Tuesday, November 11, 2014

Cara Membuat File ISO Bootable Windows 7 / 8 Dengan IMGBurn



Cara Membuat File ISO Bootable

Cara Membuat File ISO Bootable Dengan IMGBurn

Terkadang kita pernah menemui masalah yakni file ISO Windows yang tidak mau booting padahal sudah di burn atau dibuat bootable kedalam DVD atau FlashDisk. Bisa jadi masalahnya terdapat didalam file ISO itu sendiri yang memang tidak dibuat bootable.

Atau selain masalah diatas kalian pernah membuat bootable Windows kedalam FlashDisk, namun DVD Windows kalian yang tadinya dibuat bootable rusak, sehingga hanya tersisa file serta folder installasi Windows didalam flashdisk. Tidak mungkin juga kan kalian menyimpan file & folder tersebut selamanya didalam flashdisk ? ada baiknya diubah lagi saja menjadi file ISO Bootable.

Atau bisa juga kalian yang ingin mengubah installasi Windows kalian yang ada difile ISO, kalian juga bisa menggunakan cara ini.

Berikut adalah tutorial membuat file ISO dari folder installasi Windows dengan menggunakan IMGBurn

1. Download & Install software IMGBurn [ Download Disini ]. Pastikan kalian menginstallnya tanpa koneksi Internet, karena jika menggunakan koneksi Internet, Software IMGBurn akan menawarkan software tambahan ( Junkware ) yang tidak bermanfaat. IMGburn bersifat Freeware, jadi tidak perlu menggunakan Serial Number :D.

2. Perhatikan susunan file & folder pada gambar dibawah, biasanya susunan file & folder dibawah adalah susunan untuk file Windows. Dalam contoh kali ini, saya menggunakan file & folder dari file ISO Windows 8.1 yang sudah saya ekstrak.

Sekarang salin semua file & folder dibawah lalu buat folder baru bernama "Windows 8.1 Terbaru" dan masukkan semua file & folder yang tadi sudah disalin / copy kedalam folder "Windows 8.1 Terbaru" yang sudah kita buat.

Cara Membuat File ISO Bootable Dengan IMGBurn

3. Buka aplikasi IMGBurn yang sudah diinstall dan pilih "Create Image from Files & Folders". Masukkan lokasi folder "Windows Terbaru" yang tadi kalian buat melalui Browse for a Folder. Dan pada kolom Destination, kalian pilih lokasi penyimpanan file ISO yang akan kalian buat ( terserah dimana ).

Cara Membuat File ISO Bootable Dengan IMGBurn

4. Sekarang kalian pindah ke tab Advanced --> Bootable Disk dan centang pada kotak Make Image Bootable. Emulation Type kalian tetap pilih None ( jangan diubah-ubah ).

5. Pada kolom Boot Image, kalian masukkan file etfsboot.com, file tersebut terdapat didalam file & folder installasi Windows yang akan kalian buat. Lebih tepatnya letaknya di folder Boot ( Lihat gambar di langkah 2 diatas, ada folder yang namanya Boot bukan ? ). 

6. Dibagian Sectors To Load, kalian ganti keangka 8. Angka 8 digunakan apabila kalian ingin membuat file ISO Bootable Windows 7, Windows 8/8.1 atau Windows 10, sedangkan apabila kalian ingin membuat file ISO Bootable Windows XP atau Windows Vista, kalian biarkan ke angka 4.

7. Dibagian Load Segment tetap pada pilihan 07C0. Dan jika sudah maka hasilnya seperti dibawah ini. Jika sudah, kalian klik pada tombol Build ( yang dikotak merah ).

Cara Membuat File ISO Bootable Dengan IMGBurn

8. Lalu akan muncul tampilan seperti dibawah, kalian klik Yes dan Ok. Lalu kalian tunggu sampai proses selesai. Biasanya hanya memakan waktu 1 atau 3 menit tergantung dari besarnya file.

Cara Membuat File ISO Bootable Dengan IMGBurn

Cara Membuat File ISO Bootable Dengan IMGBurn

Cara Membuat File ISO Bootable Dengan IMGBurn

9. Setelah selesai kalian akan mendapatkan pesan sukses seperti dibawah. 

Cara Membuat File ISO Bootable Dengan IMGBurn

10. Bagaimana ? Mudahkan ? Sekarang kalian bisa meng-custom OS Windows kalian sendiri dan kemudian membuat lagi bootable Image-nya dengan IMGBurn.

Note

- Cara ini bisa digunakan untuk Windows 7 keatas ( Windows 8 / 8.1 / 10 ).

