Sunday, September 7, 2014

Penjelasan Singkat Mengenai Windows Firewall



Penjelasan Singkat Mengenai Windows Firewall

Windows Firewall adalah salah satu fitur keamanan yang digunakan oleh Microsoft untuk melindungi Sistem Operasi Windows. Pada dasarnya Windows Firewall berguna untuk mencegah berbagai macam serangan dari Internet. Dipostingan kali ini saya akan menjelaskan sedikit tentang Windows Firewall, jadi perhatikan baik-baik yah.

Pengertian Windows Firewall

Windows Firewall merupakan salah satu elemen terpenting dari OS Windows. Windows Firewall pertama kali diperkenalkan pada OS Windows XP ditahun 2001 dan sejak saat itu Windows Firewall terus mengalami peningkatan baik dari segi fitur maupun keamanan.

Sebelumnya nama Windows Firewall adalah Internet Connection Firewall, namun sudah dirubah sejak Microsoft mengeluarkan Service Pack 2 untuk Windows XP. Internet Connection Firewall juga diketahui lebih memiliki banyak bug & celah yang dapat ditembus. 

Pada versi pertama Windows Firewall, Windows Firewall hanya mampu untuk memfilter & memblok koneksi yang masuk. Kemudian seiring dengan berkembangnya zaman, Fitur Windows Firewall terus ditingkatkan seperti mengontrol koneksi keluar dari suatu aplikasi serta user juga mampu mengatur Windows Firewall dengan cukup mudah. 

Hampir semua program Windows membutuhkan koneksi Internet untuk update. Program-program pada Windows ini akan secara otomatis membuat sebuah Rules/Aturan didalam Windows Firewall sehingga program tersebu bisa melakukan Update. Namun apabila ada kejadian mencurigakan, Windows Firewall akan memberitahu pengguna dengan sebuah Window / Jendela apakah aplikasi tersebut layak untuk terkoneksi kejaringan atau tidak. Contohnya adalah dibawah ini :

Penjelasan Singkat Mengenai Windows Firewall

Windows Firewall pada Windows 7 & Windows 8.1

Secara default, Windows Firewall memilih jenis koneksi jaringan dari aplikasi yang kalian gunakan ( Contohnya adalah gambar diatas ). Pengguna bisa memilih private networks atau Public Networks atau bahkan keduanya. Jika pengguna setuju, pengguna hanya tinggal memilih tombol Allow Access

Ambil contoh lainnya yakni saat kamu tidak menggunakan Windows kamu sebagai Administrator, kalian tidak akan melihat Secuirity Alert seperti gambar diatas. Semua program & aplikasi yang ada akan langsung difilter di Windows Firewall kemudian Windows Firewall sendiri yang akan memilih aplikasi tersebut layak terkoneksi atau tidak. Jika layak maka akan dibiarkan & jika tidak akan langsung di blok tanpa pemberitahuan kepada pengguna.

Windows Firewall sudah secara default terinstall & berjalan secara otomatis sejak kalian selesai menginstall Windows 7 & Windows 8.1. Windows Firewall juga berjalan di Background sebagai servis, sehinga iservis tersebut akan muncul apabila Windows Firewall memang benar-benar membutuhkan keputusan dari pengguna. 

Dimana Letak Windows Firewall ?

Windows Firewall terletak di Control Panel -> System and Security -> Windows Firewall. 

Penjelasan Singkat Mengenai Windows Firewall

Untuk mencari Windows Firewall, langkahnya cukup mudah yakni :

- Windows 7

Pada pengguna Windows 7, kalian cukup klik tombol Start -> Dibagian kotak pencarian / Search, kalian ketik "Firewall" ( tanpa tanda petik ) seperti gambar dibawah ini :

Penjelasan Singkat Mengenai Windows Firewall
- Windows 8 / 8.1

Sedangkan untuk pengguna Windows 8 / 8.1, kalian cukup menekan lambang Windows + huruf X pada keyboard, kemudian dibagian kotak pencarian / Search, kalian ketik "Firewall" ( tanpa tanda petik ) seperti gambar dibawah ini :

Penjelasan Singkat Mengenai Windows Firewall

Apakah Windows Firewall Bisa Dimatikan & Diganti Dengan Firewall yang Lain ?

Jawabannya adalah 100% bisa ! untuk mematikannya, kalian tinggal klik saja "Turn Windows Firewall on or off" yang berada disebelah kiri layar. Windows Firewall secara default akan menyala untuk koneksi prvate atau public ( Jika di Windows 7 bernama Home & Work ). Jika kalian ingin mematikan atau menyalakannya kembali cukup tekan kotak "Turn on/off Windows Firewall" dan pilih OK.

Penjelasan Singkat Mengenai Windows Firewall

Penjelasan Singkat Mengenai Windows Firewall

Jika kalian memutuskan untuk menonaktifkan Windows Firewall, pastika kalian punya pengganti dari Windows Firewall. Ada beberapa alternatif dari Windows Firewall seperti dari Comodo Firewall, Zone Alarm Firewall, Outpost Security, Emsisoft Online Armor, dan lain sebagainya. 

Itulah beberapa penjelasan singkat mengenai Windows Firewall, Dipostingan berikutnya saya akan menjelaskan beberapa hal yang lebih advanced untuk Windows Firewall :)

RELATED POSTS

14 comments:

  1. dari dulu udah tau namanya, tapi baru sekarang tau penjelasannya :D
    thanks info nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mungkin karena ente ga mau nyari di google :v

      Delete
  2. seringkali cuek sama firewall window soalnyasuka panjang banget penjelasannya, jadi makin ngga ngerti deh.
    moga ajah abis dari sini saya teh jadi tambah ngerti tentang window fierwall teh lah

    ReplyDelete
  3. Firewall yang dikomputer saya sudah diambil alih oleh ESET Security, anti virus yang saya instal.

    Lengkap pemaparan tentang firewall nya diatas.
    thanks Mas

    ReplyDelete
  4. yang sering banget berselancar di dunia maya harusnya ngerti tentang ini,, thanks penjelasannya gan

    ReplyDelete
  5. jd intinya windows firewall lebih baik di aktifkan ya mas? duuh, kok sih boss kmren mlah nyuruh saya firewall di nonaktifkan yaa, malah mudah masuk virus ktnya :( aduh saya jd pusing mempelajarinya >_<

    ReplyDelete
  6. kenapa windows firewall harus ada atau di setting active?

    ReplyDelete

Saya menghargai setiap komentar yang masuk dan akan berusaha membalas setiap komentar yang ada selama kalian.

1. Membaca postingan sampai habis.
2. Membaca postingan yang ada di link download.
3. Biasakan mencari di google dahulu sebelum bertanya.
4. Tidak keluar dari topik.
5. Tidak menulis spesifikasi PC / Laptop.
6. Tidak promosi website ( akan dimasukkan ke Spam )

Berkomentar cukup sekali, semua komentar akan dimoderasi dulu oleh Admin.

 
Display Pagerank