Thursday, April 2, 2015

6 Software Gratis Pengganti Microsoft Office Terbaik 2015



Software Gratis Pengganti Microsoft Office

Software Gratis Pengganti Microsoft Office Terbaik 2015

Microsoft Office adalah sebuah software office suite yang digunakan untuk melakukan berbagai macam pekerjaan kantor seperti membuat dokumen, membuat tabel, presentasi, mengelola database, dan lain sebagainya.

Microsoft Office sudah terkenal sejak lama akan kecanggihannya dalam mengolah dokumen dan merupakan salah satu office suite yang paling powerful. Namun sayangnya Microsoft terlalu mahal membanderol harga dari Microsoft Office. Bayangkan saja, harga untuk versi Microsoft Home & Student dihargai sebesar Rp 1.299.000 ( lihat disini ) dan dengan harga yang cukup mahal kita "hanya" mendapatkan Microsoft Word, Excel, PowerPoint dan OneNote. Sedangkan untuk versi Professional Plus lebih gila lagi, yakni hampir 6 juta rupiah, wow, sungguh harga ayang tidak terlalu ramah bagi sebagian kantong warga Indonesia.

Namun sekarang kalian tidak usah khawatir, karena beberapa software saat ini sudah mempunyai fitur yang kurang lebih sama dengan Microsoft Office dan mungkin bisa kalian jadikan pengganti Microsoft Office.

Disini saya akan membagikan 2 buah versi dari aplikasi Office Suite pengganti Microsoft Office, yang pertama berbasis Desktop dan yang kedua berbasis web.

Aplikasi Office Suite Berbasis Desktop

1. WPS Office ( Dahulu bernama Kingsoft Office )

WPS Office ( dahulu memiliki nama Kingsoft Office ) adalah salah satu aplikasi pengganti Microsoft Office terbaik. WPS Office didalam office Suite-nya sudah termasuk Writer ( pengganti Word ), Presentation ( pengganti powerpoint ) dan Spreadsheet ( pengganti Excel ) hampir sama dengan versi Microsoft Office Home & Student Edition. WPS Office juga memiliki kelebihan dibandingkan software alternatif office lainnya yakni :

- Terdapat versi Free yang mampu mengolah dokumen seperti Microsoft Office.
- Ukurannya lebih kecil berkisar 60 MB.
- Memiliki tab layaknya browser. Tab ini tidak dimiliki oleh Microsoft Office.
- Support format file Microsoft Office, jadi tidak perlu khawatir lagi apabila kalian ingin mengerjakan file dari Microsoft Office ke WPS Office.

Tampilan WPS Office


Selain itu WPS Office juga tidak terlalu berat untuk digunakan, sangat cocok digunakan untuk keperluan basic seperti mengedit dokumen, mengolah data tabel dan membuat presentasi. Tampilan WPS Office juga cukup cantik dan ramah untuk pengguna.

2. LibreOffice

LibreOffice adalah aplikasi Office Suite berbasis freeware dan open-source. LibreOffice juga memiliki 6 buah fitur yang dibawa dalam paket softwarenya yakni, Writer, Calc, Impress, Draw, Math dan Base.

Kalian juga tidak harus membayar hingga berjuta-juta rupiah untuk menggunakan LibreOffice, karena LibreOffice diberikan secara gratis dan dapat digunakan seumur hidup ! Tampilannya juga cukup bagus dan tidak terlalu sulit.

Tampilan LibreOffice

Jangan khawatir soal ukuran file LibreOffice, yang jelas aplikasi selengkap LibreOffice hanya memiliki ukuran 200 MB saja, kalian pun dapat menggunakannya selamanya. Oh iya, hal terbaik dari LibreOffice adalah LibreOffice sudah support Bahasa Indonesia !

3. Apache OpenOffic

Apache OpenOffice dan LibreOffice dahulu merupakan satu induk sebelum mereka berpisah. Apache OpenOffice memiliki fitur yang kurang lebih sama dengan LibreOffice. Tentunya didalam Apache OpenOffice kalian tetap dapat mengerjakan menulis dokumen, mengerjakan database, membuat presentasi, mengedit tabel dan sebagainya.

Tampilan OpenOffice

Apache OpenOffice juga berbasi OpenSource dan Free digunakan selamanya tanpa ada biaya tambahan apapun ! Selain itu Apache OpenOffice juga sudah support file untuk Microsoft Office.

