Sunday, October 5, 2014

Perbedaan Antivirus Dengan Antimalware



Perbedaan Antivirus Dengan Antimalware

Perbedaan Antivirus Dengan Antimalware

Beberapa waktu lalu saya sempat menjelaskan tentang perbedaan Malware, Virus, Spyware, dan lainnya. Kali ini saya akan sedikit menjelaskan tentang perbedaan Anti-Virus dengan Anti-Malware. Jika melihat dari postingan sebelumnya, pengertian Malware lebih luas dibandingkan Virus. 

Perbedaan Utama Anti-Virus & Anti-Malware

Antivirus digunakan untuk pencegahan. Antivirus akan mencegah sebuah file berisi virus yang didownload dari Internet atau perangkat masukkan saat masuk kedalam PC. Jadi, antivirus itu mencegah virus tersebut "berkembang biak" atau berduplikasi di PC. Sebuah produk antivirus biasanya juga terdiri dari Antimalware, AntiSpam, AntiSpyware, dan lainnya. Namun, target utama dari Antivirus biasanya hanya berupa Virus komputer.

Antimalware memiliki fungsi yang kurang lebih sama dengan Antivirus. Namun dalam hal target, Antimalware terkadang lebih baik dari antivirus. Kenapa ? contohlah ada sebuah PC yang terinfeksi sebuah program berbahaya, namun setelah di-scan berulang-ulang, program tersebut tidaklah hilang, oleh karena itu dibutuhkan sebuah Antimalware untuk menghapus program jahat tersebut. 

Apakah Bisa Menggunakan Anti-Virus & Anti-Malware Secara Bersamaan ?

Jawabannya adalah Ya. Untuk teknologi yang berkembang pesat saat ini dan ancaman dunia maya yang semakin bermacam-macam, Menggunakan antivirus dan antimalware secara bersamaan merupakan sebuah kewajiban. Antimalware akan melengkapi kekurangan yang ada di Antivirus dan juga sebaliknya.

Pertanyaan yang lain sering dilontarkan adalah, apabila kita menginstall antivirus & antimalware, apakah tidak menyebabkan "konflik" dan membuat PC lemot ? jawabanya tidak. Saya sendiri menggunakan antivirus & antimalware secara bersamaan namun tidak pernah mengalami lag atau lemot.

Rekomendasi Antivirus & Antimalware

Pemilihan antivirus & antimalware sebenarnya sesuai dengan selera masing-masing pengguna. Namun, saya disini hanya akan mengambil nama-nama besar saja yang sudah malang melintang di dunia keamanan komputer.

( Urutan dibawah ini bukan berarti penempatan ranking )

Antivirus

1. BitDefender 
2. Kaspersky 
3. ESET
4. Avast! 
5. Norton 
6. Avira
7. Emsisoft
8. Qihoo
9. Webroot
10. Dan lain sebagainya

Anti-Malware :

1. Malwarebytes ( Rekomendasi )
2. SuperAntiSpyware
3. SpyBot Search & Destroy
4. Adware Cleaner
5. Junkware Removal Tool
6. Dan lain-lain.

RELATED POSTS

4 comments:

Saya menghargai setiap komentar yang masuk dan akan berusaha membalas setiap komentar yang ada selama kalian.

1. Membaca postingan sampai habis.
2. Membaca postingan yang ada di link download.
3. Biasakan mencari di google dahulu sebelum bertanya.
4. Tidak keluar dari topik.
5. Tidak menulis spesifikasi PC / Laptop.
6. Tidak promosi website ( akan dimasukkan ke Spam )

Berkomentar cukup sekali, semua komentar akan dimoderasi dulu oleh Admin.

 
Display Pagerank