Friday, February 27, 2015

[ REVIEW ] Daemon Tools Lite 5



[ REVIEW ] Daemon Tools Lite 5

Daemon Tools Lite adalah sebuah software untuk membuka / mount file berbagai macam format file image. Seperti ISO, MDX. MDS, MDF, CUE, BWT, NRG dan sebagainya. Daemon Tools Lite sudah banyak yang menggunakan karena kemudahannya. Selain itu Daemon Tools Lite juga mampu memmbuat Virtual Drive kedalam PC artinya, kalian yang tidak mempunyai DVD-ROM bisa membuka file ISO tanpa harus memburningnya terlebih dahulu dan memasukkannya kedalam DVD-ROM, cukup dengan di mount dengan Daemon Tools Lite, file ISO kalia bisa digunakan.

Nah Daemon Tools Lite sekarang sudah mencapai versi 5, berikut adalah beberapa perubahan yang dibawa oleh Daemon Tools Lite 5 :

- Mount file lebih cepat.
- Support untuk Mount file VHD, VMDK dan TruCrypt.
- Sudah support Windows 10.
- Support untuk semua arsitektur Windows x86 atau x64.
- Performa lebih maksimal.

Buat kalian yang belum pernah menggunakan Daemon Tools Lite, berikut adalah tutorial penggunaanya dimulai dari proses installasi Daemon Tools Lite.

A. Installasi Daemon Tools Lite Dengan Benar

1. Download Daemon Tools Lite terbaru disini 

2. Matikan Internet & Jalankan file Daemon Tools Lite sebagai Administrator, kemudian apabila kalian ingin mengubah bahasanya ke bahasa indonesia, klik pada pilihan Language dan pilih Indonesian setelah itu klik Next.

Daemon Tools Lite 5

3. Langkah selanjutnya adalah pemilihan lisensi. Di Daemon Tools Lite versi 5, Installernya sudah agak berbeda dalam menawarkan pemilihan lisensinya ( agak menjebak pengguna dengan menawarkan lisensi seumur hidup ). Apabila kalian hanya menggunakan Daemon Tools Lite untuk membuka file ISO, saya sarankan menggunakan versi gratisannya saja. Saat muncul pemilihan lisensi seperti gambar dibawah, kalian pilih pilihan "Proceed with Free License....."

Daemon Tools Lite 5

4. Langkah berikutnya adalah pemilihan fitur yang akan diinstall Daemon Tools Lite kedalam komputer kita. Fitur seperti 'Berkas Inti Daemon Tools Lite' dan 'SPTD 1.87' wajib diinstall di Daemon Tools Lite, 

Namun fitur seperti membuat Shortcut Desktop ( Jalan Pintas Desktop ) dan Shortcut Start Menu ( Jalan pintas start menu ) adalah fitur optional. Kalau kalian tidak ingin menampilkan Daemon Tools Lite di Desktop, cukup hilangkan saja centangan "Jalan Pintas Desktop". Jangan lupa hilangkan juga pilihan "Ijinkan Daemon Tools Lite mengirim semua statistik pengguna...". Dan jika sudah klik Berikut.

Berikut adalah pengaturan installasi Daemon Tools Lite 5 milik saya.

Daemon Tools Lite 5

5. Daemon Tools Lite akan secara Default menginstall kedalam lokasi dibawah ini. Kalian biarkan saja dan jangan diubah-ubah, setelah itu klik Instal untuk memulai proses installasi.

C:\Program Files\DAEMON Tools Lite

6. Setelah itu tunggu hingga proses installalasi.


 7. Saat proses installasi biasanya akan muncul gambar seperti dibawah ini. Tampilan dibawah muncul agar kalian menginstall SPTD dari Daemon Tools Lite. SPTD sendiri digunakan untuk membuat Virtual Drive dari Daemon, kalian klik Install Saja dan tunggu hingga proses selanjutnya.


Daemon Tools Lite 5

Daemon Tools Lite 5

Daemon Tools Lite 5

8. Nah, saat proses installasi, jika kalian menemukan tampilan seperti dibawah ini, kalian jangan klik Next ! tetapi klik Cancel ! jika kalian mengklik Next, kalian akan menginstall PUP ( Potential Unwanted Programs ) atau bisa disebut dengan Adware / Junkware. Ingat Klik Cancel !

Daemon Tools Lite 5

9. Nah jika sudah, Daemon Tools Lite akan terinstall didalam PC kalian, Oh iya, saya menyarankan kalian hilangkan centangan "Jalankan Daemon Tools Lite" dan klik Selesai. Setelah itu Reboot / Restart PC kalian. Tujuannya adalah Virtual Drive yang diinstall oleh SPTD tadi bisa berjalan dengan lancar, karena menginstall SPTD membutuhkan Reboot.

