Tuesday, March 31, 2015

Cara Mengatasi Your DWM is Incompatible AeroGlass di Windows 8.1



Windows Aero / AeroGlass

Cara Mengatasi Your DWM is Incompatible Pada AeroGlass

AeroGlass adalah sebuah software yang dapat mengembalikan Windows Aero kedalam Windows 8 hingga Windows 10. Windows Aero memang sudah tidak disupport oleh Microsoft, namun AeroGlass cukup bagus untuk menggantikan peran dari Windows Aero.

Seperti yang sudah saya jelaskan di postingan saya tentang AeroGlass, AeroGlass terkadang mengalami error sesaat setelah mengupdate Windows. Biasanya error pada AeroGlass ditandai dengan munculnya pesan "Your DWM is Incompatible...". 

Error Your DWM is Incompatible Pada AeroGlass

Error Your DWM is Incompatible Pada AeroGlass

Kalau kalian menggunakan versi "berbayar" dari AeroGlass, AeroGlass akan mengatasi error tersebut dengan mendownload symbols yang dibutuhkan AeroGlass sehingga AeroGlass akan menjadi bening kembali. Cara ini bisa diterapkan pada Windows 8 dan Windows 8.1

Berikut adalah tutorial mengatasi DWM Error pada AeroGlass :

1. Tekan lambang Windows + X pada keyboard --> Pilih Run dan ketik "Regedit" ( Tanpa tanda kutip ).

2. Pada Regedit, arahkan menuju lokasi dibawah, dan kalian lihat pada gambar dibawah pula yang saya beri kotak warna merah itu menunjukan versi Build Windows kalian.

HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion

3. Sekarang download Symbols yang diperlukan disini dan ekstrak file rar tersebut dengan WinRAR. Nantinya didalam file RAR tersebut ada beberapa folder yang memiliki tampilan seperti dibawah ini.

Error Your DWM is Incompatible Pada AeroGlass

4. Seperti yang kalian lihat pada gambar diatas, pada gambar tersebut terdapat beberapa susunan folder. Folder tersebut memiliki file Symbols untuk masing-masing OS. Saya beri keterangan begini :

- Folder W8-0-0 : Terdapat file Symbols yang digunakan untuk Windows 8.

- Folder W8-1-0 : Terdapat file Symbols yang digunakan untuk Windows 8.1 namun yang belum Update 1. Versi yang belum Update 1 memiliki Build number antara 9600.16384 hingga 9600.16483.

- Folder W8-1-1 : Terdapat file Symbols yang digunakan untuk Windows 8.1 dengan Update 1 keatas. Versi ini memiliki Build number antara 9600.17415 keatas. 

Pastikan kalian sudah mengecek Build Number Windows 8 / 8.1 kalian. x32 dan x64 merujuk pada bit Windows yang kalian gunakan. x32 untuk Windows 8 / 8.1 32-bit sedangkan x64 untuk Windows 8  / 8.1 64-bit.

5. Sebelumnya saya sudah menginstall AeroGlass di PC saya. Letak folder AeroGlass biasanya ada di :

C:\AeroGlass

Didalam folder C:\AeroGlass, saya buat Subfolder bernama Symbols sehingga tampilannya seperti ini :

Error Your DWM is Incompatible Pada AeroGlass

6. Sekarang kalian pergi ke lokasi 

C:\ProgramData\dbg 

Folder ProgramData biasanya disembunyikan, jadi kalian tampilkan terlebih dahulu, jika belum tahu caranya bisa dilihat disini. Didalam folder dbg tadi biasanya masih kosong dengan Symbols, nantinya didalam folder dbg tersebut akan kita isi dengan Symbols yang sudah didownload.

7. Kembali lagi ke folder Symbols yang sudah kalian download & ekstrak di langkah 3 & 4. Karena saya menggunakan Windows 8.l 32-bit dengan Build 9600.17415, maka saya menggunakan file Symbols yang ada di folder W-8-1-1-x32. 

Kalian masuk ke folder Symbols dan akan menemukan file dan folder seperti dibawah ini, kalian salin semua folder tersebut dan letakkan di :

C:\AeroGlass\Symbols

Sehingga akan menjadi seperti ini :

Error Your DWM is Incompatible Pada AeroGlass

8. Sekarang balik lagi ke lokasi C:\ProgramData\dbg, didalam folder dbg, kalian isi dengan semua file symbols dari langkah 3 & 4, sehingga menjadi seperti dibawah. Kalian perhatikan pada folder Symbols dibawah yang saya beri kotak merah. folder Symbols tersebut kalian isi dengan file yang sama pada langkah 7.

Error Your DWM is Incompatible Pada AeroGlass

Error Your DWM is Incompatible Pada AeroGlass

9. Done ! sekarang kalian restart PC kalian dan AeroGlass kalian dapat kalian gunakan kembali tanpa masalah :)

Windows Aero di Windows 8 dan Windows 8.1

RELATED POSTS

4 comments:

Saya menghargai setiap komentar yang masuk dan akan berusaha membalas setiap komentar yang ada selama kalian.

1. Membaca postingan sampai habis.
2. Membaca postingan yang ada di link download.
3. Biasakan mencari di google dahulu sebelum bertanya.
4. Tidak keluar dari topik.
5. Tidak menulis spesifikasi PC / Laptop.
6. Tidak promosi website ( akan dimasukkan ke Spam )

Berkomentar cukup sekali, semua komentar akan dimoderasi dulu oleh Admin.

 
Display Pagerank