Sunday, March 15, 2015

[ REVIEW ] AeroGlass, Windows Aero untuk Windows 8.1 & Windows 10



Windows Aero / AeroGlass

[ REVIEW ] AeroGlass, Kembalinya Windows Aero di Windows 8 / Windows 10

Nama Software : AeroGlass
Developer : BigMuscle

Windows Aero adalah salah satu fitur yang dibawa oleh Microsoft sejak kemunculan Windows Vista. Windows Aero menjadi salah satu fitur yang paling menarik yang dibawa dari Windows Vista karena tampilannya yang ciamik dari versi Windows XP.

Tampilan Windows Aero sendiri seperti tampilan kaca yang terlihat bening serta elegan. Terlebih Microsoft menyempurnakan Windows Aero di Windows 7. Pada Windows 7, Windows Aero hanya bisa digunakan di versi Windows 7 Home Premium hingga Windows 7 Ultimate. 

Namun, sejak dirilisnya Windows 8 pada 2012, Microsoft secara langsung "membunuh" Windows Aero. Untuk sebagian pengguna Windows tentu kecewa dengan keputusan Microsoft tersebut, namun Microsoft punya salah satu alasan kuat yakni penggunaan Windows Aero tidak baik untuk masa hidup baterai ( menguras kinerja baterai ) dan Windows Aero juga salah satu penyebab Windows berjalan agak lambat ( untuk PC yang memiliki spek pas-pasan ).

Walapun begitu kalian yang menginginkan Windows Aero di Windows 8, 8.1 atau Windows 10 tidak perlu cemas karena ada salah satu software yang mampu mengembalikan Windows Aero ke Windows 8.1 bahkan Windows 10 yakni AeroGlass.

Full Glass

Dengan menggunakan AeroGlass, kalian dapat melihat kembalinya Windows Aero di Windows 8.1 / Windows 10. AeroGlass juga support terhadap tema Windows ataupun Custom Themes. Border pada aplikasi pun akan berubah menjadi Windows Aero dengan menggunakan AeroGlass.

AeroGlass Windows 8.1 / Windows 10

Walaupun begitu, AeroGlass memiliki sedikit kekurangan, contohnya saat kita melakukan Windows Update, terkadang AeroGlass tidak bisa digunakan dan muncul pesan error seperti  "DWM is incompatible with aero glass".

AeroGlass Windows 8.1

Memang masalah ini bisa diatas dengan mendownload symbols namun tetap saja cukup mengganggu karena harus mendownload symbols apabila terjadi error setelah menginstall update Windows.

Support Windows 8 / 8.1 dan Windows 10

AeroGlass juga support terhadapat OS terbaru dari Microsoft, Windows 8.1 dan Windows 10. Kalian akan dapat merasakan indahnya Windows Aero di Windows terbaru kalian. Dan hingga versi AeroGlass 1.3.1, AeroGlass Support Windows 10 Technical Preview Build 9926.


Namun tentu saja itu masih versi experimental, artinya AeroGlass untuk Windows 10 belum benar-benar support dan masih terdapat bug.

Penggunaan Memori

Penggunaan Memori AeroGlass cukup rendah dan tidak terlalu memakan banyak RAM. Berikut ini adalah pemakaian AeroGlass di Windows 8.1 milik saya.

Terdapat Versi "Free"

Developer AeroGlass melabeli softwarenya sebagai Donationware artinya untuk mendapatkan Full Service dari AeroGlass kalian harus mendonasikan beberapa euro kedevelopernya. berbeda dengan software Donationware lainnya karena AeroGlass "agak" bersifat memaksa melakukan donasi

Memang kalian tetap dapat menggunakan AeroGlass secara gratis di Windows 8.1 atau Windows 10 kalian tetapi dengan syarat kalian harus tahan dengan pesan warning serta watermark di desktop kalian. Terlebih lagi pesan tersebut sangat menganggu dan muncul berkali-kali setiap beberapa menit sekali. Watermarknya pun tidak enak dipandang mata.


Itulah mengapa AeroGlass ini disebut donationware tetapi memaksa. Sehingga lebih terlihat sebagai Shareware.

Namun, "harga" dari AeroGlass sendiri cukup murah, kalian hanya perlu membayar sekitar 3 Euro ( Sekitar 3,5 USD atau kisaran 40ribuan ) yang dibayarkan lewat paypal untuk mendapatkan AeroGlass. Kalian akan mendapatkan AeroGlass secara Full Version dan mendapatkan donation.key yang bisa kalian gunakan selamanya. 

Kelebihan

AeroGlass menawarkan fitur yang menarik untuk mengembalikan Windows Aero kedalam Windows 8.1 dan Windows 10. Harganya yang cukup murah dikantong tidak akan menghabiskan pundi-pundi uang kalian :)

Kekurangan

Dibilang donationware  sepertinya kurang tepat dan lebih mengarah ke shareware. Versi "Free" dari AeroGlass akan terus menerus menampilkan pesan warning berkali-kali dan juga watermark diujung kanan bawah desktop yang sangat menganggu.

Belum lagi ketika Windows Update kita harus hati-hati apabila ingin mendapatkan AeroGlass tanpa error. 

Kesimpulan

Jika dibandingkan dengan Windows Aero buatan Microsoft tentu saja AeroGlass bukan tandingannya. Windows Aero dari Microsoft lebih stabil dibandingkan AeroGlass. Sayangnya Windows Aero sudah tidak disupport oleh Microsoft dan kalian pecinta Windows Aero bisa mendapatkannya dengan mudah melalui AeroGlass. Tertarik mencoba ? :)

Note :

- Software yang di review didapat dari hasil membeli atau menggunakan secara trial dan bukan menggunakan crack / keygen / patch untuk menjaga objektivitas.

RELATED POSTS

0 comments:

Post a Comment

Saya menghargai setiap komentar yang masuk dan akan berusaha membalas setiap komentar yang ada selama kalian.

1. Membaca postingan sampai habis.
2. Membaca postingan yang ada di link download.
3. Biasakan mencari di google dahulu sebelum bertanya.
4. Tidak keluar dari topik.
5. Tidak menulis spesifikasi PC / Laptop.
6. Tidak promosi website ( akan dimasukkan ke Spam )

Berkomentar cukup sekali, semua komentar akan dimoderasi dulu oleh Admin.

 
Display Pagerank