Wednesday, March 25, 2015

Ransomware, Jenis Malware Baru yang Berbahaya



Ransomware, Jenis Malware Baru yang Berbahaya

Ransomware adalah salah satu jenis malware yang memaksa penggunanya untuk  mengeluarkan uang ( bisa jadi perampok dalam jenis digital :p ). Salah  satu jenis Ransomeware yang sedang naik daun adalah Cryptolocker.  Kebanyakan Malware tadinya hanya dibuat oleh beberapa orang jahil saja, namun sekarang para pembuat malware sudah terorganisir untuk mengeruk keuntungan terutama uang.

Baca Juga :

Sekilas Tentang Ransomware

Ransomware itu salah satu tipe Malware, biasanya memiliki tampilan seperti Scareware di iklan-iklan Internet yang mengeluarkan pesan "Komputer Anda Terinfeksi Virus" atau "Percepat Windows Anda Dengan Software Ini". Untuk mengatas Scareware bisa dengan menggunakan software keamanan seperti Antivirus, Anti-Malware atau tinggal Install Ulang saja.

Cryptolocker

Tetapi Ransomware ini agak berbeda dari Scareware, Ransomware lebih kompleks. Jika PC kalian terinfeksi oleh Ransomware, maka Ransomware ini akan memiliki hak akses PC kalian dan mengenkripsi data kalian. Kalian yang tidak memiliki akses lagi ke dalam PC, kalian akan dipaksa membayar  sejumlah uang untuk membuka PC yang terenkripisi. Hal ini tidak menjadi jaminan apabila kalian sudah membayar kemudian PC kalian akan bisa diakses lagi, mana ada perampok bisa dipercaya ?

Kiat Menjaga File Kalian Dari Ransomware

Saya sendiri memiliki beberapa tips agar kalian tidak terkena Ransomware / 

Malware, yakni ;

1. Backup

Satu kata yang simpel namun sangat berguna dikemudian hari. Pastikan  kalian selalu memiliki tempat backup terpisah dari PC kalian. Bisa itu  Hardisk Eksternal, CD/DVD, FlashDisk hingga mengupload file penting ke Cloud. 

2. Gunakan Software Keamanan Yang Uptodate.

Memiliki Antivirus / Malware merupakan elemen penting bagi setiap OS terutama Windows yang memiliki ancaman terbanyak. Update selalu Antivirus setiap hari. Memang Antivirus tidak ada yang sempurna, tetapi setidaknya bisa melakukan pencegahan.

Baca Juga :


3. Hindari Program yang Mencurigakan

Apabila kalian merasa bertemu file yang mencurigakan dari Internet,  sebaiknya kalian hindari, bisa jadi itu salah satu Ransomeware ! Saran  saya selalu download aplikasi dari situs resmi yang bisa kalian percaya.

4. Hindari Java

Jika kalian programmer Java, memang penting untuk diinstall. Tapi jika  kalian bukan programmer java dan hanya pengguna PC biasa, saya sarankan  kalian menghapus java, karena java-lah salah satu jembatan malware menginfeksi komputer. 

Ransomware terutama Cryptolocker ini terdengar sadis, karena tidak hanya mengincar data penting kalian tetapi uang kalian.  Mudah-mudahan tips diatas berguna untuk saya dan kalian agar terhindar dari Cryptolocker.

Images by Google & HTG.

RELATED POSTS

4 comments:

  1. Gawat jg tuh virus, Gan.Sekalian bahas Anti-Virus terbaik donk krn ane dngr Kaspersky d pake intel Rusia. Gmn dg Bitdefender..? Interface Bitdefender aj yg ane g suka, bkin bingung.

    Sekalian jg bahas gmn Qt bs tahu ada Java n gmn menghapusnya.
    Oo..iya, bahas jg donk aplikasi d Android n Windows Phone u memata-matai pacar Qt spt nge-bel k nomor mn aj n bs tahu isi smsnya Dia.

    Sorry, Gan. Kebykn permintaan. He..he..he.....
    Thank yu banget..-

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk antivirus nanti deh ya kalau ada waktu

      Delete
  2. kalo sudah terlanjur kena kyk gitu gimana cara ngatasinya?? file ane berubah jadi .ccc semua

    ReplyDelete
    Replies
    1. scan dulu pake antivirus macem Kaspersky / Bitdefender yang punya deteksi kuat. Discan lagi juga pake Malwarebytes atau HitmanPro.

      Kalau masih bandel juga, install ulang :)

      Delete

Saya menghargai setiap komentar yang masuk dan akan berusaha membalas setiap komentar yang ada selama kalian.

1. Membaca postingan sampai habis.
2. Membaca postingan yang ada di link download.
3. Biasakan mencari di google dahulu sebelum bertanya.
4. Tidak keluar dari topik.
5. Tidak menulis spesifikasi PC / Laptop.
6. Tidak promosi website ( akan dimasukkan ke Spam )

Berkomentar cukup sekali, semua komentar akan dimoderasi dulu oleh Admin.

 
Display Pagerank