Monday, September 1, 2014

Kenapa Partisi Windows Dimulai Dari C ?



Kenapa Partisi Windows Dimulai Dari C ?

Kenapa Partisi Windows Dimulai Dari C ?

Mungkin diantara kalian pernah membayangkan atau bahkan bertanya "Kenapa sih drive letter di Windows dimulai dari huruf C ? Kenapa bukan A ? terus drive letter A & B itu sebenarnya ada atau tidak ?".

Sebelum menjawab pertanyaan diatas, saya akan sedikit menjelaskan apa itu Drive Letter, Drive Letter adalah penamaan dalam Partisi Windows. Saya umpamakan saya memiliki 2 buah partisi Windows, 1 Buah DVD-ROM dan 1 Buah perangkat eksternal seperti FlashDisk. Drive Letter untuk partisi pertama sistem Windows dimulai dari C, partisi kedua diberi nama D, perangkat DVD-ROM biasanya dimulai dari E, FlashDisk dimulai dari F.

Sedangkan untuk menjawab pertanyaan diatas, kita harus flashback ke tahun 90-an dan awal 2000-an. Waktu itu, jauh sebelum adanya perangkat eksternal seperti FlashDrive dan HardDrive, kalian pasti mengenal sebuah media penyimpanan bernama Floppy Disk atau di Indonesia biasa disebut dengan Disket. Ukuran Floopy Disk sendiri kalah telak dibandingkan dengan media penyimpanan saat ini.

Drive Letter A & B sebenarnya ada. Jadi pada waktu itu sebelum Komputer mengenal media penyimpanan lain, Drive Letter A & B ini digunakan untuk Floppy Disk Drive atau tempat Disket. Saat itu masing-masing komputer mempunyai 2 buah tempat disket didalam komputer. 

Yang menjadi pertanyaan selanjutnya adalah "Kemana perginya Drive Letter A & B ?" jawabannya ya bisa dibilang sudah "Punah" karena zaman sekarang ini hampir semua komputer sudah tidak lagi menggunakan Floppy Disk Drive. Namun kalian tetap bisa menggunakan Drive Letter ini untuk partisi Windows kalian melalui Disk Management Windows ( bahkan untuk partisi C ).

Kenapa Partisi Windows Dimulai Dari C ?

Buktinya adalah gambar dibawah dimana Drive Letter A digunakan untuk Floppy Disk Drive.

Kenapa Partisi Windows Dimulai Dari C ?

Bagaimana ? Sekarang sudah terjawab bukan ?

RELATED POSTS

2 comments:

Saya menghargai setiap komentar yang masuk dan akan berusaha membalas setiap komentar yang ada selama kalian.

1. Membaca postingan sampai habis.
2. Membaca postingan yang ada di link download.
3. Biasakan mencari di google dahulu sebelum bertanya.
4. Tidak keluar dari topik.
5. Tidak menulis spesifikasi PC / Laptop.
6. Tidak promosi website ( akan dimasukkan ke Spam )

Berkomentar cukup sekali, semua komentar akan dimoderasi dulu oleh Admin.

 
Display Pagerank