Wednesday, April 8, 2015

Mengenal Keylogger Dan Cara Mengatasinya




Mengenal Keylogger Dan Cara Menghindarinya

Keylogger adalah sebuah software atau bisa juga hardware yang merekam semua aktivitas komputer melalui keyboard. Keylogger bisa merekam seluruh data, termasuk pesan chatting, nomor kartu kredit, password, dan apapun yang kalian ketik di PC kalian.

Biasanya Keylogger dihubungkan dengan Malware, namun ada juga Keylogger yang bersifat "baik", keylogger jenis baik biasa digunakan orangtua untuk merekam kegiatan anaknya di komputer, atau juga perusahaan yang merekam seluruh aktivitas karyawannya. Keylogger yang biasa digunakan untuk kalangan korporasi adalah keylogger hardware.

Mengenal Keylogger

Kebanyakan keylogger berasal dari Malware. Malware sendiri datang dari Internet saat kalian mendownload software yang bukan dari situs resminya atau bisa juga saat kalian salah mengklik iklan di Internet dan secara tiba-tiba mendownload sebuah aplikasi dari Internet. Efek dari Keylogger cukup berbahaya karena akan mengambil seluruh informasi sensitif seperti password email, nomor kartu kredit.

Keylogger juga bisa datang dari seseorang yang iseng atau orang terdekat kalian, bisa teman, pasangan atau bisa orang tua kalian ( kalau misalnya orang tua kalian mengerti komputer hehe ). Perusahaan besar biasa memasang keylogger pada setiap perangkat PC-nya, hal ini tentu akan berguna untuk memonitor kinerja karyawaanya. 

Keylogger Dalam Bentuk Hardware

Kalau kalian tidak asing lagi dengan Keylogger berjenis software, namun untuk jenis Hardware saya rasa masih beberapa orang yang mengetahuinya. Saat ini Keylogger dalam bentuk Hardware terlihat seperti penyambung USB seperti dibawah ini.


Letaknya tentu saja dibelakang PC. Contoh saja ada seorang tersangka yang dengan sengaja memasang keylogger di PC dan apabila korbannya mencolok USB keyboard kedalam Keylogger tersebut, bammm !!! Semua aktivitasnya akan disimpannya. Tentu saja untuk mengambil data dari keylogger, si tersangka tinggal melihatnya di PC miliknya, seperti USB FD !


Keylogger dalam bentuk hardware akan sangat sulit dideteksi oleh software keamanan seperti antivirus, karena antivirus akan mengira keylogger tersebut layaknya perangkat periperal biasa seperti Mouse / Keyboard.

Cara Kerja Keylogger

Keylogger akan berjalan secara background dan setiap hal yang kalian ketik akan terekam dengan mudah oleh keylogger tersebut. Keylogger juga biasa dikombinasikan dengan software monitor lainnya ( seperti pembuat screenshoot atau merekam kegiatan desktop secara otomatis ). Yang menjadi bahaya saat si korban mengetik password entah itu di sosial media miliknya, maka saat itu juga password tersebut akan dikirim kedalam server tersangka pengguna keylogger dan akhirnya si tersangka bisa melihat seluruh aktivitas pengguna

Cara Menghindari Keylogger

Menghindari lebih baik dari mengatasi bukan ? nah berikut adalah cara-cara untuk menghindari Keylogger.

1. Saat kalian ke Warnet, pastikan selalu mengecek PC dibagian belakang apakah terdapat Hardware Keylogger atau tidak.

2. Selalu update perangkat Antivirus kalian setiap hari dan lakukan scanning secara berkala,

3. Menggunakan adblocker pada Browser kalian.

4. Menggunakan fitur OnScreen-Keyboard pada Windows.

5. Menggunakan software Anti-Keylogger, biasanya sudah terinstall disetiap Antivirus.

6. Jangan menginstall software yang mencurigakan.

Nah itulah sekedar tips dari saya untuk mencegah dari Keylogger, apa kalian punya trik lain ? silakan share trik kalian dikomentar :)

RELATED POSTS

0 comments:

Post a Comment

Saya menghargai setiap komentar yang masuk dan akan berusaha membalas setiap komentar yang ada selama kalian.

1. Membaca postingan sampai habis.
2. Membaca postingan yang ada di link download.
3. Biasakan mencari di google dahulu sebelum bertanya.
4. Tidak keluar dari topik.
5. Tidak menulis spesifikasi PC / Laptop.
6. Tidak promosi website ( akan dimasukkan ke Spam )

Berkomentar cukup sekali, semua komentar akan dimoderasi dulu oleh Admin.

 
Display Pagerank