Friday, April 10, 2015

Cara Mengelola Hardisk Dengan Disk Management Windows



Mengelola Hardisk Dengan Disk Management

Cara Mengelola Hardisk Dengan Disk Management

Setiap perangkat komputer pasti memiliki media penyimpanan berupa Hardisk ataupun SSD. Media penyimpanan tersebut akan digunakan untuk menyimpan berbagai macam data serta informasi penting dan tentu saja sistem operasi dari komputer tersebut. 

Dan untuk memisahkan antara data penting dan OS dalam komputer, ada baiknya hardisk tersebut kita partisi ( dipecah ) menjadi beberapa bagian. Windows sudah menyediakan aplikasi bawaan untuk membuat partisi pada Hardisk. Jika kalian belum mengenal apa itu partisi pada hardisk, partisi adalah pembagian ukuran hardisk lebih dari satu bagian. 

Mengenal Disk Management

Dalam Windows, aplikasi pembuat partisi dinamakan Disk Management. Dengan adanya Disk Management, pengguna dapat mengubah ukuran partisi ( resize ), membuat partisi ( create ), menghapus partisi ( delete ) dan memformat partisi ( format ). 

Windows 7 & Windows 8 pun sudah terdapat fitur Disk Management yang akan memudahkan pengguna mengelola hardisk. Disk Management pada Windows 7 dan 8/8.1 hampir sama, Untuk menggunakan Disk Management cukup mudah, kalian bisa lihat caranya dibawah ini. 

1. Kalian tekan lambang Windows + huruf R pada keyboard dan ketikan perintah dibawah ini.

diskmgmt.msc

2. Selanjutnya kalian akan dapat langsung melihat tampilan awal dari Disk Management seperti dibawah ini.

Disk Management

- Didalam Disk Management, kalian akan melihat seluruh perangkat penyimpanan yang ada di PC. Termasuk flashdisk dan hardisk external. Dalam contoh diatas, saya hanya memiliki 1 hardisk di PC saya, jadi yang terlihat hanya Disk 0, jika memiliki lebih dari 1 hardisk maka akan terlihat Disk 0, Disk 1, Disk 2 dan seterusnya.

- Disk Management Windows hanya dapat support file sistem NTFS, FAT dan FAT 32.

Sekarang kalian perhatikan kembali pada Disk Management, saya memiliki 3 buah partisi berbeda yakni C, D dan 1 lagi Unallocated. Biasanya juga ada  partisi tambahan yakni Partisi System Reserved.
  • Partisi C : Biasanya digunakan untuk menyimpan OS.
  • Partisi D : Menyimpan data-data pribadi.
  • Partisi Unallocated : Bagian hardisk yang belum dijadikan partisi full, biasanya bersifat hidden dan tidak dapat digunakan untuk menyimpan data.
Didalam Disk Management juga sudah ditampilkan informasi berapa besar kapasitas Hardisk ( Capacity ), Ruang Hardisk yang masih kosong ( Free Space ) serta File Sistem Hardisk yang digunakan ( File System ). Jadi, bisa dibilang Disk Management bawaan Windows sudah cukup lengkap dengan fitur-fitur dasar.

Cara Membuat Partisi Baru

Oke, sekarang saya akan mencontohkan bagaimana cara membuat partisi di Windows. Ambil contoh kalian memiliki partisi Unallocated di Windows. Untuk membuat partisi baru di Windows cukup mudah yakni :

1. Kalian buka Disk Management seperti langkah diatas.

Cara Membuat Partisi

2. Pada bagian Unallocated, kalian klik Kanan --> New Simple Volume. Nantinya akan muncul langkah-langkah untuk membuat partisi yang bernama New Volume Wizard. Kalian klik Next.

Cara Membuat Partisi

3. Dilangkah selanjutnya kalian akan ditawarkan berapa besar ukuran partisi yang ingin kalian buat. Karena pada contoh disini saya menggunakan partisi Unallocated dan ingin mengubah seluruh partisi Unallocated tersebut menjadi partisi baru, maka pada bagian Simple Volume Size saya memilih seluruh ukuran partisi Unallocated tersebut dan klik Next

Cara Membuat Partisi

5. Selanjutnya kalian tentukan Drive Letter pada partisi baru yang akan dibuat. Pemilihan Drive Letter bersifat bebas. Dan jika sudah klik Next lagi.

Cara Membuat Partisi

Baca Juga :


6. Kemudian kalian akan diberi pilihan setting seperti dibawah ini. Cukup kalian biarkan saja secara default seperti dibawah dan jika sudah klik Next --> Finish dan tunggu beberapa menit hingga proses format selesai.

