Thursday, September 4, 2014

Kelebihan Windows 8.1 Enterprise Dibandingkan Windows 8.1 Pro



Kelebihan Windows 8.1 Enterprise Dibandingkan Windows 8.1 Pro

Kelebihan Windows 8.1 Enterprise Dibandingkan Windows 8.1 Pro

Beberapa waktu lalu saya sempat menjelaskan tentang berbagai macam versi Windows 8.1 dimulai dari versi Core, Pro, Pro with Media Center & Enterprise. Pengguna Windows biasanya menggunakan versi Windows 8.1 ( Core ) atau Windows 8.1 Pro

Dahulu, Microsoft meluncurkan beberapa versi Windows 7 diantaranya Windows 7 Ultimate & Windows 7 Enterprise. Keduanya hampir memiliki seluruh fitur yang sama. Bisa dibilang, Windows 7 Ultimate adalah versi Retail dari Windows 7 Enterprise yang hanya bisa dibeli dengan cara Volume License.

Tidak seperti pendahulunya, ada beberapa fitur di Windows 8.1 Pro yang tidak ada dibandingkan dengan Windows 8.1 Enterprise. Berikut beberapa fitur yang ada di Windows 8.1 Enterprise dan tidak ada di Windows 8.1 Pro.

Kelebihan Windows 8.1 Enterprise Dibandingkan Windows 8.1 Pro

Windows To Go

Windows To Go adalah salah satu fitur terbaru di Windows 8. Namun fitur ini hanya terdapat di Windows 8/8.1 Enterprise. Windows To Go memungkinkan pengguna Windows menginstall Windows 8 Enterprise kedalam USB FlashDrive atau Harddisk External. Jadi, pengguna yang USB FlashDrivenya terinstall Windows 8 Enterprise, bisa menjalankan Windowsnya di Komputer apa saja tanpa harus menginstall terlebih dahulu. Bisa dibilang pengguna memiliki sebuah "Windows Berjalan". 

Fitur ini sebenarnya udah engga asing dikalangan pengguna linux, Pengguna linux sendiri sudah dapat menggunakan fitur ini sejak beberapa tahun yang lalu. Menurut saya, fitur ini sangat menarik karena kita bisa mengambil data-data dari sebuah PC yang mengalami masalah.

Baca Juga :

AppLocker

AppLocker adalah salah satu fitur keamanan yang terdapat di Windows 8 Enterprise. AppLocker memungkinkan penggunanya untuk membuat sebuah "pengaturan". Pengaturan disini berguna untuk mengatur program apa saja yang dapat dijalankan. Misalkan begini, Windows kalian memiliki 2 buah Account yakni Admin Account & Guest Account, nah si Admin ini bisa mengatur program apa saja yang bisa dijalankan buat si Guest. Jadi pengguna "Guest" ini tidak dapat menjalankan semua program yang sudah diatur oleh Admin. 

AppLocker cukup berguna bagi kalian yang memiliki anak, saudara atau relasi yang sering meminjam laptop kalian. Terlebih lagi anak-anak yang sering menjalankan berbagai macam aplikasi secara sembarangan, dengan adanya AppLocker ini, laptop kalian sedikit lebih aman dari hal-hal yang tidak diinginkan.

“Store App” Sideloading

Sejak di Windows 8, Microsoft mulai memperkenalkan sebuah fitur baru yang bernama Windows Store. Di Windows Store kita dapat mendownload & menginstall berbagai macam aplikasi atau game. Windows Store ini bisa dibilang mirip dengan Android Google Play Store atau Apple App Store. Aplikasi di Windows Store ( Disebut juga Store Apps ) biasanya tidak dapat kita dapatkan selain di Windows Store itu sendiri. Jika ingin menginstall Store Apps, kita harus mengaksesnya melalui Windows Store. Hal ini berbeda di OS Android, Jika di Android, kita dapat mendownload berbagai macam file APK dari luar Google PlayStore. Windows Store ini lebih mirip dengan Apple AppStore, dimana pengguna hanya bisa menginstall aplikasi AppStore melalui AppStore itu sendiri. 

Sideloading adalah kemampuan untuk menginstall aplikasi "store" dari app store itu sendiri, dalam hal ini Windows Store. Hanya Windows 8 versi Enterprise bisa melakukan hal tersebut dimana Windows 8 Enterprise sudah terintegrasi dengan Windows Domain.

DirectAccess

DirectAccess adalah sebuah fitur yang mirip dengan VPN. Berbeda dengan VPN versi tradisional, DirectAccess sudah didesain untuk terkonekasi secara otomatis saat pengguna terkoneksi dengan Internet.

Fitur Lainnya

Sebenarnya masih ada beberapa fitur dari Windows 8.1 Enterprise yang bahkan pengguna Windows 8.1 Enterprise jarang menggunakannya yakni :
  • BranchCache
  • RemoteFX Virtualization Features 
  • Services for Network File System (NFS) 
  • Subsystem for Unix-based Applications

RELATED POSTS

0 comments:

Post a Comment

Saya menghargai setiap komentar yang masuk dan akan berusaha membalas setiap komentar yang ada selama kalian.

1. Membaca postingan sampai habis.
2. Membaca postingan yang ada di link download.
3. Biasakan mencari di google dahulu sebelum bertanya.
4. Tidak keluar dari topik.
5. Tidak menulis spesifikasi PC / Laptop.
6. Tidak promosi website ( akan dimasukkan ke Spam )

Berkomentar cukup sekali, semua komentar akan dimoderasi dulu oleh Admin.

 
Display Pagerank