RELATED POSTS

35 comments:

  1. Mau tanya saya baru saja mempraktikkan tutorial cara membuat Bootloader Win 7 yang ada di sini. Setelah selesai saya burn lalu saya coba untuk Install ke komputer tetapi setelah tahap 1 proses install dilalui pada tahap kedua ketika akan masuk ke pilihan agreement (setelah pilih bahasa, Keyboard) ada kesalahan/error yang bunyinya "Driver can not found" apa ini karena boot image-nya apa karena yg lain padahal boot image-nya sudah sesuai petunjuk pada tutorial ini.. Mohon Penjelasannya...Thnks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sudah sesuai dengan tutor diatas seharusnya ga masalah, biasanya kalau kayak gitu pas proses burning file ISO ke dvd terlalu cepat jadi file ISo yang keburning kurang sempurna, coba pakai kecepatan 8x. Saya juga pernah ngalamin kok, pas setelah burning dengan kecepatan 8x bisa.

      Delete
  2. Ass,, thankyou bang admin ats tutorial dan aplikasinnya,, saya suda praktekkan sesuai instruksi bang admin dan alhamdulillah sukses di windows 8.1 versi 32 bit,, tapi stelah sya coba buat image lagi di windosw 8.1 versi 64 bit stelah proses selesai sya cek di folder destinasinya dan syukur ISO filenya jadi tapi kok ada muncul satu file lain,, namanya MDS file. kok bisa muncul MDS file itu bang admin,, Tolong pencerahanya,, Makasih......

    ReplyDelete
    Replies
    1. aman kok, memang setiap file yang dibuat dari IMGBurn, MDS berisi setiap informasi yanga ada di file ISO ( Sector, dll ). Biasanya buat dibuka di Virtual Drive macem daemon tools.

      Delete
  3. setelah keliling di google,., akhirnya ketemu,., terima kasih bang admin,.??? salam kenal yaa,.,

    ReplyDelete
  4. gan kok saya gagal ya

    saat saya boot dengan Qemu simple boot erorr
    ada pesan gagal mencari bootmgr

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi ente belom masukin boot image di langkah ke5 atau ada langkah yang kelewat. Coba diperhatikan lagi langkah-langkahny

      Delete
  5. Gan klo win xp sp3 prnh coba nggak? Bisa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baca postingan, di langkah ke-6 disitu udah jelas settingan buat Windows XP.

      Delete
  6. Gan, kalo nginstal win7 dari file yang ada langsung di komputer yang mau diinstal masalag gak?

    ReplyDelete
  7. gan kalau mau buat instal windows usb gimana caranya ?

    ReplyDelete
  8. Mkasih gan, ane terbantu dgn tutorial ini

    ReplyDelete
  9. om kalo burn driver pack bisa gak, caranya gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ukuran Drp saat ini udah terlalu besar, jadi kalau mau di burn bisa sampe 3 DVD

      Delete
  10. gan kalau kita mau buat file .iso dari windows kita sendiri bisa gak ? windows saya kan udah di update ke yang terbaru, jadi saya mau backup windows nya biar kalau nanti rusak gak harus download iso + update lagi.

    ReplyDelete
  11. punya aku kok file iso nya cuma 29mb harusnya kan 2gb lebih? kenapa ya mas?

    ReplyDelete
  12. Permisi mas,mau tanya.Kenapa setelah dijadikan file iso.Kok ukurannya mencapai 8 gb.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba ente lihat didalam file isonya apa ada file iso lagi atau gak

      Delete
  13. Sebenernya cara nyari folder windiwsnya dimana ya?Soalnya saya sendiri letemu foldernya tuh di local disc c.kira kira itu benar gk mas?Oh ya saya pengguna w.7

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya bukanlah, coba baca postingan lagi.. disitu sudah saya jelaskan.

      Delete
  14. mas punya ane ko filenya malah numpuk di local disknya gak ke bawa di CDnya gimana mas. padahal caranya yang di atas sudah saya ikuti semaksimal dan sebaik mungkin. jadi walau gak ada CDnya kalau di buka local disknya itu ada file windowsnya itu.
    gimana mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan yang ada di local disk, dari susunannya saja sudah beda.

      Delete
  15. gan dari tutorial diatas saya sukses mengcostume OS Windows 10, tetapi file ISO nyo kenapa hanya berukuran MB, sedangkan filenya OS Windows 10 berukukan 4GB???

    ReplyDelete

Saya menghargai setiap komentar yang masuk dan akan berusaha membalas setiap komentar yang ada selama kalian.

1. Membaca postingan sampai habis.
2. Membaca postingan yang ada di link download.
3. Biasakan mencari di google dahulu sebelum bertanya.
4. Tidak keluar dari topik.
5. Tidak menulis spesifikasi PC / Laptop.
6. Tidak promosi website ( akan dimasukkan ke Spam )

Berkomentar cukup sekali, semua komentar akan dimoderasi dulu oleh Admin.

 
Display Pagerank