Saturday, September 20, 2014

Cara Mencegah Windows Dari Junkware & Adware



Cara Mencegah Windows Dari Junkware & Adware

Cara Mencegah Windows Dari Junkware & Adware

Kalian pasti pernah merasa bahwa Windows kalian semakin melambat setiap harinya. Berbeda sekali saat pertama kali install ulang, Windows yang baru pertama kali install ulang pastinya lebih cepat dibanding Windows yang sudah berumur 3 Bulan atau bahkan 1 Tahun !. 

Tahukan kamu, bahwa salah satu penyebab Windows menjadi lambat adalah terdapatnya Junkware atau Adware alias aplikasi sampah. Aplikasi Sampah ini biasanya terinstall secara bersamaan dengan software yang kalian install.  Ada beberapa software yang sering menawarkan aplikasi-aplikasi, toolbar yang sebenarnya tidak pernah kita butuhkan diantaranya, uTorrent, Daemon Tools Lite, YTD Downloader, dan lain sebagainya. 

Berikut adalah beberapa cara yang dapat kalian lakukan untuk mencegah PC kalian dari berbagai macam Junkware / Adware.

1. Selalu Waspada

Hal yang paling pertama & paling utama adalah waspada saat kalian menginstall sebuah software atau mendownload sebuah software dari situs-situs yang tidak terpercaya. Beberapa situs yang menawarkan downloader itu biasanya terdapat Junkware, bahkan terkadang terdapat Malware yang lebih berbahaya !.

Baca Juga :


Saya menyarankan apabila kalian mendownload software dari situs atau sebuah blog, pastikan kalian membaca postingan tersebut sampai habis dan jangan asal mengklik tombol download. Karena saat ini sudah banyak sekali situs-situs / blog download yang menawarkan downlaoder mereka sendiri yang mengandung Malware.

Saya menyarankan kalian menjauhi situs-situs downlaod dibawah ini :

- Download.com ( CNET )
- Brothersoft.com
- Softonic.com
- Dan lain sebagainya

Selain itu, saat menginstall aplikasi, jangan asal memilih next-next saja. Baca instruksinya baik-baik dan apabila software tersebut menawarkan toolbar atau aplikasi sampah lainnya, kalian hilangkan centangannya !

2. Menggunakan Software Unchecky

Untuk para newbie atau orang yang belum tahu terlalu dalam tentang komputer, saya merekomendasikan untuk menginstall sebuah aplikasi bernama unchecky. Unchecky ini mampu mencegah junkware masuk kedalam PC kalian.


Unchecky ini tidak perlu terlalu banyak pengaturan, karena Unchecky berjalan secara background dan otomatis akan menghilangkan pilihan Junkware saat proses installasi sebuah software. Contohnya adalah dibawah ini, Unchecky mampu memblock Junkware yang akan terinstall melalui aplikasi BitTorrent.

3. Install & Update Antivirus

Windows 8 / Windows 8.1 memang sudah memiki Antivirus, namun, Deteksi Antivirus Windows Defender pada Windows 8/8.1 masihlah lemah. Kalian membutuhkan Anrtivirus yang lebih powerful seperti ESET Antivirus, Kaspersky Antivirus, Avast! Antivirus, Avira Antivirus dan lain sebagainya.

Antivirus ini mampu mendeteksi Junkware saat proses installasi atau bahkan saat kalian selesai mendownload Software dari Internet. Antivirus akan otomatis memeriksa setiap file yang dijalankan, apabila file tersebut cenderung berbahaya, maka Antivirus akan dengan otomatis memblok atau menghapus file tersebut. 

Dan jangan lupa juga untuk terus mengupdate Antivirus kalian setiap hari :)

Baca Juga :

4. Menggunakan Junkware Removal Tool & AdWare Cleaner.

Gunakanlah proteksi tambahan dengan menggunakan software Junkware Removal Tool & AdWare Cleaner. Kedua software ini mampu menghapus berbagai macam toolbar ataupun Junkware-Junkware yang tersembunyi didalam PC. Salah satu contohnya adalah toolbar Ask yang sangat menjengkelkan.

Download :


RELATED POSTS

6 comments:

  1. Apa kalo menggunakan Norton 360 dapat mencegah Windows dari Junkware & Adware

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya kurang tahu fitur yang ada di norton 360

      Delete
  2. Makasih banyak. Sangat bermanfaat untuk saya yang awam. Moga gak bosen2 kasih tips & tricks yang lain.

    ReplyDelete
  3. makasih semua aplikasi terinstall tanpa kita sadai

    ReplyDelete

Saya menghargai setiap komentar yang masuk dan akan berusaha membalas setiap komentar yang ada selama kalian.

1. Membaca postingan sampai habis.
2. Membaca postingan yang ada di link download.
3. Biasakan mencari di google dahulu sebelum bertanya.
4. Tidak keluar dari topik.
5. Tidak menulis spesifikasi PC / Laptop.
6. Tidak promosi website ( akan dimasukkan ke Spam )

Berkomentar cukup sekali, semua komentar akan dimoderasi dulu oleh Admin.

 
Display Pagerank