Sunday, September 7, 2014

Cara Mengetahui File ISO Windows Asli atau Bajakan



Cara Mengetahui File ISO Windows Asli atau Bajakan


Cara Mengetahui File ISO Windows Asli atau Bajakan

Sistem Operasi Windows tidak dapat dipungkiri merupakan salah satu Sistem Operasi yang paling banyak digunakan didunia. Sistem Operasi ini sangat mudah digunakan & juga ramah bagi para penggunanya. Namun, karena sangat banyaknya pengguna yang ingin menggunakan Sistem Operasi Windows, terkadang para pengguna tersebut mendownload dari situs-situs yang kurang terpercaya sehingga bisa saja file ISO Windows yang sudah di download mengandung berbagai macam malware, virus, dan program jahat lainnya. alu bagaimana kalian bisa tahu bahwa file ISO Windows  tersebut adalah Ori ? Jawabanny ada dibawah ini.

Setiap file pasti memiliki memiliki suatu kode Enkripsi yang terdiri dari angka & huruf yang biasa disebut dengan HASH, Hash ini terbagi menjadi beberapa macam seperti SHA-1, MD5, SHA-256 dan lain sebagainya. Setiap file sendiri memiliki Hash yang unik & tidak mungkin sama antara satu dengan yang lainnya. 

Microsoft dalam setiap perilisan product-nya selalu merilis Hash dari file yang diluncurkannya. Biasanya Microsoft merilis informasi Hash-nya disini. Kalian bisa mengetahui informasi hashnya dengan mengklik disalah satu produk yang kalian ingin cari.

Untuk mencocokan hash yang ada di MSDN Subscriber dengan file ISO yang sudah didownload melalui kedua postingan diatas sebenarnya sangat mudah. Kalian hanya perlu mendownload program dibawah ini :

Cara Mengecek Keaslian File ISO Windows 

Contonhnya adalah, misalkan kalian sudah mendownload Windows 8.1 with Update (multiple editions) (x64) melalui postingan ini, kemudian setelah kalian melihat informasi yang ada disini. Informasi Hash SHA-1 dari Windows 8.1 with Update (multiple editions) (x64) adalah sebagai berikut :

File Name: en_windows_8.1_with_update_x64_dvd_6051480.iso
Languages: English
SHA1: A8B5DF0B0816280AE18017BC4B119C77B6C6EB79

Ikuti langkah dibawah ini :

1. Kemudian kalian buka MD5 Checksum & SHA Utility tadi, dan klik browse & arahkan pada file ISO Windows 8.1 Enterprise with Update x86 yang sudah kalian download.

2. Tunggu beberapa saat karena aplikasi MD5 Checksum & SHA Utility sedang membaca Hash dari file ISO Windows. 

3. Jika sudah selesai, salin & paste kode SHA-1 yang sudah saya bold berwarna biru diatas kedalam aplikasi MD5 Checksum & SHA Utility, dan kalian klik verify

Jika Sama, maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini :


Tetapi jika tidak sama akan muncul seperti ini.


Jika file SHA-1 yang kalian copas sama dengan yang ada didalam software MD5 Checksum & SHA Utility, maka file ISO tersebut 100% Asli Versi RTM / Final / MSDN / Final.


Pertanyaan : P
Jawaban : J 

P : Kalau begitu, OS yang agan update setiap bulan diblog ini file ISOnya palsu / bajakan dong ?

J : OS yang saya update setiap bulan disini, semuanya berasal dari sumber yang terpercaya. Windows AIO ( All-In-One ) yang ada diblog ini pun dibuat berdasarkan file ISO Windows Original Microsoft. Jika kalian kurang yakin, kalian bisa melakukan Full Scan pada OS Windows yang sudah agan download dari situs Software182. Apakah file ISO tersebut mengandung virus atau tidak :)

RELATED POSTS

6 comments:

  1. mantap gan makasih sangat membantu (Y)

    ReplyDelete
  2. saya minta sama teman Win 8,1 pro,., tapi saya tidak tahu versi win 32 bit atau 64bit,., mohon infonya donk,., laptop saya suport 32 bit..,

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

Saya menghargai setiap komentar yang masuk dan akan berusaha membalas setiap komentar yang ada selama kalian.

1. Membaca postingan sampai habis.
2. Membaca postingan yang ada di link download.
3. Biasakan mencari di google dahulu sebelum bertanya.
4. Tidak keluar dari topik.
5. Tidak menulis spesifikasi PC / Laptop.
6. Tidak promosi website ( akan dimasukkan ke Spam )

Berkomentar cukup sekali, semua komentar akan dimoderasi dulu oleh Admin.

 
Display Pagerank