Friday, March 20, 2015

Droid4X - Emulator Android Powerful Alternatif BlueStacks



Droid4X

[ REVIEW ] Droid4X - Emulator Android Powerful Alternatif BlueStacks

Nama Software : Droid4X
Developer : Droid4X

Droid4X adalah salah satu emulator Android untuk platform Windows. Droid4X merupakan emulator Android buatan Cina. Situs resmi Droid4X mengklaim bahwa performa serta kompabilitas Droid4X terhadap aplikasi atau game adalah yang terbaik. Droid4X sendiri memiliki based yang sama dengan  GenyMotion yakni VirtualBox-Based. Droid4X juga emulator Android yang bersifat gratis. 

Installasi

Proses installasi Droid4X menggunakan Online Installer dan biasanya memakan ukuran sampai 250 MB. Walaupun menggunakan installer online, Jika koneksi kalian cukup stabil, kalian bisa mendapatkannya dengan cepat dan tanpa masalah. Namun bagi kalian yang ingin menggunakan offline installer bisa kalian dapatkan disini dan akan selalu saya update :)

Install Droid4X

Berbeda dengan BlueStacks Online Installer yang pada saat proses installasi kita ditawarkan banyak aplikasi-aplikasi sampah, Droid4X tidak menginstall aplikasi-aplikasi sampah tersebut dalam proses installasinya. Setelah installasi selesai, kalian bisa langsung membuka aplikasi Droid4X melalui Desktop.

Google Playstore Droid4X

Sudah Dalam Root & Google PlayStore

Salah satu hal yang menyenangkan dari Droid4X adalah Droid4X sudah dalam versi Root. Artinya kalian tidak perlu repot-repot lagi me-root Droid4X kalian.

Root Droid4X

Google PlayStore pun sudah terinstall didalam Droid4X, sayangnya Google Play Service tidak ada didalam Droid4X, mau tidak mau kita harus mendownlod Google Play Service terlebih dahulu untuk menjalankan beberapa game / aplikasi.

Performa OK

Perpindahan aplikasi Droid4X antara aplikasi satu ke aplikasi lainnya juga cukup smooth dan OK walaupun membuka beberapa aplikasi secara bersamaan. Untuk menjalankan game pun cukup OK seperti Clash of Clan dan aplikasi seperti BBM serta Line. Mau maen Let's Get Rich pun lumayan lancar.

Let's Get Rich Droid4X

Tersedia Dalam Berbagai Resolusi

Menurut saya ini fitur menarik, kalian bisa memperkecil dan memperbesar ukuran layar dari Droid4X seperti aplikasi Windows lainnya. Droid4X juga menawarkan 4 buah pilihan yang bisa kalian lihat pada gambar dibawah. 

Resolusi Droid4X

Fitur ini menurut saya menarik karena apabila kalian merasa game yang kalian jalankan pada full screen membuat lag / lambat, tinggal kalian perkecil saja ukurannya dan game pun akan jadi terasa lebih smooth. Cocok untuk yang memiliki VGA OnBoard pas-pasan.

Drag & Drop APK Mudah

Kalian punya aplikasi android .APK yang ingin diinstall ? di Droid4X cukup mudah ! kalian bisa langsung drag & drop aplikasi tersebut ke layar Droid4X atau meng-import-nya melalui pilihan Import Droid4x atau juga bisa langsung klik 2x pada aplikasi .APK tersebut dan secara otomatis aplikasi tersebut langsung diinstall !

Install PAK Droid4X

Masih Jelly Bean

Sayangnya Droid4X masih menjalankan Android 4.2.2 Jelly Bean dan bukan KitKat. Terlihat agak jadul memang, namun di versi kedepannya Droid4X akan mengupdate ke versi KitKat atau bisa jadi langsung yang terbaru.

