Friday, October 31, 2014

Perbedaan Windows Versi OEM System Builder Dengan FPP Retail



Perbedaan Windows Versi OEM System Builder Dengan FPP Retail

Perbedaan Windows Versi OEM System Builder Dengan FPP Retail

Beberapa kalian mungkin masih bingung, apa saja perbedaan antara Windows versi System Builder ( OEM ) dengan FPP ( Retail ). Terlebih lagi apabila kalian ingin membelinya di situs retail online macam Bhinekka atau Forum Jual Beli Kaskus. Berikut akan saya jelaskan sedikit perbedaan antara Windows OEM System Builder dengan FPP Retail.

Apa Sih Windows System Builder ( OEM ) ?

Dipostingan beberapa waktu yang lalu, saya sempat menjelaskan tentang versi OEM Windows disini. Pada dasarnya Windows versi System Builder bukan ditujukan untuk pengguna rumahan, Ambil contoh Windows System Builder ditujukan untuk perusahaan komputer yang ingin "menaruh" Windowsnya kedalam PC jualan mereka ( Pre-Activated ) kemudian menjualnya kembali ke pengguna rumahan. 

Windows OEM vs Windows FPP retail

Jika kalian pernah browsing  di salah satu forum jual beli, kalian pasti sedikit heran kenapa Windows versi System Builder ( OEM ) harganya lebih murah daripada versi FPP / Retail. Berikut beberapa hal yang menyebabkan versi FPP lebih mahal dibanding versi OEM.

Baca Juga :


Full Version / FPP / Retail : Ditujukan untuk pengguna rumahan, seperti kalangan pelajar, mahasiswa, pekerja dan lain sebagainya, ya bisa dibilang kalangan "standar". Maksudnya begini, jika kalian pernah ke salah satu toko yang menjual Windows dalam bentuk DVD Box, itulah yang disebut dengan Windows versi Retail / FPP / Full Version. 

Kelebihan dari versi Retail ini adalah kalian bisa menginstallnya diberbagai macam jenis PC apa saja, Bahkan PC rakitan sekalipun, namun hanya untuk 1 PC untuk 1 waktu. Windows versi Retail juga mengizinkan kalian untuk mengupgrade Windows kalian ke Windows versi terbaru.

System Builder/OEM : Biasanya ditujukan untuk perusahaan komputer ( OEM ) contohnya Lenovo, Asus, Dell, Acer, HP. Kalian juga bisa menggunakan lisensi Sytem Builder kedalam PC yang kalian buat, hanya saja versi OEM ini tidak menyediakan upgrade ke versi Windows terbaru dan hanya bisa digunakan untuk 1 PC selamanya.  

Kekurangan Versi System Builder ( OEM ) Dibandingkan Retail

Berikut adalah kekurangan Windows versi OEM :

Hanya Bisa Digunakan Di 1 PC / Motherboard : Apabila kalian membeli Windows versi OEM / System Builder, kemudian kalian menginstallnya kedalam PC kalian, maka Windows tersebut selamanya hanya bisa digunakan di 1 PC / Motherboard. Apabila kalian mengupgrade Motherboard PC kalian, kemudian kalian ingin menginstall Windows tersebut, maka Windows tersebut tidak akan teraktivasi.

Baca Juga :


Berbeda dengan versi Retail, dimana kita bisa menginstallnya di PC / Motherboard jenis apa saja. Tentu saja hanya bisa digunakan untuk 1 PC dalam satu waktu. 

Tidak Mendapatkan Support Dari Microsoft: Maksudnya adalah dukungan seperti customer care. Kalian yang menggunakan Windows System Builder tidak dapat komplain secara langsung ke Microsoft. Jadi apabila kalian ingin protes atau mengajukan masalah kalian, kalian harus menceritakannya ke orang / tempat kalian beli Windows System Builder tersebut. Selebihnya kalian tetap mendapat dukungan seperti Windows Updates.

Hanya Bisa Digunakan Untuk 32-bit atau 64-Bit: Windows System Builder hanya menyediakan versi 32-bit atau 64-bit dalam DVD terpisah. Berbeda dengan versi retail, kalian mendapatkan installer DVD dalam versi 32-bit & 64-bit di 1 DVD. 

Baca Juga :


Tidak Bisa Digunakan Untuk Upgrade: Seperti yang sudah saya singgung diatas, Windows System Builder tidak menyediakan versi Upgrade untuk Windows terbaru. Misalnya dari Windows XP ke Windows 7, Windows 7 ke Windows 8.1.

Jadi Pilih Yang Mana ?

Jika kalian merasa nyaman dengan ketentuan lisensi dari Windows System Builder & ingin menghemat uang kalian, maka Windows versi ini sangat cocok dengan kalian. Namun apabila kalian ingin support yang lebih dan memiliki beberapa fitur yang eksklusif serta kalian punya uang yang cukup banyak, versi retail adalah pilihan yang paling tepat !

Itupun kalau kalian memiliki uang hehe :)

RELATED POSTS

4 comments:

  1. Wah makasih yah infonya, Katanya kalo win 8.1 itu fpp retailnya cuman ada yang versi upgrade (gak bisa install di pc non os) bener gak tuh? mohon jawabannya yah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Engga juga, versi retail juga tersedia dalam bentuk box DVD, jadi bisa diinstall di PC non OS sekalipun.

      Delete
  2. Saya ingin membeli windows 10 pro oem 64 bit untuk di install pada laptop saya . Apakah dapat di install ya mas bro ? Karena katanya asli Dan ada COA jg online bisa di check di seapa Microsoft.

    ReplyDelete

Saya menghargai setiap komentar yang masuk dan akan berusaha membalas setiap komentar yang ada selama kalian.

1. Membaca postingan sampai habis.
2. Membaca postingan yang ada di link download.
3. Biasakan mencari di google dahulu sebelum bertanya.
4. Tidak keluar dari topik.
5. Tidak menulis spesifikasi PC / Laptop.
6. Tidak promosi website ( akan dimasukkan ke Spam )

Berkomentar cukup sekali, semua komentar akan dimoderasi dulu oleh Admin.

 
Display Pagerank