Saturday, March 28, 2015

Kenapa Folder Program Files di Windows 64-bit Ada 2 ?



Kenapa Folder Program Files di Windows 64-bit Ada 2 ?

Kalian yang menggunakan Windows 64-bit baik itu Windows 7 64-bit atau Windows 8 64-bit merasa akan menemukan 2 buah folder Program Files didalam Windows. Yang pertama bernama Program Files dan yang kedua Program Files (x86). Sebenarnya apa sih tujuan memisahkan kedua folder tersebut ? kenapa tidak dijadikan 1 folder saja ?

Nah, dipostingan kali ini saya akan sedikit menjelaskan tentang mengapa ada 2 buah folder Program Files pada Windows 64-bit. Sebelum memasuki pembahasan lebih jauh, saya sarankan kalian membaca terlebih dahulu postingan saya tentang perbedaaan Windows 32-bit dan Windows 64-bit disini.

Perbedaan Folder Program Files & Program Files (x86)

Sebenarnya jawaban dari pertanyaan diatas sangat mudah, perbedaan dari kedua Program Files tersebut adalah Program Files untuk menyimpan aplikasi 64-bit dan Program Files (x86) untuk menyimpan aplikasi 32-bit.

Saat ini hampir seluruh aplikasi sudah mulai mendukung arsitektur 64-bit. Namun bukan berarti aplikasi berbasis 32-bit akan ditinggalkan begitu saja. Microsoft sengaja tetap mendukung arsitektur 32-bit didalam OS Windows 64-bit miliknya.

Aplikasi 32-bit memang sengaja disimpan pada folder Program Files (x86) agar aplikasi tersebut bisa bekerja dengan lancar dan tanpa masalah. Hal ini juga berhubungan dengan folder System32 dan SysWOW64 pada Windows.

Mengenai Folder System32 dan SysWOW64

Kalian bisa cek pada C:\Windows, maka kalian akan menemukan 2 buah folder System yakni System32 dan SysWOW64. 

- Folder System32 digunakan untuk menyimpan library seperti file .DLL, OCX untuk aplikasi berbasis 64-bit.

- Folder SysWOW64 untuk menyimpan file library untuk aplikasi 32-bit. Terdengar aneh memang, tetapi kenyataannya memang seperti itu. SysWOW64 mengizinkan Windows untuk menjalankan dan mengisolasi aplikasi 32-bit dari aplikasi 64-bit ( untuk lebih jelasnya bisa kalian baca disini ).

Saya Masih Engga Mengerti Gan ?

Oke saya akan jelaskan sedikit, misalkan kalian menginstall aplikasi FireFox 32-bit. Otomatis firefox tersebut akan diinstall di folder Program Files (x86) bukan ? nah saat kalian menjalankan firefox 32-bit ( dalam file firefox.exe ) file tersebut akan beralih mengeksekusi semua file .dll yang ada di SysWOW64 agar firefox bisa berjalan tanpa menganggu proses aplikasi 64-bit yang sedang berjalan. Tujuannya tentu saja untuk menghindari crash. Bayangkan bila aplikasi 32-bit tetapi malah menjalankan file .dll untuk Windows 64-bit, tentu tidak akan bisa.

Tentu untuk mengatasi "kebungungan" tersebut, maka Microsoft sengaja memisahkan kedua folder Program Files dan System tersebut. Sehingga aplikasi 32-bit bisa memasukkan seluruh file .dll 32-bit milikinya tanpa harus menganggu file .dll 64.bit.

Apakah Aplikasi 64-bit Bisa dijalankan di Windows 32-bit ?

Aplikasi berbasis 64-bit tidak bisa dijalankan di Windows 32-bit, namun aplikasi 32-bit bisa dijalankan di Windows 64-bit. Kenapa aplikasi 64-bit tidak bisa di Windows 32-bit ? jawabannya mudah saja, karena pada Windows 32-bit tidak memiliki emulator untuk menjalankan aplikasi 64-bit. Berbeda dengan Windows 64-bit yang memiliki emulator 32-bit pada folder SysWOW64 ( bisa dibaca disini ).

Itulah sedikit penjelasan dari saya tentang mengapa pada Windows 64-bit memiliki 2 buah folder Program Files. Jika kalian masih bingung juga, kalian bisa membaca tentang Aplikasi 32-bit di Windows 64-bit melalui situs resmi Microsoft disini.

Note :

- WOW64 : Windows on Windows 64-bit atau bisa juga Windows 32-bit on Windows 64-bit, maksudnya adalah sebuah emulator yang mengizinkan Windows 64-bit untuk menjalankan aplikasi Windows 32-bit.

RELATED POSTS

22 comments:

  1. thanks Gan - baru cerah sekarang...

    ReplyDelete
  2. makasih gan infonya, kemarin ane instal software 64bit pada lepi ane(64bit) tapi pada directory program files(x86) kok ada juga direktory filesnya... ini gimana ya apa gk menuh"in hardisk ya....? dan kl di hapus aja langsung dari direktorynya apa pengaruh ya...?

    ReplyDelete
  3. pembawa pencerahan...beribu terima kasih mas/mbak

    ReplyDelete
  4. Terus ntar Klo ane mau instal aplikasi mau diletakkan di prog files (x86) ato yg prog files doang om?.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya gak perlu diatur segala, aplikasi sudah cukup pintar ngebedain kedua lokasi program files.

      Delete
  5. Mantap... Jadi ngerti skrng... 👍

    ReplyDelete
  6. Thanks bnged gan,,,, sangat jlas bnged pnjelasan nya....

    ReplyDelete
  7. mas laptop sy dulunya 64 bit trus sekarang sy install ulang jd os yg 32 bit, kl udh 32 bit gini, folder program files (x86) nya boleh dihapus g? gmn cara hapusnya y?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo OS ente udah 32-bit, Di Windows 32-bit gak ada folder program files (x86)

      Delete

Saya menghargai setiap komentar yang masuk dan akan berusaha membalas setiap komentar yang ada selama kalian.

1. Membaca postingan sampai habis.
2. Membaca postingan yang ada di link download.
3. Biasakan mencari di google dahulu sebelum bertanya.
4. Tidak keluar dari topik.
5. Tidak menulis spesifikasi PC / Laptop.
6. Tidak promosi website ( akan dimasukkan ke Spam )

Berkomentar cukup sekali, semua komentar akan dimoderasi dulu oleh Admin.

 
Display Pagerank