Tuesday, September 16, 2014

Perbedaan Crack, Patch, Keygen, Serial Number & License Key



Perbedaan Crack, Patch, Keygen, Serial Number & License Key

Perbedaan Crack, Patch, Keygen, Serial Number & License Key

Patch, Crack, Keygen, Serial Number adalah beberapa istilah yang sering kita dengar jika memasuki "dunia hitam" software. Patch, Crack, Keygen, Serial Number biasanya digunakan untuk membuat sebuah software trial menjadi full version. Namun, banyak dari para netter sering salah kaprah tentang pengertian Patch, Crack, Keygen, Serial Number. Padahal Patch, Crack, Keygen, Serial Number adalah hal yang jelas-jelas berbeda. Oleh karena itu saya akan sedikit menjelaskan tentang perbedaan Patch, Crack, Keygen, Serial Number.

1. Crack

Crack adalah sebuah program bisa berupa file executable ( .exe ) atau file .dll yang biasanya diletakan / di-tiban / di-overwrite di direktori sebuah program ( C:\Program Files\...).  Crack ini digunakan untuk membuat software yang tadinya bersifat trial menjadi full versi. Sebuah crack bisa didapat dari proses reverse engineering yakni mengubah file utama executable.

2. Patch

Patch ini bisa memiliki pengertian yang berbeda apabila dilihat dari 2 sisi. Patch dalam sisi yang baik, bisa berarti sebagai perbaikan dari sebuah program. Windows Updates bisa disebut juga sebagai patch, karena akan menambal celah-celah yang mungkin dapat membuat OS Windows menjadi tidak aman. Namun, jika dilihat dari sisi buruk, patch ini memiliki tujuan yang sama seperti crack. Bedanya, Patch akan langsung mengubah byte dalam file utama exe yang ada di program files sehingga berhasil di-crack dan membuat program yang di-patch menjadi full version

3. Keygen / Keymaker

Keygen ( Key Generator ) / Keymaker adalah sebuah program kecil yang bisa menghasilkan berbagai macam serial number secara random untuk sebuah program sehingga program tersebut full version.

4. Serial Number / Product Key

Serial Number / Product Key ini bisa berupa kumpulan angka & huruf untuk membuat sebuah program menjadi full version. Serial Number bisa juga dihasilkan dari sebuah KeyGen.

5. License Key

License Key ini tidak sama dengan Serial Number karena beberapa program tidak menyediakan slot serial number untuk mengaktivasi program tersebut. 

Salah satu contohnya adalah software yang bernama DxTory. DxTory ini tidak menyediakan slot serial number untuk mengaktivasi program DxTory. Untuk mengaktivasi DxTory kalian butuh sebuah license key dengan ekstensi file .dxtorylic, yang mana License Key ini bisa didapat dengan cara membeli produk tersebut.

Kesimpulan

Dari semua yang ada diatas, cara yang paling aman untuk mengaktivasi sebuah program adalah dengan Serial Number atau License Key dan tentu saja untuk mendapatkannya dengan cara membeli secara legal :D. Karena kita tidak pernah tahu apa yang ada didalam KeyGen, Patch, Crack tersebut. Bisa saja terdapat Virus, Trojan, Malware. 

RELATED POSTS

6 comments:

Saya menghargai setiap komentar yang masuk dan akan berusaha membalas setiap komentar yang ada selama kalian.

1. Membaca postingan sampai habis.
2. Membaca postingan yang ada di link download.
3. Biasakan mencari di google dahulu sebelum bertanya.
4. Tidak keluar dari topik.
5. Tidak menulis spesifikasi PC / Laptop.
6. Tidak promosi website ( akan dimasukkan ke Spam )

Berkomentar cukup sekali, semua komentar akan dimoderasi dulu oleh Admin.

 
Display Pagerank