Saturday, March 14, 2015

Apakah Memakai Password di Windows Sudah Aman Dari Pencurian Data ?



Apakah Memakai Password di Windows Sudah Aman Dari Pencurian Data ?

Apakah Memakai Password di Windows Sudah Aman Dari Pencurian Data ?

Berapa banyak dari kalian yang menggunakan password pada Windows kalian ? saya yakin sebagian dari kalian menggunakan password di Windows. Terlebih lagi jika PC / Laptop yang kalian gunakan di pakai bersama-sama oleh anggota keluarga. Namun yang menjadi pertanyaan sekarang adalah apakah menggunakan password di Windows sudah benar-benar aman 100% ? Nah di artikel ini saya 

Tergantung Dari....

Semuanya tergantung dari siapa yang menggunakan Laptop / PC kalian saat kalian tidak ada. Maksudnya begini, jika teman kalian yang tidak terlalu mengerti komputer lalu ingin masuk ke Windows kalian tentu akan kecewa saat mengetahui Windows kalian dipasang password. Jadi dalam kasus pertama, menggunakan password di Windows sudah aman.

Windows Password

Lain halnya dengan orang yang sudah banyak makan asam garam di Dunia komputer, Windows yang terpassword tampaknya bukan menjadi masalah. Orang tersebut tinggal menggunakan aplikasi Live CD / DVD seperti Ultimate DLCD, Hiren's Boot CD, Linux Live USB / CD atau Kon-Boot untuk masuk kedalam Windows kalian.

Baca Juga : 

Kayaknya Password BIOS Lebih Aman Deh...

Jawabannya mungkin ! ya, memakai password di BIOS sudah cukup aman. Saya beri contoh laptop kalian dicuri, kemudian kalian sadar bahwa laptop kalian sudah memiliki password pada BIOS. Pencuri yang gaptek tentunya tidak akan bisa mengambil data yang ada di laptop kalian.

Tetapi lain halnya jika pencuri tersebut cerdas, apabila pencuri tersebut cukup pintar, tinggal di bongkar saja harddisk dari laptop kemudian gunakan PC / Laptop lain untuk mengakses data kalian, mudah bukan ?

Jawabannya Adalah Enkripsi

Well, salah satu jawaban yang tepat adalah menggunakan enkripsi. Menggunakan Password pada Windows atau BIOS bukanlah jawaban yang salah, keduanya sudah benar tetapi masih kurang untuk memproteksi data. 

Mengenkripsi Hard disk dapat mencegah pencurian data ( setidaknya lebih sulit ). Ambil contoh lagi pencuri tersebut cukup pintar untuk melepas hardisk dari laptop lalu memasukkannya kedalam perangkat lain, jika hardisk kalian sudah di enkripsi tetap saja si pencuri tersebut akan sangat sulit mengakses data di harddisk kalian.

Bitlocker di Windows 8.1
Images by HowtoGeek
Mengenkripsi hardisk itu sebenarnya tidak terlalu penting-penting banget. Jika kalian hanya menggunakan laptop kalian untuk facebokan, bermain game house atau menonton video di youtube, saya rasa mengenkripsi hardisk tidaklah perlu. 

Tetapi beda kasus apabila didalam laptop kalian terdapat dokumen-dokumen penting seperti data peruahaan atau data yang kalian rasa sangat penting dan tidak untuk dibocorkan ke publik.

Windows sendiri sudah menyediakan fitur Enkripsi di versi Professional Windows. Yakni dimulai Dari Windows 7 Professional keatas hingga Windows 8.1 Pro.

RELATED POSTS

0 comments:

Post a Comment

Saya menghargai setiap komentar yang masuk dan akan berusaha membalas setiap komentar yang ada selama kalian.

1. Membaca postingan sampai habis.
2. Membaca postingan yang ada di link download.
3. Biasakan mencari di google dahulu sebelum bertanya.
4. Tidak keluar dari topik.
5. Tidak menulis spesifikasi PC / Laptop.
6. Tidak promosi website ( akan dimasukkan ke Spam )

Berkomentar cukup sekali, semua komentar akan dimoderasi dulu oleh Admin.

 
Display Pagerank