Tuesday, October 14, 2014

Mengenal UAC ( User Account Control ) & Bolehkah Mematikan UAC ?




Mengenal UAC ( User Account Control ) & Bolehkah Mematikan UAC ?

UAC ( User Account Control ) adalah salah satu fitur keamanan yang muncul pertama kali pada Windows Vista. UAC ini cukup berguna karena akan memberitahukan kedapa user apakah aplikasi tersebut diberi izin untuk dijalankan atau tidak. UAC cukup efektif untuk mencegah tersebarnya virus serta malware kedalam PC.

Bagaimana Cara Kerja UAC ?

UAC berjalan secara backrground dan akan muncul saat pengguna menjalankan aplikasi yang tidak dikenal atau membutuhkan izin dari pengguna. Setiap aplikasi pada Windows, sekarang ini memiliki perizinan yang hampir sama dengan admin. Beberapa aplikasi bahkan mampu untuk mengubah sistem. Dan saat akan ingin melakukan perubahan itu, jendela UAC akan muncuk memberitahukan kepada pengguna apakah memberi izin aplikasi tersebut untuk berjalan atau tidak.

UAC pada Windows 7

UAC pada Windows 8

Tipe-Tipe UAC

UAC memiliki 4 jenis yang berbeda tergantung kebutuhan user, yakni :

Always notify : Pengaturan UAC yang paling maksimum sekaligus paling mengganggu. Karena pengaturan UAC Always Notify akan selalu muncul saat pengguna akan menjalankan aplikasi. Disarankan buat mereka yang paranoid sama yang namanya virus.

Notify me only when programs/apps try to make changes to my computer : Yang ini tipe UAC kedua sekaligus yang paling direkomendasikan. UAC tipe kedua ini juga sudah secara default digunakan oleh Windows. UAC tipe kedua ini hanya akan muncul apabila aplikasi membutuhkan perizinan dari Admin ( user ). UAC tipe kedua ini juga tidak terlalu menganggu walaupun jika dibandingkan UAC versi pertama sedikit lebih lemah.

Notify me only when programs/apps try to make changes to my computer (do not dim my desktop) - Tipe UAC versi ketiga ini hampir mirip dengan versi kedua, hanya saja apabila pengguna memilih UAC versi ketiga ini, jendela UAC akan tetap muncul tanpa mematikan desktop ( maksudnya jika kalian tidak melakukan apa-apa pada Windows kalian, maka layar Windows akan menjadi hitam ) serta dapat mengganggu kinerja aplikasi yang sedangf berjalan. UAC tipe ini hanya ditujukan untuk mereka yang sudah ahli dibidang keamanan komputer dan tidak direkomendasikan untuk newbie.

Never notify : Versi terakhir dari UAC sekaligus yang paling tidak aman. Kenapa ? karena apabila UAC dimatikan, maka program-program jahat akan dengan leluasa mengubah sistem Windows pengguna. Satu-satunya kelebihan yang dimiliki UAC tipe keempat ini adalah tidak adanya jendela UAC yang mengganggu pengguna.

Cara Menghidupkan & Mematikan UAC

Untuk mematikan UAC ( User Account Control ), caranya cukup mudah, yakni :

Windows 7

Tekan tombol start --> masukkan kata UAC --> klik Change User Account Control Settings --> Pilih pada bagian bawah never notify --> Ok

Windows 8 

Tekan lambang Windows + Huruf C --> masukkan kata UAC --> klik Change User Account Control Settings --> Pilih pada bagian bawah never notify --> Ok

Bolehkan Mematikan UAC di Windows ?

Kalau ada pertanyaan diatas, sebenarnya sah-sah saja untuk mematikan UAC pada Windows. Menyalakan UAC memang sedikit menganggu terutama pada saat install software yang membutuhkan perizinan dari user. Namun, dengan menyalakan UAC juga memiliki keuntungan, setidaknya UAC dapat mencegah PC user dari serangan malware. 

Jadi, kalian pilih yang mana ? Tetap menggunakan UAC atau mematikannya ?

RELATED POSTS

2 comments:

Saya menghargai setiap komentar yang masuk dan akan berusaha membalas setiap komentar yang ada selama kalian.

1. Membaca postingan sampai habis.
2. Membaca postingan yang ada di link download.
3. Biasakan mencari di google dahulu sebelum bertanya.
4. Tidak keluar dari topik.
5. Tidak menulis spesifikasi PC / Laptop.
6. Tidak promosi website ( akan dimasukkan ke Spam )

Berkomentar cukup sekali, semua komentar akan dimoderasi dulu oleh Admin.

 
Display Pagerank