Wednesday, September 17, 2014

Perbedaan Virus, Malware, Worms, Trojan, Scareware & Spyware



Perbedaan Virus, Malware, Worms, Trojan, Scareware & Spyware

Perbedaan Virus, Malware, Worms, Trojan, Scareware & Spyware

Selama ini kita sering dijejali dengan berbagai macam istilah-istilah "penyakit" komputer seperti virus, worms, malware, trojan, backdoor ataupun spyware. Kita menganggap virus, trojan, worm, malware adalah sebuah istilah yang sama. Padahal, virus, worm, malware, trojan & spyware adalah istilah-istilah yang berbeda meskipun memiliki satu tujuan yang sama yakni merusak PC. Oleh karena itu saya akan sedikit menjelaskan tentang perbedaan virus, malware, backdoor, worm & spyware.

1. Malware

Malware adalah singkatan dari Malicious Software alias program jahat. Malware ini bisa dibilang sebagai versi AIO ( All-in-One ) karena didalam malware sudah termasuk Virus, Backdoor, Spyware, Keylogger, dan lain-lain. Intinya malware itu pengertian umum dari program-program jahat yang dapat membahayakan komputer.

Untuk mengatasinya, pastikan di-PC kalian sudah terinstall sebuah program Anti-Malware & Anti-Spyware. Saya merekomendasikan Malwarebytes Anti-Malware, SuperAntiSpyware, Hitman Pro. Kedua software ini juga cocok digunakan berdampingan dengan Anti-Virus

2. Virus

Virus adalah sebuah program komputer yang dapat menggandakan dirinya dan menginfeksi antar 1 komputer dengan komputer lainnya. Virus biasanya menyerang file yang berekstensi exe ( executable ). Tidak hanya itu, Virus juga dapat menyerang MBR ( Master Boot Record ), Macro Office, Autorun, dan lain-lain. Virus bersifat destruktif, apabila sudah akut terkena virus komputer, komputer kalian bisa langsung tidak digunakan sama sekali.

Cara mengatasi virus tentu kalian sudah tahu, pastikan kalian selalu menggunakan Antivirus yang selalu up-to-date. Kalian bisa menggunakan antivirus berbayar seperti Bitdefender, Kaspersky, Norton, Eset, Avast ! dan lain sebagainya.

3. Worm 

Worm adalah salah satu jenis malware. Cara penyebaran Worm ini melalui koneksi jaringan internet dan langsung menyebar antar 1 PC ke PC lainnya. Worm bisa dibilang hampir mirip dengan virus yakni dapat menduplikasi / memperbanyak dirinya sendiri. Sama seperti virus, Worm ini bersifat destruktif, salah satu jenis Worm yang sempat menyebar dan terkenal adalah Worm ILOVEYOU.

4. Trojan / Trojan Horse / Kuda Troya

Trojan horse / Trojan adalah sebuah aplikasi jahat yang didalamnya terdapat sebuah kode yang akan membuat sebuah "lubang / celah" di PC. Apabila PC yang sudah terinfeksi Trojan ini, PC tersebut akan di kontrol oleh seseorang  dari jarak jauh. Bisa jadi PC yang sudah terkena trojan akan digunakan untuk hal-hal yang tidak baik seperti DoS untuk sebuah Website, bahkan untuk mengirim spam. 

Trojan ini biasa terdapat apabila pengguna komputer sering menggunakan software ber-crack / patch / keygen. Yang mana apabila pengguna tersebut menjalankan file crack tersebut akan langsung menyisipi trojan kedalam PC. Oleh karena itu, berhati-hatilah dalam menggunakan file crack/patch/keygen :p !

Cara mengatasinya kalian bisa menginstall program Anti-virus & Anti-Malware yang sudah saya sebutkan diatas.

4. Scareware

Scareware adalah sebuah aplikasi jahat yang bersifat "tricky". Sifat tricky disini memiliki arti sebagai berikut, pengguna yang awalnya saat surfing di internet akan dijejali iklan dan disalah satu iklan tersebut pengguna diharuskan men-scan PC pengguna dengan sebuah program Antivirus ( atau sejenisnya ). Antivirus Online Scanner ini akan memberi laporan palsu yang memberitahu pengguna bahwa PC pengguna telah terinfeksi virus ( padahal tidak ada virus sama sekali ! ), kemudian setelah pengguna mendownload serta menginstall aplikasi antivirus abal-abal tersebut, pengguna diharuskan membayar sejumlah uang untuk menghapus virus "dusta" yang ada di PC pengguna !. Sudah jatuh tertimpa tangga, pengguna yang menginstall scawreware ini biasanya akan sangat sulit di-uninstall.

Jadi buat kalian yang suka mendownload software, pastikan kalian mendownload dari situs-situs yang terpercaya seperti Softpedia, Softexia atau Majorgeeks untuk mencegah menginstall aplikasi abal-abal ini.

6. Spyware 

Spyware adalah software yang fungsinya mengirimkan data serta informasi pengguna yang sudah terkena Spyware. Data & Informasi ini bisa saja berupa PIN E-Banking, Password yang ada dibrowser , Nomor kartu Kredit dan informasi berharga lainnya. Spyware ini biasanya berbentuk sebuah iklan pop-up.

Untuk mencegah Spyware ini, kalian bisa menginstall sebuah Ad-blocker di browser kalian dan juga program Anti-Malware yang biasanya sudah dilengkapi dengan Anti-Spyware seperti Malwarebytes Anti-Malware & juga HitmanPro.



RELATED POSTS

0 comments:

Post a Comment

Saya menghargai setiap komentar yang masuk dan akan berusaha membalas setiap komentar yang ada selama kalian.

1. Membaca postingan sampai habis.
2. Membaca postingan yang ada di link download.
3. Biasakan mencari di google dahulu sebelum bertanya.
4. Tidak keluar dari topik.
5. Tidak menulis spesifikasi PC / Laptop.
6. Tidak promosi website ( akan dimasukkan ke Spam )

Berkomentar cukup sekali, semua komentar akan dimoderasi dulu oleh Admin.

 
Display Pagerank