Sunday, October 19, 2014

3 Alasan Logis Untuk Meninggalkan Windows XP



Windows XP

3 Alasan Logis Untuk Meninggalkan Windows XP

Windows XP merupakan Sistem Operasi paling legendaris dari Microsoft dan mungkin paling dikenal sepanjang sejarah. Pada bulan April 2014 kemarin Windows XP telah kehilangan "nyawanya" secara resmi karena Microsoft telah mencabut dukungan terhadap Windows XP

Memang walaupun dukungan Windows XP sudah berakhir, ribuan pengguna diseluruh dunia masih belum bisa meninggalkan Windows XP. Tidak ada yang salah memang dengan hal tersebut, namun pernahkah kalian berfikir ( para pengguna Windows XP ) bahwa memang sudah saatnya Windows XP ditinggalkan ? Dan meng-upgrade ke Windows terbaru atau beralih ke OS lain seperti distro GNU / LINUX. Meninggalkannya memang sulit, namun ada beberapa alasan kuat untuk meninggalkan Windows XP diwaktu yang tepat diantaranya :

1. Windows XP Sangat Rentan Terserang Malware

Dirilis sekitar tahun 2001, Windows XP bisa dibilang sudah sangat uzur untuk sebuah Sistem Operasi. Ditambah lagi dukungannya sudah berakhir, Windows XP menjadi sasaran yang empuk untuk para hacker. Disaat masih mendapat dukungan saja Windows XP sudah rentan, apalagi sekarang Microsoft sudah tidak menambal ( patching ) Windows XP lagi ? Tidak terbayang bukan bagaimana rentanya Windows XP ?

Baca Juga :

2. Hardware Sudah Mulai Meninggalkan Teknologi Windows XP

Saat Windows XP pertama kali dirilis, Windows XP hanya support hardware hingga 4 GB RAM, 127 GB Harddisk dan bahkan tidak support USB 2.0 ! Saat waktu itu memang teknologi hardware tersebut memang luar biasa, namun dizaman sekarang terlihat biasa saja. Bisa dibayangkan bagaimana teknologi Hardware zaman sekarang, memiliki RAM 4 GB. Windows XP Service Pack 3 saja tidak support RAM 8 GB karena Windows XP SP3 hanya tersedia dalam versi 32-bit yang kita tahu versi 32-bit tidak mendukung RAM lebih dari 4 GB.

Windows XP

Contoh lainnya apabila kalian mempunyai PC High-End ditahun 2014 ini dan masih menggunakan Windows XP, saya meragukan performa PC tersebut dan tidak akan keluar dengan maksimal.

3. Software & Games Juga Mulai Mencampakan Windows XP

Adobe Photshop CS6 / CC 2014, Internet Explorer 11, DirectX 11, FIFA 15 adalah beberapa software dan game yang sudah menghilangkan dukungannya terhadap Windows XP. Dan saya sangat yakin dalam beberapa tahun kedepan software-software serta games yang membutuhkan spesifikasi sistem yang tinggi akan meninggalkan Windows XP. Salah satu contohnya adalah persyaratan sistem untuk game FIFA 15.

• OS: Windows V/7/8/8.1 – 64-Bit
• CPU: Intel Q6600 Core2 Quad @ 2.4Ghz (or AMD Phenom 7950 Quad-Core, AMD Athlon II X4 620 equivalent)
• RAM: 4GB
• Hard Drive Kosong: 13.0 GB
• Minimum VGA: ATI Radeon HD 5770 atau NVIDIA GTX 650
• DirectX: 11.0

Kesimpulan

Sebenarnya ada beberapa alasan yang cukup logis untuk meninggalkan Windows XP. Namun, kalian ( pengguna Windows XP ) pasti juga memiliki alasan untuk tetap menggunakan Windows XP, mungkin karena tidak ada biaya untuk Upgrade PC, Malas Upgrade atau bisa juga terlalu cinta sama Windows XP.

Windows XP tidak saya pungkiri memang OS yang hebat, namun memang sudah saatnya beralih ke OS yang lebih modern seperti Windows 7 / Windows 8.1 / Linux. Jujur, saya sendiri terakhir menggunakan OS Windows XP sebagai OS Utama pada tahun 2010.

Jadi, masih ingin menggunakan Windows XP ? Saya sih tidak :p

RELATED POSTS

0 comments:

Post a Comment

Saya menghargai setiap komentar yang masuk dan akan berusaha membalas setiap komentar yang ada selama kalian.

1. Membaca postingan sampai habis.
2. Membaca postingan yang ada di link download.
3. Biasakan mencari di google dahulu sebelum bertanya.
4. Tidak keluar dari topik.
5. Tidak menulis spesifikasi PC / Laptop.
6. Tidak promosi website ( akan dimasukkan ke Spam )

Berkomentar cukup sekali, semua komentar akan dimoderasi dulu oleh Admin.

 
Display Pagerank