Monday, September 8, 2014

Fase-Fase Pembuatan Browser Mozilla FireFox





Fase-Fase Pembuatan Browser Mozilla FireFox

Mozilla FireFox adalah salah satu browser yang paling banyak digunakan didunia. FireFox dikenal memiliki kecepatan, kestabilan dan yang paling penting adalah privasi yang tetap terjaga. 

Beberapa minggu yang lalu, Google Chrome merilis versi 64-Bit dari browsernya. Hal ini menjadi salah satu kelemahan dari FireFox yang memang belum memunculkan versi resmi 64-bit dari FireFox. Namun, seperti yang sudah saya sebutkan diatas, FireFox tetap menang dalam hal privasi dimana Google Chrome akan mengirimkan ke setiap data menuju ke server Google yang mana hal ini akan ditakutkan beberapa pengguna Google Chrome ( termasuk saya juga sih :p ).

Tidak seperti Google Chrome yang hanya merilis versi beta khusus untuk para pengembangnya ( developer ). FireFox merilis dari versi alpha hingga final ke publik. Sehingga banyak pengguna yang apabila mengetahui bug yang ada di FireFox bisa melaporkan secara langsung ke Mozilla. 

Dipostingan kali ini saya akan membagikan beberapa fase yang ada dalam pembuatan browser FireFox. Dimulai dari versi Alpha hingga menuju ke Stable atau Final.

Mozilla FireFox

1. FireFox Nightly

FireFox Nightly

Versi ini merupakan versi paling awal dan biasanya digunakan oleh setiap developer / pengembang. Didalam versi Nightly, pengguna akan mendapatkan update hampir setiap hari. Bahkan terkadang 2 kali update setiap hari !

Kekurangan versi Nightly adalah kurang begitu stabil dan terkadang bisa crash setiap saat. Namun versi Nightly ini memiliki kelebihan dalam hal kecepatan. Bahkan terkadang versi Nightly memiliki kecepatan yang lebih cepat dibandingkan versi Final.

Download Disini : http://nightly.mozilla.org/

2. FireFox Aurora

FireFox Aurora

Versi Aurora merupakan fase kedua dari FireFox. Versi ini bisa dibilang versi Alpha-2 atau Pre-Beta dan sama sekali belum memasuki versi Beta. Dibandingkan versi Nightly, versi Aurora lebih stabil, lebih cepat & performa lebih baik. Namun karena belum memasuki versi Final, terkadang versi Aurora ini masih sering crash


3. FireFox Beta

FireFox Beta

Setelah memasuki versi Aurora, FireFox akan melanjutkan pengembangannya memasuki versi Beta. Versi Beta sudah ditingkatkan dalam hal keamanan & performanya. Kalian juga bisa menggunakan versi Beta ini secara gratis dan bisa digunakan untuk penggunaan sehari-hari. 

Kekurangannya terkadang bisa crash, dan beberapa plugin 3rd-Party tidak support. Kelebihannya lebih stabil dibandingkan Nightly atau Aurora. 


4. FireFox RC ( Release Candidate )

Bisa dibilang versi ini tinggal selangkah lagi menuju versi Final. Versi RC akan dikeluarkan sebanyak 1 atau 2 kali saja.

5. FireFox Stable / Final

FireFox Stable / Final

Nah, ini dia versi Final / Stable dari Mozilla Firefox ! untuk masalah performa, kecepatan & lain sebagainya. Versi Final ini juga yang biasa kita gunakan sehari-hari & support hampir semua plugin. Sangat cocok digunakan untuk penggunaan sehari-hari dan yang paling direkomendasikan untuk semua pengguna.


Versi Lain dari FireFox

Sebenarnya masih ada versi lain dari FireFox selain versi-versi diatas yakni :

1. FireFox UX Nightly

FireFox UX Nightly

FireFox UX Nightly ini versi langka dari FireFox dan hanya digunakan untuk para programmer / pengembang. Sangat tidak direkomendasikan untuk pengguna biasa, FireFox UX Nightly hanya digunakan untuk testing & Eksperimen.


2. FireFox 64-bit

FireFox 64-bit


Sampai saat ini versi resmi 64-bit dari FireFox belumlah keluar. Memang kita mengenal beberapa "turunan" dari FireFox yang mengeluarkan versi 64-bit yaitu CyberFox, Palemoon, Waterfox, dll. Namun semua versi turunan itu bukanlah versi resmi dari Mozilla. Mereka hanya menggunakan source code atau sumber kode yang "disebar" oleh Mozilla ke publik dan mengembangkan source code tersebut untuk membuat versi 64-bit dari FireFox.

Versi resmi terakhir dari FireFox 64-bit adalah FireFox Nightly 29 & itupun sudah lama sekali dirilisnya. Mozilla sendiri tidak jelas dalam meneruskan versi 64-bit FireFox untuk Windows. Kita tunggu saja apakah FireFox akan segera merilis 64-Bit FireFox setelah pesaing abadinya Google Chrome merilis Google Chrome 64-bit.

Download Disini : http://www.mozilla64bit.com/

RELATED POSTS

2 comments:

Saya menghargai setiap komentar yang masuk dan akan berusaha membalas setiap komentar yang ada selama kalian.

1. Membaca postingan sampai habis.
2. Membaca postingan yang ada di link download.
3. Biasakan mencari di google dahulu sebelum bertanya.
4. Tidak keluar dari topik.
5. Tidak menulis spesifikasi PC / Laptop.
6. Tidak promosi website ( akan dimasukkan ke Spam )

Berkomentar cukup sekali, semua komentar akan dimoderasi dulu oleh Admin.

 
Display Pagerank