4. SoftMaker FreeOffice

Nah, salah satu alternatif Microsoft Office lainnya yakni SoftMaker FreeOffice. SoftMaker FreeOffice memiliki fitur yang hampir sama dengan WPS Office. SoftMaker FreeOffice sudah termasuk TextMaker, PlainMaker dan Presentations.

Kelebihan dari SoftMaker adalah sudah support format file terbaru Microsoft Office 2007, 2010 dan 2013 yakni *Docx. Kalian juga bisa membuat file PDF langsung dari SoftMaker FreeOffice.

Aplikasi Office Berbasis Web-Based

Selain 4 software office suite diatas, ada juga beberapa alternatif Microsoft Office berbasis Web, tentunya untuk menggunakan aplikasi ini kalian membutuhkan koneksi internet.

5. Google Docs

Google Docs adalah aplikasi office berbasis web-based buatan Google. Enaknya dari Aplikasi berbasis Web-Based, kalian tidak perlu menghabiskan ruang harddisk PC kalian dengan banyak. Cukup menggunakan Google Chrome dan koneksi internet, kalian bisa menggunakan Google Docs.

Tampilan Google Docs

File yang kalian simpan pun akan secara otomatis tersimpan di Google Drive. Sangat cocok buat kalian yang tidak mau ribet dan membutuhkan mengedit dokumen dengan cepat dan mudah.

6. Zoho Docs

Sama seperti Google Docs yang, Zoho Docs juga berbasis web-based. Zoho Docs membagi beberapa versi dan salah satu versi gratisnya menawarkan ruang penyimpanan gratis sebesar 5 GB ! ukuran yang cukup besar untuk menyimpan dokumen saja. Zoho Docs sudah termasuk Word Processor, Spreadsheet Tool, Presentation Tool untuk membantu pekerjaan dokumen kalian.

Nah, jadi kalian pilih yang mana untuk pengganti Microsoft Office kalian ? :)

RELATED POSTS

9 comments:

  1. WPS kok jadi trial ya? Saya pakek WPS dan sekarang sudah lewat 30 hari, stelah lewat ,30 hari maka ada bbrapa fungsi yg jd limited, seperti klo mau ngprint maka hasil print nya jd ada watermark nya. Itu kira kira ada WPS yg bener bener versi free nya atau emng skrng jd di trial kan? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar, entah kenapa WPS meniadakan versi free-nya ane lupa sejak versi berapa, yang jelas sekarang WPS udah berubah total jadi shareware

      Delete
  2. ibarat makan sibuah malakama. software gratis tanpa iklan. menyulitkan developer untuk berkembang, akhirnya berhenti ditengah jalan. namun di sisi lain, iklan sangat mengganggu pengguna. akan tetapi dari situ lah pengembang dapat masukan. membuat versi berbayar? mungkin jalan satu2nya yang terbaik menurut saya. asalkan dengan harga wajar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga setuju, asalkan pengembangannya jelas, supportnya OKE dan harganya gak overpriced serta masuk diakal.

      Delete
  3. Ane lebih setuju make libre office aja meskipun pemakaian ram nya cukup besar tapi itu merupakan office suite lengkap gratis lagi menurut saya

    ReplyDelete
  4. Kita semua tidak perlu mengeluh seperti itu, kalau ada open source yang kurang lengkap fiturnya ya wajar saja. Semua itu membutuhkan biaya, tenaga dan pikiran. Kalau mau, ya bantu mereka mengembangkan atau memberikan donasi pada mereka agar semua orang tidak menggunakan aplikasi bajakan.

    ReplyDelete
  5. Ane numpang sedot gan,lagi butuh...semoga sesuai hehehe....

    ReplyDelete

Saya menghargai setiap komentar yang masuk dan akan berusaha membalas setiap komentar yang ada selama kalian.

1. Membaca postingan sampai habis.
2. Membaca postingan yang ada di link download.
3. Biasakan mencari di google dahulu sebelum bertanya.
4. Tidak keluar dari topik.
5. Tidak menulis spesifikasi PC / Laptop.
6. Tidak promosi website ( akan dimasukkan ke Spam )

Berkomentar cukup sekali, semua komentar akan dimoderasi dulu oleh Admin.

 
Display Pagerank