Pemakaian RAM

Walaupun cukup smooth untuk dijalankan, Droid4X juga punya kekurangan yakni pemakaian RAM yang terlalu besar bahkan melebihi BlueStacks. Jadi buat kalian yang memiliki RAM pas-pasan tidak disarankan untuk menggunakan Droid4X

RAM Droid4X

VirtualBoX-Based

Karena berbasis VirtualBox, Droid4X tidak disarankan untuk diinstall bersamaan dengan VirtualBox. Dan jika diinstall secara bersamaa akan menyebabkan error

Fitur Cukup Lengkap

Selain fitur yang saya sebut diatas, Droid4X juga memiliki fitur yang lumayan lengkap diantaranya GPS Emulation, Full Screen Mode, Pengaturan Volume Up & Down, Bisa menggunakan Smartphone sebagai Controller, Shared Folder dengan Windows.

Kelebihan

Droid4X memiliki banyak kelebihan fitur diantaranya sudah proses install yang mudah tanpa menyebagkan kepala pusing, Droid4X di root, terdapat google playstore, performa lumayan ok, install file .APK dengan mudah dan masih banyak lagi kelebihannya.

Kekurangan

Droid4X memakan RAM yang cukup banyak, terlebih aplikasi ini menggunakan Online Installer. Droid4X juga tidak bisa diinstall secara bersamaan dengan VirtualBox karena biasanya akan menyebabkan error. Versi Android yang dipakai pun masih Jelly Bean.

Kesimpulan

Jika kalian lelah dengan BlueStacks, saya rasa kalian patut mencoba alternatif BlueStacks ini. Droid4X menawarkan beberapa kelebihan walaupun masih terdapat beberapa kekurangan terutama dipemakaian RAM. Walaupun pemakaian RAM besar,  untuk menjalankan aplikasi, Droid4X masih cukup mumpuni.

Baca Juga


RELATED POSTS

58 comments:

  1. mantab gan...ane udah instal di pc ane, ram 4g lancar jaya...maen game2 HD juga oke ga ngelag. Di pc ane malah ga bisa instal Bluestack, untung nemu emulator ini di sini..tq ya gan..:)

    btw, Virtualbox minta update ke versi baru...kira2 aman ga ya kalo ane update Virtualbox nya aja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Droid4X jadi salah satu fav ane sih ( untuk saat ini ) masalah installasi + maen game juga hampir ga ada masalah kayak BlueStacks.

      Ane jarang update virtualBox gan hehe, kalau ga ada fitur terbaru dari Vbox ya nda usah diupdate daripada nanti malah rusak hehe

      Delete
  2. Mas, klo utk ganti resolusi nya gmna? soalnya klo pke bawaan setingan nya icon nya gede"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lihat gambar dipostingan untuk mengubah resolusinya

      Delete
  3. maaf gan mau tanya ,ada gak tweaker buat software ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya belum nemu tweaker buat Droid4X, forum droid4x juga adanya bahasa cina, jadi ya agak susah buat nyari2 info tools tambahan.

      Delete
  4. Gan kalau mau masukin foto/picture gimana ya.....

    ReplyDelete
  5. ada tutorial instalisasinya sekalian gmn cara connect via ssh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih, ane pengguna ssh, ane udah donlod tapi muncul notif instal virtual box first! nah bingung dah ane. btw ssh gamau nyambung gan ke droid4x ?

      Delete
  6. akhirnya bisa juga min pake aplikasi ini, lancar jaya. tapi cara merperkecil ukuran tampilan Coc gimana ya? kalo di bluestack kan pake keyboard panah atas bawah ?

    ReplyDelete
  7. Min klo ram 1gb intel genuine 1.7ghz kuat gak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lihat di pemakaian RAM, pemakaian RAM drid4x saja sudah 230 Mb apalagi ram ente yang cuma 1 GB ?

      ente bisa lihat kan keterangan saya diatas "Jadi buat kalian yang memiliki RAM pas-pasan tidak disarankan untuk menggunakan Droid4X".

      upgrade ram ente ke 3 GB / 4 GB

      Delete
  8. gan knp versi 0.8.2 gk bsa maen coc?