Cara Membuat Partisi

Cara Membuat Partisi

7. Done ! maka kalian selesai membuat partisi baru.

Cara Membuat Partisi

Cara Memformat Partisi

Disk Management juga mengizinkan pengguna untuk memformat partisi di Hardisk. Format bertujuan menghapus seluruh data pada partisi yang dipilih tanpa menghapus partisi tersebut. Caranya juga sangat mudah.

1. Buka Disk Management.

2. Klik kanan pada partisi yang ingin di format dan pilih format. Selanjutnya pada bagian Volume Label, kalian bisa pilih nama partisi baru yang akan diformat nanti ( bebas ). Pada bagian File System kalian bisa tentukan file system partisi yang diformat nantinya, bisa FAT / FAT32 atau NTFS. Jika sudah klik OK --> lalu OK lagi dan tunggu beberapa menit.

Cara Memformat Partisi

Cara Memformat Partisi

Cara Memformat Partisi

3. Done !

Cara Menghapus Partisi

Menghapus Partisi berbeda dengan format, jika format hanya menghapus data, maka Delete ( Menghapus Partisi ) akan menghapus partisi yang dipilih dan mengubahnya kembali menjadi Unallocated Partition. Caranya juga gampang banget, yakni.

1. Buka Disk Management.

2. Klik kanan pada partisi yang ingin di hapus dan pilih Delete Volume. Nantinya akan muncul pesan konfirmasi, jika kalian sudah yakin ingin dihapus cukup klik OK.

Cara Menghapus Partisi

Cara Menghapus Partisi

3. Done ! maka partisi akan kembali menjadi Unallocated.

Cara Mengubah Ukuran Partisi ( Memperbesar atau Memperkecil )

Mengubah ukuran partisi memiliki 2 sifat yakni memperbesar ( Extending ) atau Memperkecil ( Shrinking ) dengan catatan kalian memiliki partisi partisi Free ( partisi bebas ) / partisi Unallocated. 
  • Memperbesar ukuran partisi didapat dengan cara menggabungkan partisi yang satu dengan lainnya. 
  • Sedangkan memperkecil ukuran partisi didapat dengan memecah partisi berukuran besar menjadi beberapa bagian.
- Cara Memperbesar Ukuran Partisi 

Contohnya saya akan menggabungkan antara Partisi 1 milik saya dengan partisi Unallocated disebelahnya. Caranya adalah

1. Buka Disk Management.

2. Klik kanan pada partisi yang ingin diperbesar dan pilih Extend Volume. Selanjutnya kalian akan ditampilkan langkah-langkah otomatis menggabungkan partisi bernama Extend Volume Wizard. Kalian klik Next.

Cara Memperbesar Ukuran Partisi

Cara Memperbesar Ukuran Partisi

3. Perhatikan, kalian tidak bisa menggabungkan antara partisi yang berbeda hardisk. Pada contoh ini saya hanya memiliki 1 buah partisi Unallocated sebesar 1.4 GB ( 1,437 MB ) dan jika sudah klik Next --> Finish dan tunggu beberapa saat.

Cara Memperbesar Ukuran Partisi

Cara Memperbesar Ukuran Partisi

4. Sekarang lihat partisi saya diawal hanya 34 GB sekarang sudah menjadi 35 GB.

Cara Memperbesar Ukuran Partisi

- Cara Memperkecil / Membagi Partisi

Sekarang kita akan memecah partisi menjadi 2 bagian. Memecah partisi ini cukup penting karena kita akan dapat membagi media penyimpanan data. Caranya juga sanga mudah, lihat saja dibawah ini.

1. Buka Disk Management

2. Sekarang klik kanan pada partisi yang ingin dipecah lalu pilih Shrink Volume dan klik Next lalu tunggu beberapa saat.

Cara Memperkecil / Membagi Partisi

Cara Memperkecil / Membagi Partisi

3. Pada bagian Enter The Amount of Space to Shrink in MB, kalian pilih besarnya ukuran partisi baru yang akan kalian buat. Ingat ! formatnya harus dalam MB bukan GB. Misalkan kalian ingin membuat partisi baru sebesar 20 GB, maka ketik 20000 MB karena 1 GB kurang lebih 1000 MB.

Contoh dibawah ini saya ingin membuat partisi baru sebesar 20 GB atau 20000 MB dan jika sudah klik Shrink lalu tunggu beberapa saat.

Cara Memperkecil / Membagi Partisi

Cara Memperkecil / Membagi Partisi

4. Nah, jika sudah selesai, nantinya akan muncul partisi baru bersifat Unallocated. Tinggal kalian partisi baru saja seperti Cara Membuat Partisi Baru diatas.

