Wednesday, November 26, 2014

Cape Bersihin Virus di Komputer ? Udah Install Ulang Saja !



Virus di Komputer

Cape Bersihin Virus di Komputer ? Udah Install Ulang Saja !

Virus Komputer adalah salah satu musuh utama pengguna komputer. Karena apabila PC terinfeksi virus, PC bisa menjadi error, berjalan tidak semestinya hingga yang terburuk adalah kehilangan data. Dan saya rasa, hampir semua pengguna komputer pernah merasakan perangkat komputernya terinfeksi Virus. 

Beberapa pengguna komputer berusaha untuk menghapus virus-virus tersebut dengan berbagai macam Antivirus. Bahkan ada yang rela menghabiskan waktu berjam-jam hingga berhari-hari hanya untuk memastikan PC mereka benar-benar "bersih" dari virus. Namun terkadang hal itu bukan ide yang bagus, karena kita tidak pernah tahu apakah Antivirus yang kita gunakan untuk menghapus virus benar-benar menghapus virus hingga ke akar-akarnya atau malah setelah di Full Scan malah menambah masalah di PC.

Jika Antivirus saya mendeteksi virus yang sangat banyak, Saya sendiri cenderung memilih untuk Install Ulang daripada virus tersebut "nyangkut" di PC. Harus saya akui bahwa install ulang sangat menyakitkan karena kita harus memulai segalanya dari awal, namun ada beberapa alasan bahwa terkadang Install Ulang lebih baik daripada melakukan Full Scan di PC.

1. Virus Semakin Pintar

Tahukah kalian alasan mengapa semua antivirus wajib berjalan pada Startup ? Alasannya adalah untuk mencegah program jahat tersebut semakin menginsfeksi PC kalian lebih jauh lagi. Contohnya apabila dari awal menyalakan komputer saja sudah terinfeksi, apalagi sesudah 1 jam menyalakan komputer ? pasti lebih bahaya lagi.

Baca Juga :


Bukan cuma itu, Malware saat ini bisa "mengundang kawan-kawannya" untuk masuk kedalam PC kita, Memang pada saat scanning kita menemukan beberapa malware, tapi tetap saja kita ada sedikit perasaan tidak yakin bahwa Malware tersebut adalah satu-satunya yang ada di PC kita bukan ?

Antivirus [ Image by HTG ]

2. Tidak Ada Antivirus yang Sempurna

Saya sangat yakin sekali bahwa tidak ada program Antivirus yang sempurna di dunia ini. Semua antivirus pasti mempunyai kelemahan dan salah satu kelemahannya adalah harus update setiap hari. Apabila Antivirus tersebut tidak di update beberapa minggu saja, pastinya Antivirus tersebut akan terlihat usang dan tidak bisa mendeteksi untuk virus-virus jenis baru yang muncul ribuan setiap harinya.

Baca Juga :

3. Proses Scanning Memakan Waktu yang Lama

Menghabiskan waktu berjam-jam didepan komputer untuk menunggu antivirus membersihkan virus adalah hal yang "konyol". Kita sebagai manusia mempunyai aktivitas lainnya daripada cuma melihat layar monitor. 

Terlebih lagi kalian terinfeksi ratusan atau ribuan virus di PC, pasti proses scanning-nya memakan waktu yang cukup lama. Itu juga belum ada jaminan bahwa PC benar-benar bersih dari Virus.

4. Menambah Masalah

Mungkin hal ini salah satu bagian yang paling mengesalkan. Saya sendiri pernah menghapus virus menggunakan salah satu antivirus dari vendor tertentu. Dan setelah proses scanning & deleting Antivirus selesai, yang ada komputer saya muncul berbagai macam pesan error. Bahkan yang terburuk adalah tidak bisa masuk Windows atau Booting sama sekali !

Install Ulang Adalah Solusi Terbaik...

Install Ulang adalah salah satu solusi terbaik apabila PC kalian benar-benar terinfeksi virus yang sangat banyak. Install Ulang Windows saat ini sangatlah mudah bahkan untuk dipelajari oleh newbie sekalipun !

Berbeda dengan Install Ulang beberapa tahun yang lalu yang memakan waktu yang lama. Di Sistem Operasi Windows terbaru seperti Windows 7 & Windows 8, install ulang hanya memakan waktu tidak sampai 1 jam, bahkan kurang dari setengah jam. Cara Install Ulang Windows juga bisa kalian temui di google. Apabila masih kurang juga, kalian bisa melihat demo videonya di YouTube.

Saat kalian install ulang, File Sistem Windows kalian yang terinfeksi akan benar-benar dihapus dan digantikan dengan file sistem yang baru yang masih bersih dari virus. Mungkin hal yang agak membuat pengguna komputer malas adalah menginstall program-program satu persatu dari awal. Tetapi menurut saya itu bagus, terlebih kalian mendownload software-software tersebut dari situs-situs download yang terpercaya seperti Softpedia, Softexia, Majorgeeks yang bersih dari virus.

Baca Juga :


RELATED POSTS

4 comments:

  1. tapi kalau terlalu sering install ulang dapat merusak dan mengurangi usia hardwarenya

    ReplyDelete
  2. Kalau android gimana? Androidku kena virus yg sulit di hapus. Di hapus malah. Layarnya diam

    ReplyDelete

Saya menghargai setiap komentar yang masuk dan akan berusaha membalas setiap komentar yang ada selama kalian.

1. Membaca postingan sampai habis.
2. Membaca postingan yang ada di link download.
3. Biasakan mencari di google dahulu sebelum bertanya.
4. Tidak keluar dari topik.
5. Tidak menulis spesifikasi PC / Laptop.
6. Tidak promosi website ( akan dimasukkan ke Spam )

Berkomentar cukup sekali, semua komentar akan dimoderasi dulu oleh Admin.

 
Display Pagerank