Tuesday, November 11, 2014

Cara Membuat File ISO Bootable Windows 7 / 8 Dengan IMGBurn



Cara Membuat File ISO Bootable

Cara Membuat File ISO Bootable Dengan IMGBurn

Terkadang kita pernah menemui masalah yakni file ISO Windows yang tidak mau booting padahal sudah di burn atau dibuat bootable kedalam DVD atau FlashDisk. Bisa jadi masalahnya terdapat didalam file ISO itu sendiri yang memang tidak dibuat bootable.

Atau selain masalah diatas kalian pernah membuat bootable Windows kedalam FlashDisk, namun DVD Windows kalian yang tadinya dibuat bootable rusak, sehingga hanya tersisa file serta folder installasi Windows didalam flashdisk. Tidak mungkin juga kan kalian menyimpan file & folder tersebut selamanya didalam flashdisk ? ada baiknya diubah lagi saja menjadi file ISO Bootable.

Atau bisa juga kalian yang ingin mengubah installasi Windows kalian yang ada difile ISO, kalian juga bisa menggunakan cara ini.

Berikut adalah tutorial membuat file ISO dari folder installasi Windows dengan menggunakan IMGBurn

1. Download & Install software IMGBurn [ Download Disini ]. Pastikan kalian menginstallnya tanpa koneksi Internet, karena jika menggunakan koneksi Internet, Software IMGBurn akan menawarkan software tambahan ( Junkware ) yang tidak bermanfaat. IMGburn bersifat Freeware, jadi tidak perlu menggunakan Serial Number :D.

2. Perhatikan susunan file & folder pada gambar dibawah, biasanya susunan file & folder dibawah adalah susunan untuk file Windows. Dalam contoh kali ini, saya menggunakan file & folder dari file ISO Windows 8.1 yang sudah saya ekstrak.

Sekarang salin semua file & folder dibawah lalu buat folder baru bernama "Windows 8.1 Terbaru" dan masukkan semua file & folder yang tadi sudah disalin / copy kedalam folder "Windows 8.1 Terbaru" yang sudah kita buat.

Cara Membuat File ISO Bootable Dengan IMGBurn

3. Buka aplikasi IMGBurn yang sudah diinstall dan pilih "Create Image from Files & Folders". Masukkan lokasi folder "Windows Terbaru" yang tadi kalian buat melalui Browse for a Folder. Dan pada kolom Destination, kalian pilih lokasi penyimpanan file ISO yang akan kalian buat ( terserah dimana ).

Cara Membuat File ISO Bootable Dengan IMGBurn

4. Sekarang kalian pindah ke tab Advanced --> Bootable Disk dan centang pada kotak Make Image Bootable. Emulation Type kalian tetap pilih None ( jangan diubah-ubah ).

5. Pada kolom Boot Image, kalian masukkan file etfsboot.com, file tersebut terdapat didalam file & folder installasi Windows yang akan kalian buat. Lebih tepatnya letaknya di folder Boot ( Lihat gambar di langkah 2 diatas, ada folder yang namanya Boot bukan ? ). 

6. Dibagian Sectors To Load, kalian ganti keangka 8. Angka 8 digunakan apabila kalian ingin membuat file ISO Bootable Windows 7, Windows 8/8.1 atau Windows 10, sedangkan apabila kalian ingin membuat file ISO Bootable Windows XP atau Windows Vista, kalian biarkan ke angka 4.

7. Dibagian Load Segment tetap pada pilihan 07C0. Dan jika sudah maka hasilnya seperti dibawah ini. Jika sudah, kalian klik pada tombol Build ( yang dikotak merah ).

Cara Membuat File ISO Bootable Dengan IMGBurn

8. Lalu akan muncul tampilan seperti dibawah, kalian klik Yes dan Ok. Lalu kalian tunggu sampai proses selesai. Biasanya hanya memakan waktu 1 atau 3 menit tergantung dari besarnya file.

Cara Membuat File ISO Bootable Dengan IMGBurn

Cara Membuat File ISO Bootable Dengan IMGBurn

Cara Membuat File ISO Bootable Dengan IMGBurn

9. Setelah selesai kalian akan mendapatkan pesan sukses seperti dibawah. 

Cara Membuat File ISO Bootable Dengan IMGBurn

10. Bagaimana ? Mudahkan ? Sekarang kalian bisa meng-custom OS Windows kalian sendiri dan kemudian membuat lagi bootable Image-nya dengan IMGBurn.

Note

- Cara ini bisa digunakan untuk Windows 7 keatas ( Windows 8 / 8.1 / 10 ).

RELATED POSTS

0 komentar:

Post a Comment

Saya menghargai setiap komentar yang masuk dan akan berusaha membalas setiap komentar yang ada selama kalian.

1. Membaca postingan sampai habis.
2. Membaca postingan yang ada di link download.
3. Biasakan mencari di google dahulu sebelum bertanya.
4. Tidak keluar dari topik.
5. Tidak menulis spesifikasi PC / Laptop.
6. Tidak promosi website ( akan dimasukkan ke Spam )

Berkomentar cukup sekali, semua komentar akan dimoderasi dulu oleh Admin.

 
Display Pagerank