    ReplyDelete
  9. gan cara connect emulator droid4x apk ke droid4x pc gimana ya

    ReplyDelete
  10. gan gimananya cara biar bbm gak jadi potrait di droid 4x

    ReplyDelete
  11. gan ini cocnya macet pas loading awal dan gak aa pesan yang muncul, ada saran gak gan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada beberapa kemungkinan, ram ente kurang atau vga ente ga kuat

      Delete
    2. saya pake laptop yg ramnya udh 2gb gan masih kurang juga?

      Delete
    3. ga juga sih, coba cara2 ini.

      1. upgrade driver VGA ente.
      2. Pas jalanin droid4x pastikan jangan terlalu banyak jalanin aplikasi ( terutama google chrome yang makan banyak RAM ).

      Laptop saya jga 2 GB RAMnya, maen coc lumayan lancar kok. kalau masih ga lancar di ente, ya mau ga mau tambah RAM 2 GB di laptop ente

      Delete
  12. min kok waktu mau download di playstore kok gak download" ya,cuma loading doang .

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek koneksi dan juga apakah firewall ente ngeblok Droid4x

      Delete
  13. Software182 emang top deh, share nya ga cuman share tp beserta penjelasan yang rinci, bahkan sampe tips dan saran, sehingga memudahkan bagi org2 awam seperti saya, saya banyak belajar dari sini, terimakasih lanjutkan om, biar indonesia rakyatnya ga kudet teknologi, merdeka !

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe ok. ya sebenarnya banyak blog yang lebih bagus kok. Informasi disini mah sangat sedikit

      Delete
  14. Cara nambah akun biar punya lbh dari 1 gimana gan?

    ReplyDelete
  15. Saya kan main Dot.allstar di Droid4X tapi msh sering lag sedkit kira kira ada solusinya ga ya gan ? makasih

    ReplyDelete
  16. gini loh klo procesor nye CPU bisa ga nieh

    ReplyDelete
  17. min droid4x nya kapan upgrade ke versi kitkatnya ?

    ReplyDelete
  18. min ini udah bisa pakai xmod kah, kok aku gak bisa ya.. tengkiu..

    ReplyDelete
  19. punya gw kok 80 persen mulu ye?
    kira2 kenapa min?

    ReplyDelete
  20. Min kok di laptop ku gak ada menu bwt impor apk sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada kok, di droid4x terbaru malah lebih mudah

      Delete
  21. Udh install gan tpi layar.y putih trus nggk ad baca.y error atau apalah jd bingung malah.y d mna

    ReplyDelete
  22. untuk VBoxnya, mnurut recomended agan, kira2 versi brpa ya ?..
    punya saya 4.2.12 tuh..

    ReplyDelete
  23. Nanya dong mas, ane kan downdload game one piece, trus pas game udh jalan, trus start game, malah keluar kata begini "iniquitos tool(s) has been found. You cannot access this services unless you delete

    ReplyDelete
    Replies
    1. Permasalahannya kurang lebih sama kayak disini :

      https://www.reddit.com/r/TsumTsum/comments/2rip87/got_error_9991_iniquitous_tools_error_get_this/

      tinggal baca2 saja

      Delete
  24. admin,, android4x bisa di instalin emulator ppsspp tidak? jadi rencananya ane mau nge test mainin game psp di emulator ppsspp di dalam android4x?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak pernah nyoba, tapi seharusnya sih bisa.

      Delete
  25. numpang tanya gan... ane ga bisa masukin gambar/file. ada cara yang lebih spesifik selain drop n drak?

    ReplyDelete

Saya menghargai setiap komentar yang masuk dan akan berusaha membalas setiap komentar yang ada selama kalian.

1. Membaca postingan sampai habis.
2. Membaca postingan yang ada di link download.
3. Biasakan mencari di google dahulu sebelum bertanya.
4. Tidak keluar dari topik.
5. Tidak menulis spesifikasi PC / Laptop.
6. Tidak promosi website ( akan dimasukkan ke Spam )

Berkomentar cukup sekali, semua komentar akan dimoderasi dulu oleh Admin.

 
Display Pagerank