Thursday, October 30, 2014

Apakah Windows Firewall Saja Sudah Cukup ?



Windows Firewall

Apakah Windows Firewall Saja Sudah Cukup ?

Windows Firewall adalah salah satu fitur keamanan yang sudah ditawarkan oleh Microsoft sejak Windows XP SP2. Dengan adanya Firewall, Windows kalian akan lebih aman dari serangan dunia maya. Terlebih Windows Firewall pada Windows juga cukup tangguh. Selain itu, pada Windows 8 sudah dilengkapi dengan Antivirus.

Pentingnya Firewall

Penjelasan mengenai Windows Firewall sebelumnya sudah saya singgung disini. Windows Firewall memiliki fungsi utama untuk memblokir koneksi masuk / keluar yang mencurigakan. 

Sebenarnya Windows Firewall Saja Sudah Cukup !

Windows Firewall memiliki fungsi yang sama dengan 3rd-party Firewall atau Software Firewall dari pihak ketiga seperti Comodo Firewall atau Outpost Pro Firewall. Perbedaan yang mencolok antara Windows Firewall dan 3rd-party Firewall Tersebut adalah, Windows Firewall lebih sedikit menampilkan pop-up dan hampir semuanya dijalankan melalui Background. Sedangkan Firewall dari pihak ketiga agak sedikit lebih "bawel" karena sewaktu-waktu muncul dengan tiba-tiba. Windows Firewall juga memiliki proteksi perlindungan yang cukup solid.

Apakah Masih Dibutuhkan Firewall dari Pihak Ketiga ?

Jawabannya tergantung, Kekurangan dari Windows Firewall adalah tampilannya yang kurang ramah, bahkan sama sekali tidak ramah bagi yang tidak terlalu mengerti Komputer. Kelebihan dari Software Firewall dari pihak ketiga adalah kita bisa dengan mudah mengatur koneksi masuk / keluar dengan tampilan yang lebih mudah. 

Pengguna yang sudah ahli akan lebih memilih 3rd-Party Firewall dibandingkan Windows Firewall, Kenapa ? Karena mereka akan dengan mudah mengatur jalur keluar masuk koneksi dari suatu aplikasi. Namun untuk pengguna yang biasa-biasa saja atau bahkan pengguna newbie, Firewall dari pihak ketiga ini akan sangat mengganggu, karena saat akan membuka aplikasi, Firewall dari pihak ketiga akan menampilkan pop-up yang bahkan tidak 1x atau 2x muncul, namun berkali-kali !

Kesimpulan

Windows Firewall sebenarnya sudah cukup bagi pengguna yang biasa-biasa saja dan tidak ingin mengatur lebih banyak komputernya. Windows Firewall juga sudah solid & bisa dipercaya ! Walaupun tampilan dari Windows Firewall sangat tidak menarik & cukup sulit, namun Windows Firewall setidaknya tidak terlalu bawel seperti Firewall dari pihak ketiga.

Sedangkan Firewall dari Pihak Ketiga ( 3rd-Party Firewall ) sangat direkomendasikan untuk power user atau pengguna yang sudah berpengalaman. Karena memiliki fitur yang lebih banyak dibandingkan Windows Firewall. 

Berikut adalah beberapa Firewall dari Pihak Ketiga yang biasa digunakan :

- ZoneAlarm Free Firewall

RELATED POSTS

0 comments:

Post a Comment

Saya menghargai setiap komentar yang masuk dan akan berusaha membalas setiap komentar yang ada selama kalian.

1. Membaca postingan sampai habis.
2. Membaca postingan yang ada di link download.
3. Biasakan mencari di google dahulu sebelum bertanya.
4. Tidak keluar dari topik.
5. Tidak menulis spesifikasi PC / Laptop.
6. Tidak promosi website ( akan dimasukkan ke Spam )

Berkomentar cukup sekali, semua komentar akan dimoderasi dulu oleh Admin.

 
Display Pagerank