Cara Memperkecil / Membagi Partisi

Kesimpulan

Disk Management cukup berguna untuk mengatur hardisk. Toolsnya tidak terlalu banyak memang, namun cukup bermanfaat digunakan. Terlebih lagi penggunaanya pun mudah dan tidak terlalu ribet. Bagaimana ? bisa kalian praktekan cara ini dirumah

RELATED POSTS

43 comments:

  1. gan klo untuk memperbesar/menambah kapasitas drive C apa bisa?

    ReplyDelete
  2. nah ,ini aku udh coba
    tp entah knp C nya gk bisa extend, pdhl udh buat unallocated dr D
    TT^TT pliss mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi karena satunya primary dan yang satunya lagi logical.

      Delete
  3. makasih infonya kk ^^
    aku hampir hopeless pas ngecek hdd laptop yang baru dibeli masih unallocated..
    hampir mo kubalikin ke toko.. wkwkwk

    ReplyDelete
  4. Kalo tidak bisa juga gimana gan?
    waktu unlocated udah bener tutorialnya,tapi pas klik finish ada peringatan

    ReplyDelete
  5. Kalo misalnya partisi C mau diperkecil apakah nantinya file file yg ada di disk C akan terhapus?

    ReplyDelete
  6. ane kok kga bisa ya om malah ada pesan 'The opration is not supported by the object.' ko malah gituu yaa?? mohon bantuanya omm

    ReplyDelete
    Replies
    1. http://www.bleepingcomputer.com/forums/t/484357/unable-to-extend-ntfs-partition/

      Delete
  7. Kalo mindahin dari disk 1 ke disk 0 bisa ngga? Trimakasih

    ReplyDelete
  8. gan ... punya saya diwaktu ud bagi partisi bisa, tapi diwaktu buat partisi baru coment nya : The operation you selected will convert the selected basic disk(s) to dynamic disk(s). If you convert the disk(s) to dynamic, you will not be able to start installed operating systems from any volume on the disk(S) (except the current boot volume). are you sure you want to continue?

    di YES kan "there is not enough space available on the disk(S) to complite this operation

    ReplyDelete
  9. min aku kan mau nambah data E yang aku ambil dari data C..kira2 data C dan data D punyaku hilang gak ya datanya min?

    ReplyDelete
  10. alhamdulilah gan partisinya berhasil.. oia gan kira2 partisi data E yang tak buat bisa eror/ilang sendiri gk gan..

    ReplyDelete
  11. Alhamdulillah berhasil gan, hampir aja putus asa

    ReplyDelete
  12. gan, kalo mau besarin C ambil dari D bisa? kalo bisa pake tutorial yg memperbesar harddisk brarti?
    terus itu bakal ada data yang hilang ga dari C ato D nya? makasih

    ReplyDelete
  13. #help gan ane mau partition disk C. setelah klik shrink vol, dan lihat size of avaible shrink space in MB adalah 0.

    lalu gimana ane bisa partisi kalo ruang yg bisa dipartisi 0 MB. padahal disk C ada 131 GB free of 171 GB.

    help gan, Please!

    ReplyDelete
  14. Makasih banget bro infonya berguna

    ReplyDelete
  15. Gan.. stlh saya klik kanan pada hdd yg unallocated tidak bisa diklick new simple volume nya.. hanya bs ngeklick properties dan help. Itu kenapa ya :( mohon bantuannya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cara yang ada disini

      http://www.tomshardware.com/forum/63953-63-unable-create-partition-unallocated-space

      Delete
  16. gan saya mau besarin kapasitas disk C. tapi kok gk bisa d Extend Volume ya,,?? tidak bisa d klik Extend Volume nya. .
    mohon pencerahannya gan. . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo gak bisa melalui disk management, ya bisa juga pake software tambahan seperti AOMEI Partition Assistant, EASEUS Partition master, dll.

      Kalo ente belom pernah pake software2 tersebut, bisa cari tutorial di google dan jangan lupa backup data terlebih dahulu.

      Delete
  17. habis ke delete volume trus jadi unlocated space, balikin foldernya gimana ya gan???

    ReplyDelete

Saya menghargai setiap komentar yang masuk dan akan berusaha membalas setiap komentar yang ada selama kalian.

1. Membaca postingan sampai habis.
2. Membaca postingan yang ada di link download.
3. Biasakan mencari di google dahulu sebelum bertanya.
4. Tidak keluar dari topik.
5. Tidak menulis spesifikasi PC / Laptop.
6. Tidak promosi website ( akan dimasukkan ke Spam )

Berkomentar cukup sekali, semua komentar akan dimoderasi dulu oleh Admin.

 
Display Pagerank