6. Tidak promosi website ( akan dimasukkan ke Spam )

Berkomentar cukup sekali, semua komentar akan dimoderasi dulu oleh Admin.

 
Display Pagerank