Daemon Tools Lite 5

10. Setelah reboot, kalian bisa langsung menggunakan Daemon Tools Lite. 

B. Cara Menggunakan Daemon Tools Lite

1. Berikut adalah contoh saat saya membuka file ISO dari Daemon Tools Lite. Saya klik 2x pada Desktop Icon Daemon Tools Lite, lalu akan muncul tampilan utama Daemon Tools Lite seperti dibawah ini :

2. Daemon menyediakan fitur untuk membuka file Image yakni :

- Tambah Image
- Muat Cepat

Daemon Tools Lite 5

Perbedaan antara tombol Tambah Image dengan Muat Cepat dari Daemon adalah, Tambah Image hanya memasukkan list file ISO kedalam Daemon Tools Lite namun tidak langsung di Mount / dibuka kedalam Virtual Drive. Untuk membukanya, kalian harus mengklik file Image yang sudah ada pada list Daemon Tools Lite kemudian tombol Muat ( yang berwarna hijau ).

Nah kalau kalian memilih tombol Muat Cepat, kalian akan diberi pilihan langsung untuk memasukkan file Image kedalam Daemon Tools Lite dan akan langsung di Mount secara otomatis tanpa harus menekan tombol Muat terlebih dahulu. Tinggal kalian pilih saja sesuai selera kalian.

Contohnya adalah dibawah ini saat saya memilih tombol Tambah Image, maka saya harus mengklik tombol Muat dahulu untuk membuka file ISO milik saya.

Daemon Tools Lite 5

Daemon Tools Lite 5

3. Jika kalian sudah selesai membuka file ISO milik kalian, klik kanan pada file ISO yang sedang dibuka dan pilih keluarkan. 

Daemon Tools Lite 5

4. Jangan lupa juga untuk menghapus cache file Image yang tadi sudah dibuka dengan Daemon Tools Lite, caranya adalah klik kanan pada file ISO di katalog Image dan pilih Hapus Item. Tujuannya adalah agar Daemon Tools Lite tidak membuka secara langsung file ISO yang sudah dibuka saat startup ( biasanya seperti itu diversi sebelumnya ).

C. Mengatur Daemon Tools Lite

Langkah terakhir adalah melihat pengaturan dari Daemon Tools Lite, sekarang buka pengaturan dari Daemon Tools Lite dan lihat dipengaturan Umum. 

Daemon Tools Lite 5

Didalam pengaturan umum kita lihat ada beberapa fitur seperi Pake Agen Tray, Muat Otomatis, Dan sebagainya.

Pake Agen Tray : Maksudnya adalah Daemon Tools Lite akan tetap berjalan pada system tray Windows ( itu yang letaknya dipojok kanan bawah layar Windows ).

- Muat Otomatis : Kalau yang ini, Daemon Tools Lite akan secara otomatis membuka file dari katalog Image sesaat setelah dibuka.

Saya sarankan kalian untuk menggunakan pengaturan seperti dibawah ini dan jika sudah klik Terapkan lalu klik Tutup.

Daemon Tools Lite 5
Kelebihan

Saya sudah bertahun-tahun menggunakan Daemon Tools Lite sejak Windows XP dan Windows 7. Untuk pengguna Windows XP dan Windows 7, Daemon Tools Lite cukup berguna untuk membuka file Image seperti ISO. Terlebih lagi di versi 5 ini Daemon Tools Lite loading lebih cepat. Tampilannya pun tidak banyak berubah dan juga sudah support Bahasa Indonesia.

Kekurangan

Sayanganya Daemon Tools Lite masih menawarkan Adware / Junkware untuk versi Gratisannya. Memang hal itu wajar mengingat yang kita gunakan versi Freeware namun tetap saja Junkware yang ditawarkan seperti jebakan betmen. Hal ini menjadi makanan empuk Daemon Tools Lite untuk pengguna yang kurang bergitu mengerti komputer.

Untuk Pengguna Windows 8 / Windows 8.1, Daemon Tools Lite sendiri sebenarnya sudah tidak perlu digunakan lagi karena Windows 8 / 8.1 sudah memiki integrasi dengan beberapa file image seperti ISO. 

Kesimpulan

Untuk pengguna Windows 7 kebawah, Daemon Tools Lite sangat wajib digunakan karena Windows tersebut belum menyediakan fitur integrasi dengan file Image. Daemon Tools Lite versi 5 juga sudah lebih cepat dibandingkan versi sebelumnya walaupun masih terdapat Adware didalamnya.

RELATED POSTS

2 comments:

Saya menghargai setiap komentar yang masuk dan akan berusaha membalas setiap komentar yang ada selama kalian.

1. Membaca postingan sampai habis.
2. Membaca postingan yang ada di link download.
3. Biasakan mencari di google dahulu sebelum bertanya.
4. Tidak keluar dari topik.
5. Tidak menulis spesifikasi PC / Laptop.
6. Tidak promosi website ( akan dimasukkan ke Spam )

Berkomentar cukup sekali, semua komentar akan dimoderasi dulu oleh Admin.

 
Display Pagerank