Sunday, April 5, 2015

7 Sistem Operasi Alternatif Selain Windows



Sistem Operasi Alternatif Selain Windows

Sistem Operasi Alternatif Selain Windows

Seperti yang kita tahu, Windows adalah sistem operasi untuk komputer yang paling banyak digunakan saat ini. Widnows menjadi favorit para pengguna komputer karena cara penggunaanya yang mudah, tampilannya yang user friendly serta saat dukungan aplikasi dan game yang berlimpah. Tetapi tahukan kalian bahwa ada beberapa sistem operasi alternatif selain Windows yang bisa kalian coba ? Namun tidak semua OS dibawah ini kalian bisa coba langsung kedalam PC kalian. Sebagiannya saya sarankan untuk kalian install di dalam Virtual Machine ( VMware atau VirtualBox ).

Berikut adalah sistem operasi untuk PC selain Windows :

1. GNU / Linux

GNU / Linux merupakan turunan dari Unix. Linux sendiri punya banyak sekali distro yang bermunculan di internet seperti Ubuntu, Linux Mint, BackTrack, Mandriva, BlankOn dan sebagainya.

Kepopuleran OS Linux terletak pada keampuhannya menangkal virus, mudah digunakan dan tentu saja GRATIS. Beberapa distro linux bersifat Open Source, artinya kita bisa mengembangkan OS Linux kita sendiri tanpa membayar biaya sepeser pun !

Tampilan Ubuntu Linux

Sistem Operasi berbasis Linux saat ini sudah cukup pesat perkembangannya, banyak sekolah di Indonesia sudah menggunakan distro Linux seperti Ubuntu didalam PC-PC Sekolah.

2. Mac OS X

OS X atau Mac OS X adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh Apple Inc. Mac OS X hanya terinstall didalam perangkat milik Apple seperti Macbook Pro, Macbook Air dan sebagainya.

Tampilan Mac OS X

Mac OS X masih "bersaudara" dengan GNU / Linux karena masih sesama turunan Unix. Beberapa tahun ini sudah muncul beberapa versi OS X yang bisa diinstall didalam PC biasa yang disebut dengan Hackintosh. Tentu saja dalam proses installasi Hackintosh tidak semudah menginstall Windows atau Distro Linux. Butuh kesabaran ekstra dan pengetahuan yang cukup saat menginstall OS X didalam PC. Beberapa OS Hackintosh yang sudah mempunyai nama adalah OS X Snow Leopard by Hazard, iATKOS ML 2 ( based on OS X Mountain Lion ), Yosemite Zone ( Based on OS X Yosemite ). 

OS X dari Apple saat ini sudah bersifat gratis dan bisa didownload secara resmi melalui Apple AppStore.

3. Android

OS Android saat ini sedang booming dikalangan pengguna smartphone. Hampir semua smartphone yang beredar sudah menggunakan OS Android. Bisa dibilang Android ini sebagai "Windows versi Mobile" dari segi kepopuleran ( bukan Windows Phone loh ! ).

Android menjadi booming karena dukungan aplikasi dan game yang melimpah, terlebih lagi untuk mendapatkan aplikasi android sekarang sangat mudah. Cukup Akses Google Playstore dan pilih Aplikasi Android yang diinginkan.

Sekarang beberapa OS Android sudah bisa digunakan kedalam PC / Laptop. Androidx86 adalah satu contoh OS yang bisa diinstall langsung kedalam laptop. Dan buat pengguna yang tidak ingin menghapus OS utamanya di laptop, bisa menggunakan Emulator Android seperti BlueStacks, Droid4X, GenyMotion dan sebagainya.

Baca Juga :

4. Chrome OS

Chrome OS adalah sistem operasi buatan Google yang dikhususkan untuk perangkat milik Google ( ChromeBook ). Chrome OS hanya bisa dijalankan via Google Chrome Browser dan untuk menjalankan aplikasinya harus melalui Chrome Store.

Tampilan Chrome OS

Chrome OS tidak terlalu cocok digunakan untuk mereka yang memiliki kecepatan internet tidak stabil karena Chrome OS ini membutuhkan koneksi Internet untuk dijalankan.

5. Haiku

Ada yang pernah mendengar OS ini ? ya saya pun baru pertama kali mendengarnya ! Nama yang cukup unik memang. Haiku adalah OS kembangan dari BeOS. BeOS adalah Sistem Operasi yang tadinya dikembangkan oleh Be Inc namun sekarang sudah tidak dilanjutkan lagi. 

Tampilan Haiku OS

Haiku sebagai salah satu kloningan dari BeOS melanjutkan pengembangan dari BeOS. OS Haiku cukup ringan untuk digunakan di PC namun jangan berharap banyak untuk dukungan aplikasi dan game pada OS Haiku.

6. eComStation

OS/2 adalah sebuah sistem operasi yang dikembangkan bersama oleh Microsoft dan IBM, namun pada proses pengembangannya hanya dilanjutkan oleh IBM. Microsoft sendiri akhirnya mengembangkan MS-DOS ( nenek moyangnya Windows ) dan seperti yang kita tahu selanjutnya saat ini bagaimana kedigdayaan Windows.

Tampilan EcomStation

OS/2 saat ini sudah tidak dikembangkan oleh IBM, namun ada perusahaan bernama Serenity Systems yang mempunyai hak untuk mendistribusikan OS berbasis OS/2. Serenity Systems menyebut OS/2 sebagai eComStation. 

Tahukah kalian, walaupun jarang digunakan ternyata eComStation ini berbayar !

7. ReactOS

ReactOS adalah sebuah sistem operasi gratis dan open-source yang didasarkan dari arsitektur Windows NT. Jadi bisa dibilang sebagai versi gratisannya Windows. ReactOS tentu saja cocok digunakan untuk beberapa aplikasi berbasis Windows.

Screenshoot ReactOS

Nah itulah 7 Sistem Operasi selain Windows. Sebagian OS diatas lambat dalam hal pengembangannya, namun cukup oke jika untuk coba-coba. Kalian sendiri sudah pernah OS yang mana saja selain Windows ?

RELATED POSTS

8 comments:

Saya menghargai setiap komentar yang masuk dan akan berusaha membalas setiap komentar yang ada selama kalian.

1. Membaca postingan sampai habis.
2. Membaca postingan yang ada di link download.
3. Biasakan mencari di google dahulu sebelum bertanya.
4. Tidak keluar dari topik.
5. Tidak menulis spesifikasi PC / Laptop.
6. Tidak promosi website ( akan dimasukkan ke Spam )

Berkomentar cukup sekali, semua komentar akan dimoderasi dulu oleh Admin.

 
Display Pagerank