Thursday, November 6, 2014

Benarkah Game Booster Dapat Mempercepat Kinerja Gaming ?



Game Booster

Apakah Game Booster Benar-Benar Mempercepat Kinerja Gaming ?

Game Booster, sebuah software yang diklaim dapat mempercepat kinerja PC saat bermain game. Beberapa gamer awam sudah menggunakannnya, namun apakah benar software game booster ini dapat mempercepat kinerja PC saat kita bermain game ? berikut adalah penjelasan dari HowToGeek yang sudah diterjemahkan oleh Software182 dengan sedikit perubahan.

Akhir-akhir ini saya melihat di media sosial sebagian gamer menggunakan sebuah software Game Booster yang diklaim dapat mengoptimalkan kinerja PC. Menarik bukan ? Lihat penjelasan sebenarnya dibawah.

"Game Booster", Bagaimanakah Cara Kerjanya ?

Game Booster yang cukup banyak digunakan dan biasanya ditawarkan software gratis dari masing-masing pembuatnya.  Selain itu, Game Booster akan mengizinkan kamu untuk membuka game melalui Game Booster tersebut. Saat kalian dalam Mode Game di Game Booster, Game Booster akan mematikan semua program yang berjalan di background pada komputer kalian. 

Fitur “one-click optimization” adalah inti dari aplikasi ini, walaupun masih ada beberapa fitur yang lain. Seperti Driver Updater yang akan memberitahu kalian bahwa Driver VGA kalian sudah Outdated / Lama dan secara otomatis akan mengupdate driver VGA kalian.

Game Booster juga akan menampilkan informasi pada kalian program apa saja yang ditutup saat kalian menggunakan "Game Mode" dan mengembalikan program yang dimatikan tersebut saat kalian mematikan "Game Mode" pada game booster.

Namun benarkah demikian ? Kita lihat tes secara langsung dibawah ini saat sebuah game dijalankan dengan Game Booster dan Tanpa Game Booster.

Hasil Menjalankan Game Dengan Game Booster & Tanpa Game Booster

Berikut adalah hasil dari HowToGeek yang sudah menjalankannya dengan settingan Grafis Tinggi :

Batman: Arkham Asylum ( Tanpa Game Booster )

Minimum: 31 FPS
Maximum: 62 FPS
Average: 54 FPS

Batman: Arkham Asylum (Denga Game Booster)

Minimum: 30 FPS
Maximum: 61 FPS
Average: 54 FPS


Cukup menarik, benchmark menunjukan penurunan yang sedikit saat menggunakan Game Booster. Jadi, pada kenyataanya Game Booster tidak benar-benar mempercepat kinerja PC saat game, yang ada malah memperlambatnya. 

Perhatikan, hasil diatas tidak bisa sama pada setiap komputer. Pada komputer yang memiliki ratusan program yang berjalan di background, hal ini "mungkin" akan berpengaruh sedikit namun buat yang hanya memiliki beberapa program akan tidak terasa sama sekali.

Lalu, Apakah Game Booster Benar-Benar berguna ?

Game Booster hanya melakukan apa yang kalian bisa lakukan secara manual. Contohnya begini, apabila kalian memiliki IDM di system tray atau background, cukup matikan saja IDM tersebut saat kalian akan menjalankan Game dan nyalakan kembali saat kalian membutuhkan IDM. 

Dalam komputer modern, program-program yang berjalan di background tidak banyak membutuhkan sumber daya yang terlalu banyak, bahkan terkadang menunjukan 1% atau 2% pada CPU Usage. Tidak percaya ? coba kalian cek saja di Task Manager kalian sendiri. Namun jika memang tiba-tiba CPU Usage kalian menunjukan penaikan yang cukup cepat ( tiba-tiba 100% dengan sendirinya ) mungkin PC kalian terinfeksi dengan program jahat tertentu.

Kesimpulan 

Jadi pada intinya, Game Booster tidak benar-benar dibutuhkan oleh kalian para gamer yang ingin memaksimalkan pengalaman Gaming di PC kalian. Memang ada beberapa fitur yang cukup berguna dari Game Booster seperti merekam Video saat bermain game, namun fitur "Game Mode" tidak terlalu berguna. Terlebih, bagi kalian yang sudah memiliki PC dengan Prosessor Quad-Core, RAM 8 GB dan VGA Minimal 1 GB 256 Bit, Game Booster ini hanya akan menjadi aplikasi yang tidak berguna.

Saya rasa untuk mempercepat kinerja game kalian adalah dengan mengupgrade PC kalian seperti menambah RAM, Membeli prosessor terbaru yang lebih cepat, menggunakan kartu grafis eksternal serta menggunakan SSD sebagai media penyimpanan game kalian.

Jadi, masih menggunakan Game Booster ?

RELATED POSTS

3 comments:

  1. wah ente emang bener gan gue gak terlalu percaya dengan software begituan, gue lebih percaya sama upgrade speck komputer :v
    ini sama dengan kasusnya cara mempercepat internet dengan bantuan software gue malahan lebih percaya dengan upgrade paket :v

    software2 di atas itu kebanyakan ilusi

    ReplyDelete
  2. berarti gua pake cuman memperlambat aja

    ReplyDelete

Saya menghargai setiap komentar yang masuk dan akan berusaha membalas setiap komentar yang ada selama kalian.

1. Membaca postingan sampai habis.
2. Membaca postingan yang ada di link download.
3. Biasakan mencari di google dahulu sebelum bertanya.
4. Tidak keluar dari topik.
5. Tidak menulis spesifikasi PC / Laptop.
6. Tidak promosi website ( akan dimasukkan ke Spam )

Berkomentar cukup sekali, semua komentar akan dimoderasi dulu oleh Admin.

 
Display Pagerank