Saturday, November 29, 2014

Apakah Mungkin Untuk Menghack Jaringan Wi-Fi ?



Jaringan Wi-Fi

Apakah Mungkin Untuk Menghack Jaringan Wi-Fi ?

Well, saya sering sekali melihat pertanyan-pertanyaan yang ada dibeberapa grup komputer facebook yakni "Apakah bisa kita meng-hack jaringan Wi-Fi ?". Kalian juga pasti pernah melihat pertanyaan tersebut atau mungkin malah kalian yang pernah bertanya tentang pertanyaan tersebut. Oleh karena itu saya akan membahas sedikit tentang kemungkinan seseorang untuk meng-hack jaringan Wi-Fi. Dalam artikel ini saya sadur dari HowToGeek yang sudah saya terjemahkan kedalam Bahasa Indonesia dengan sedikit perubahan. Semoga bermanfaat.

Pertanyaan

Salah seorang anggota dari SuperUser yang bernama Sec pernah mengeluarkan pertanyaan tentang kemungkinan seseorang untuk meng-hack jaringan Wi-Fi :

"Saya pernah mendengar dari salah seorang teknisi ekspert di salah satu perusahaan komputer terpercaya bahwa seseorang bisa meng-hack jaringan Wi-Fi dengan menggunakan salah satu Tools dari Sistem Operasi Kali Linux dan juga dengan menggunakan tutorial dari internet.

Walaupun jaringan Wi-Fi tersebut memiliki :

- Password jaringan yang rumit.
- Password router yang rumit.
- Menyembunyikan jaringan wi-fi ( hidden ).
- Memfilter MAC Adress ( Mac Filtering ).

Kalau memang benar bisa, apakah itu mungkin ? dan bagaimana cara mereka melewati pengamanan tersebut ? lalu bagaimana pula cara agar jaringan Wi-Fi kita aman dari tindakan usil hacker ?"

Jawaban

Disini ada 2 jawaban dari kontributor SuperUser, yakni yang pertama dari Davidgo & Reirab. Jawaban pertama akan dijawab oleh Davidgo.

Jawaban Pertama Dari Davidgo

Benar, Sangat mungkin seseorang untuk meng-hack jaringan Wi-Fi.

Dalam jaringan Wi-Fi ada beberapa standar enkripsi yang digunakan sebagai pengaman, termasuk WEP, WPA, dan WPA2. Jika kalian menggunakan WEP, walaupun jaringan Wi-Fi kalian menggunakan password yang rumit, tetap saja bisa ditembus. Namun hal ini berbeda apabila kalian sudah menggunakan WPA & WPA2, kedua sistem pengamanan tersebut "lebih sulit" untuk ditembus. Walaupun begitu, penggunaan password yang rumit juga masih ada kemungkinan untuk di-crack dengan metode Brute-Force. Salah seorang hacker terkemuka Moxy Marlispike, menawarkan jasa untuk hack Wi-Fi melalui Cloud-Computing sebesar $30 ( sekitar Rp 300.000-an ), namun tidak ada jaminan hal itu bisa berhasil.

Penggunaan Password rumit pada router juga tidak dapat mencegah seseorang yang masuk dalam jaringan Wi-Fi untuk transmisi data melalui router & hal itu adalah hal yang wajar. A strong router password will do nothing to prevent someone on the Wi-Fi side from transmitting data through the router, so that is irrelevant.

Menyembunyikan jaringan Wi-Fi ( Hidden Network ) adalah mitos, pengguna jaringan Wi-Fi akan masih tetap mendeteksi bisa mendeteksi router Wi-Fi. 

MAC filtering ? Mac Filtering sama sekali hampir tidak melindungi jaringan Wi-Fi dari serangan Hacker. Perangkat komputer dengan aplikasi tersebut bisa merubah MAC Address dan melewati pengamanan Mac Filtering. 

Subjek yang lebih besar pada hal ini adalah Keamanan Jaringan dan bukan hanya terpaku pada pertanyaan diatas. Setiap Keamanan Jaringan memiliki beberapa lapisan keamanan, ya walaupun tidak semua. Dan juga semua sistem pasti bisa ditembus dengan syarat ada waktu, tenaga dan tentunya ilmu. Jadi, pertanyaan sebenarnya bukan hanya "Apakah itu bisa di-hack ?"tetapi pertanyaan yang utama adalah "Berapa lama sistem tersebut disusupi ?".

Jika kamu ingin menambah keamana pada jaringan Wi-Fi kalian, kalian bisa tampilkan sebagai lapisan transport dimana akan di enkripsi dan difilter setiap perangkat yang masuk kedalam jaringan tersebut. Salah satu caranya adalah dengan memberikan akses router kedalam server VPN tertentu yang kalian sebagai admin mengatur VPN tersebut, sehingga setiap pengguna ( Client ) yang ingin masuk ke jarigan Wi-Fi kalian akan membutuhkan autentikasi / perizinan dari kalian terlebih dahulu. Cara ini cukup ampuh untuk menangkal beberapa pengguna yang nakal.

Jawaban Kedua dari Reirab

Seperti yang sudah dibilang, menyembunyikan SSID bukanlah solusi. Jaringan kalian akan tetap terlihat secara default pada Windows 8.

MAC filtering tidak terlalu membantu, walaupun hal ini bisa memperlambat beberapa orang script kiddies, namun hal ini tetap tidak akan menghentikan seseorang untuk memasuki jaringan Wi-Fi. Mereka bisa saja merubah MAC Address dengan mudah.

Yang jadi masalah utama apabila kalian menggunakan enkripsi WEP. Sekuat apapun password kalian, jaringan Wi-Fi kalian akan tetap bisa dijebol dengan software WEP Cracker yang bertebaran di internet.

WPA mungkin lebih aman dari WEP, namun tetap bisa dirusak. Jika perangkat kalian support WPA ( bukan WPA2 ) cobalah, daripada kalian tidak menggunakan kemananan sama sekali.

WPA2 dalam beberapa versi sudah menggunakan AES dan lebih aman dari tingkat enkripsi diatas lainnya. Memang WPA2 masih bisa di hack namun membutuhkan waktu yang lebih lama & lebih banyak pengetahuan untuk menjebolnya.  

Sama seperti perkataan David diatas, pertanyaan sebenarnya adalah "Berapa lama seseorang untuk meng-hack jaringan Wifi ?" mungkin jawabannya adalah itu semua tergantung dari seberapa besar kemampuan seseorang tersebut.

Sumber : HowtoGeek.

RELATED POSTS

0 comments:

Post a Comment

Saya menghargai setiap komentar yang masuk dan akan berusaha membalas setiap komentar yang ada selama kalian.

1. Membaca postingan sampai habis.
2. Membaca postingan yang ada di link download.
3. Biasakan mencari di google dahulu sebelum bertanya.
4. Tidak keluar dari topik.
5. Tidak menulis spesifikasi PC / Laptop.
6. Tidak promosi website ( akan dimasukkan ke Spam )

Berkomentar cukup sekali, semua komentar akan dimoderasi dulu oleh Admin.

 
Display Pagerank