Tuesday, December 2, 2014

Kenapa Sih Windows Punya Banyak Virus ?



Kenapa Sih Windows Punya Banyak Virus ?

Kenapa Sih Windows Punya Banyak Virus ?

Kita semua sudah tahu bahwa Windows memiliki banyak virus dibandingkan sistem operasi lainnya. Benar jika ada yang bilang Windows memiliki banyak virus karena lebih populer dibandingkan dengan OS X ataupun GNU / Linux. Namun, itu cuma salah satu alasan mengapa Windows memiliki banyak virus. 

Sistem Operasi Paling Populer

Menjadi Sistem Operasi paling populer di seluruh dunia memag tidak mudah. Windows menjadi makanan empuk para attacker untuk menyerang Windows. Bayangkanlah kalian menjadi seorang hacker yang ingin mencuri data pengguna dengan mengunakan keylogger, kalian tentunya akan memilih sasaran yang paling banyak dibandingkan yang sedikit bukan ?

Faktor Sejarah Windows

Dari dulu, Windows sebenarnya bukan di desain untuk keamanan. Hal ini berbeda dengan OS berbasis UNIX seperti Linux dan Mac OS X dimana sistem operasi tersebut dibuat untuk multi-user yang mengizikan pengguna untuk membuat akun baru dengan perzinan yang terbatas. Sedangkan di versi asli Windows tidak begitu.

DOS ( nenek moyanganya OS Windows ) adalah sistem operasi Windows berbasis single user. Windows 3.1 95, 98 dan ME adalah salah satu turunan dari DOS. Memang kelihatannya sudah memiliki GUI yang cantik, namun Windows tetaplah DOS yang mana tetap sebagai single-user OS yang mana dahulu tidak memiliki keamanan yang mumpuni seperti perizinan file, dan sebagainya.

Hal ini berbanding terbalik semenjak dirilisnya Windows NT. Windows NT ini adalah inti dari Sistem Operasi Widnows saat ini seperti Windows 200, XP. Vista, 7 hingga Windows 10. Windows NT sudah mendukung multi-user dan memiliki tingkat keamanan yang lebih baik dibandingkan DOS.

Bagaimanapun juga Microsoft sebenarnya tidak pernah merilis Windows untuk keamanan sampai pada masanya Windows XP SP2. Windows XP memang sudah mendukung multi-user, namun semua pengguna Windows XP yang menggunakan Windows XP tersebut bertindak sebagai Administrator. berbeda dengan Windows 7 yang bisa kita atur perizinan pengguna sebagai "Guest" atau "Administrator".

Dipostingan sebelumnya saya pernah menjelaskan tentang Firewall. Firewall baru benar-benar muncul di Windows XP SP2. Yang mana sebelum munculnya Service Pack 2 untuk Windows XP, Wndows XP menjadi target empuk disebarnya Worms.

Contoh lainnya adalah fitur Autorun di Windows XP. Dengan adanya Autorin, Windows akan secara otomatis akan menjalankan setiap perangkat yang masuk ke PC. Ini juga menjadi salah satu alasan keamanan kenapa Windows dapat terserang virus dengan mudah. Hingga sekarang saja masih banyak pengguna Windows yang terkena virus melalui Autorun ini.

Tidak Adanya Tempat Download Aplikasi Resmi

Berbeda dengan Android, Distro Linux dan Mac OS X, Windows tidak memiliki tempat download secara resmi untuk mendownload berbagai konten aplikasi penunjang. Cobalah tengok Android dengan Google Playstorenya, Ubuntu dengan Ubuntu Software Centernya atau Mac OS X dengan Apple AppStorenya. Mereka semua memiliki tempat download aplikasi resmi yang langsung dikelola oleh vendor masing-masing demi keamanan pengguna.

Di Windows, pengguna harus mendownload dari berbagai macam situs download. Itu pun kalau situs downloadnya bisa dipercaya seperti Softpedia, Majorgeeks atau Filehorse. Sebagian pengguna Windows yang didominasi oleh pengguna biasa mendownload aplikasi dari situs yang kurang terpercaya. Bahkan akhir-akhir ini pengguna sering "dijejali" dengan link download palsu. Bukannya mendownload software malah mendownload malware !

Microsoft memang menjawab kritikan tersebut dengan merilis Windows Store untuk Windows 8. Namun Windows Store tidak mencakup untuk aplikasi Desktop dan juga kebanyakan aplikasi-aplikasi Windows Store tidak terlalu berguna.

Microsft Menjawab Kritikan

Secara langsung Microsoft menjawab berbagai macam kritikan untuk Sistem Operasinya dari tahun demi tahun. Salah satu contoh yang paling fenomenal adalah dengan merilis fitur UAC atau User Account Control di Windows hingga yang paling gress adalah merilis Antivirus sendiri di Windows 8. Kita lihat saja apakah Microsoft mampu menjawab kritikan tersebut di sistem operasi terbarunya nanti dengan merilis tingkat keamanan terbaru.

Kesimpulan

Sesungguhnya masih banyak faktor yang menyebabkan kenapa Windows menjadi OS yang paling rentan diserang virus. Namun dengan semakin banyaknya fitur keamanan yang terus diperbaiki Microsoft, bukan tidak mungkin Windows akan jauh lebih aman dari Windows versi sekarang.

Pengguna Windows juga tidak bisa hanya berpangku tangan ke Microsoft. Pengguna Windows harus lebih mengetahui tentang keamanan komputer agar komputernya lebih aman dari serangan virus. Atau jika kalian ingin cara paling mudah, tinggal migrasi saja ke sistem operasi lainnya seperti GNU Linux & Mac OS X.

RELATED POSTS

0 comments:

Post a Comment

Saya menghargai setiap komentar yang masuk dan akan berusaha membalas setiap komentar yang ada selama kalian.

1. Membaca postingan sampai habis.
2. Membaca postingan yang ada di link download.
3. Biasakan mencari di google dahulu sebelum bertanya.
4. Tidak keluar dari topik.
5. Tidak menulis spesifikasi PC / Laptop.
6. Tidak promosi website ( akan dimasukkan ke Spam )

Berkomentar cukup sekali, semua komentar akan dimoderasi dulu oleh Admin.

 
Display Pagerank