Monday, June 29, 2015

Penting ! Inilah Dia File-File yang Wajib Saat Backup !



Penting ! Inilah Dia File-File yang Wajib Saat Backup !

Backup adalah suatu kegiatan untuk membuat data serta informasi cadangan yang kita punya kedalam perangkat penyimpanan lain baik itu perangkat penyimpanan internal, cloud atau perangkat penyimpanan eksternal seperti MicroSD, FlashDisk atau Hardisk External.

Backup juga salah satu elemen terpenting untuk manusia, entah itu backup pada PC / Laptop / Handphone dan sebagainya. Tanpa adanya backup tentu kita akan kelimpungan saat kehilangan data bukan ?

Nah, dipostingan kali ini saya akan memberikan tips file-file apa saja yang harus dibackup dan file yang tidak harus dibackup.

Peraturan Soal Backup

Sebelum melakukan proses backup, tentunya kalian harus memiliki media penyimpanan backup terlebih dahulu. Kalian bisa menyimpan diberbagai macam media penyimpanan seperti yang saya sebutkan diparagraf awal. Namun perlu diingat, kalian harus menyimpan data & informasi kalian tidak hanya di satu media penyimpanan, namun simpan di dua media atau lebih ! karena apabila kalian menyimpan backup hanya di satu media penyimpanan, itu bukan backup dan sewaktu-waktu data kalian bisa hilang.

File yang Wajib Dibackup

Berikut ini adalah apa-apa saja yang kalian harus backup untuk PC kalian. Kalian bisa pindahkan semua file dibawah ini kedalam hardisk external, flashdisk, dvd atau media penyimpanan cloud macam Google Drive, DropBox dan sebagainya.

File yang ada di folder dibawah ini seperti Documents, Music, Pictures, Videos, penting untuk dibackup. Biasanya aplikasi-aplikasi akan menyimpan data di folder dibawah ini.

Penting ! Inilah Dia File-File yang Wajib Saat Backup !


Contohnya saat kalian mengetik di Microsoft Word, Microsoft Word akan menyimpan di folder Documents. Atau saat kalian sehabis foto menggunakan WebCam, biasanya akan disimpan di Pictures atau Videos. 

Selain folder diatas, ada juga folder yang tidak kalah pentingnya yakni folder Downloads. Disinilah seluruh data hasil download dari Internet disimpan. Wah kalau sampai install ulang terus lupa membackup folder download, maka seluruh hasil download akan hilang ! :(

Seluruh folder diatas dapat langsung kalian akses di C:\Users\Nama Pengguna

Penting ! Inilah Dia File-File yang Wajib Saat Backup !

Saat mengakses lokasi tersebut kalian juga akan ditampilkan seluruh folder pengguna yang ada di Windows. Ada juga folder AppData diatas, folder tersebut berguna untuk menyimpan settingan aplikasi yang sudah kalian atur dan save. Folder AppData biasanya tersembunyi, jadi harus ditampilkan terlebih dahulu.

Backup Sistem Operasi juga Boleh !

Kalau kalian malas install ulang dan ingin menggunakan OS yang sedang kalian gunakan tanpa harus kehilangan seluruh aplikasi yang sudah diinstall, ya tinggal di backup saja OS tersebut. Windows juga sudah menyediakan fitur System Image Backup di OS Windows, salah satunya di Windows 8.1

Atau jika kalian tidak ingin menggunakan aplikasi backup system image bawaan Windows, kalian juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Norton Ghost ( hanya support sampai Windows 7 ), Macrium Reflect hingga Acronis True Image

File yang Engga Harus Di Backup

Selain file dan folder diatas yang wajib dibackup, ada juga file & folder yang engga wajib kalian backup. Folder seperti Program Files & Windows adalah 2 folder yang engga wajib atau malah engga perlu dibackup. Folder Windows tidak harus dibackup, lagian saat proses installasi Windows, DVD Windows sudah menyediakan seluruh file yang dibutuhkan. Folder Program Files juga tidak harus, percuma backup folder Program Files.

Terus Kapan Waktunya Backup ?

Kalau kalian memiliki data penting, saya sarankan sih untuk membackup data secara regular, entah itu sehari sekali, 3 hari sekali, seminggu sekali atau secepat mungkin. Tujuannya tentu saja agar kalian tidak menyesal saat kehilangan data kalian. Kalau sudah kehilangan data pasti sakitnya tuh disini hehehe.

Apa kalian sudah backup data hari ini ?

RELATED POSTS

2 comments:

Saya menghargai setiap komentar yang masuk dan akan berusaha membalas setiap komentar yang ada selama kalian.

1. Membaca postingan sampai habis.
2. Membaca postingan yang ada di link download.
3. Biasakan mencari di google dahulu sebelum bertanya.
4. Tidak keluar dari topik.
5. Tidak menulis spesifikasi PC / Laptop.
6. Tidak promosi website ( akan dimasukkan ke Spam )

Berkomentar cukup sekali, semua komentar akan dimoderasi dulu oleh Admin.

 
Display Pagerank