Tuesday, October 7, 2014

Windows 10 Technical Preview Mengandung Keylogger ? Benarkah ?



Windows 10 Technical Preview Mengandung Keylogger

Windows 10 Technical Preview Mengandung Keylogger ? Benarkah ?

Windows 10 Technical Preview yang beberapa hari yang lalu baru diluncurkan sedang mendapatkan masalah. Hal ini disebabkan karena Windows 10 Technical Preview terdapat sebuah aplikasi yang diduga memiliki sifat seperti keylogger. Seperti yang kita tahu, aplikasi keylogger biasanya digunakan untuk mengambil data seorang pengguna baik itu nama, alamat, email hingga nomor kartu kredit. Namun benarkah Windows 10 Technical Preview terdapat keylogger didalamnya ? mari kita lihat...

Windows 10 Technical Preview bisa didapatkan melalui sebuah program baru Microsoft yang bernama Windows Insider. Semua orang yang mendaftar dalam program terbaru Microsoft tersebut harus menyetujui beberapa perjanjian yang dikeluarkan Microsoft disini,. Dan salah satu diantara perjanjian tersebut adalah pihak Microsoft berhak "mengambil" data pengguna untuk penyempurnaan versi Windows 10.

Yang menjadi persoalan utama adalah, Microsoft mengumpulkan beberapa data pengguna yang bersifat sensitif, diantaranya informasi tentang pengguna Windows 10 Technical Preview termasuk nama, alamat email, jenis perangkat yang digunakan, nomor telepon, sms, pengaturan perangkat, data sensor, browsing, pencarian & sejarah file serta penggunaan aplikasi.

Bahkan, bukan hanya itu saja, Microsoft juga mengumpulkan data pengguna baik itu input suara dan input teks dari pengguna Windows 10 Technical Preview. Hal inilah yang menjadi kecaman beberapa pihak yang tidak setuju privasinya direbut secara sepihak. Oleh karena itulah beberapa pihak menyebut bahwa Microsoft secara tidak langsung "mengintip" semua gerak-gerik aktivitas penggunanya melalui Windows 10 Technical Preview.

Contohnya saja, apabila Microsoft mampu melihat input teks & suara yang dilakukan pengguna, maka Microsoft akan tahu segala macam hal yang dilakukan pengguna seperti memasukkan alamat email & password ke media sosial, melakukan panggilan via Skype, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Lantas, apakah ada cara agar Microsoft tidak mengumpulkan data kita ? Saya tidak terlalu yakin dengan hal tersebut. Mungkin ada beberapa cara yakni :

- Kembali menggunakan Windows versi sebelumnya entah itu Windows 7 / Windows 8 ( kita juga tidak tahu apakah kedua Windows tersebut sudah disusupi atau belum ).
- Tidak menggunakan Windows 10 sebagai OS Utama dan hanya menggunakanya di Virtual Machine yang tidak terkoneksi keinternet.

Namun, walaupun begitu, ada secercah harapan yang Software182 dapat dari WinBeta, bahwa Microsoft akan berhenti mengambil setiap data penggunanya saat Windows 10 versi RTM keluar secara publik. Sehingga data pengguna nantinya akan dihapus.

Microsoft memang bertujuan baik dengan memasukkan sebuah fitur feedback yang dapat mendengarkan pengguna Windows 10 TP secara langsung melalui sebuah program, namun apakah cara yang dilakukan Microsoft ini sudah benar ? Bagaimana menurut kalian ?

RELATED POSTS

1 comment:

  1. terlalu sensitif untuk diminta,
    awalnya saya juga pengen pake' Windows 10 tapi saya urungkan.

    ReplyDelete

Saya menghargai setiap komentar yang masuk dan akan berusaha membalas setiap komentar yang ada selama kalian.

1. Membaca postingan sampai habis.
2. Membaca postingan yang ada di link download.
3. Biasakan mencari di google dahulu sebelum bertanya.
4. Tidak keluar dari topik.
5. Tidak menulis spesifikasi PC / Laptop.
6. Tidak promosi website ( akan dimasukkan ke Spam )

Berkomentar cukup sekali, semua komentar akan dimoderasi dulu oleh Admin.

 
Display Pagerank