Sunday, June 28, 2015

Hah ? Antivirus Gratisan Ternyata Tidak Benar-Benar Gratis !



Hah ? Antivirus Gratisan Ternyata Tidak Benar-Benar Gratis !

Hah ? Antivirus Gratisan Ternyata Tidak Benar-Benar Gratis !

Antivirus merupakan salah satu elemen terpenting yang dimiliki Sistem Operasi Windows. Seperti yang kita tahu, Windows adalah Sistem Operasi yang paling banyak memiliki serangan dunia maya seperti Malware, Trojan, Virus, Worms dan sebagainya. Jadi, menginstall Antivirus merupakan hal yang logis untuk tindakan pencegahan.

Ada banyak sekali pilihan Antivirus yang ditawarkan oleh berbagai vendor Antivirus. Mulai dari yang berbayar hingga yang gratisan sekalipun. Pengguna Windows yang tidak memiliki uang cukup tentu akan lebih memilih produk gratisan dibanding berbayar, namun yang jadi pertanyaan sekarang adalah apakah antivirus gratis yang ditawarkan oleh berbagai macam vendor tersebut benar-benar gratis ? apakah ada maksud lain dari vendor-vendor Antivirus mengapa mereka memberi Antivirusnya secara gratis ? Jawabannya adalah Ya

Saat ini beberapa perusahaan antivirus terkemuka sengaja menyelipkan berbagai macam adware alias software tambahan kedalam antivirus gratisan yang mereka tawarkan. Tentu saja tujuan mereka membundling junkware tersebut adalah demi uang. Tidak percaya ? silakan lihat artikel yang sudah saya terjemahkan dari howtogeek.com dengan beberapa perubahan.

Semuanya Tentang Uang

Seperti yang sudah disinggung diatas, Beberapa vendor Antivirus menyelipkan junkware kedalam installer Antivirus mereka. Ada beberapa hal yang mereka lakukan demi mendapatkan uang dari PC kalian diantaranya adalah :

- Mengubah Mesin Pencari Kalian : Sebagian vendor Antivirus gratisan akan mengubah mesin pencari yang ada dibrowser kalian. Cara mereka mengubahnya adalah lewat proses installasi. Kalian pasti pernah merasa bukan mengapa tiba-tiba mesin pencari di browser kalian berubah dari Google menjadi Ask atau yang lainnya ?.

Lalu cara mereka membuat uang dari mesin pencari adalah saat kalian mengklik iklan di hasil pencarian tersebut. Mereka terkadang mengubahnya menjadi "Secure Search" atau "pencarian aman", padahal semakin kalian menggunakan fitur tersebut, semakin banyak uang yang dihasilkan untuk vendor Antivirus yang kalian gunakan.

- Mengubah Homepage / Beranda Browser : Ini salah satu yang paling mengesalkan. Saat software mengubah alamat beranda dibrowser pasti ada masalah dengan software tersebut. Mengubah alamat beranda dibrowser akan memonitor berbagai macam aktivitas browsing kalian dan tentu saja akan menampilkan berbagai macam iklan kepada kalian sehingga vendor antivirus mendapatkan uang.

- Ask Toolbar : Kalau yang ini sih sudah sangat familiar dikalangan pengguna Windows. Ask Toolbar kenyataanya sudah ada sejak bertahun-tahun lalu dan tidak hanya ada di software antivirus gratisan. Kalian harus hati-hati saat menginstall software gratisan, karena biasanya terdapat toolbar sampah seperti ini.

- Junkware : Junkware adalah aplikasi sampah bawaan dari suatu software. Biasanya ditawarkan saat proses installasi atau setelah proses installasi selesai. Terkadang Junkware juga terinstall secara otomatis kedalam PC pengguna tanpa pemberitahuan. 

Vendor Antivirus mendapatkan uang dari Junkware dengan cara dibayar dari pembuat Junkware teresebut. Semakin banyak Junkware yang terinstall, semakin banyak dollar yang didapat. 

Tracking : Ini yang paling berbahaya menurut saya, karena setiap aktivitas internet kalian akan dimonitor bahkan hingga informasi personal. Sebagian vendor Antivirus bahkan menjual informasi pengguna demi uang !

Beberapa Vendor Antivirus Gratisan yang Tidak Benar-Benar Gratis

Dibawah ini adalah beberapa list dari Antivirus gratis yang kenyataanya tidak benar-benar gratis. Apabila kalian menginstall salah satu software dibawah ini saya sarankan untuk membaca proses installasinya baik-baik agar tidak terkena jebakan betmen

Ad-Aware Free

Ad-Aware Free milik Lavasoft menawarkan sebuah fitur bernama "Web Protection". Web Protection akan berguna untuk melindungi pengguna Ad-Aware dari program jahat dunia maya, padahal fitur ini akan mengubah mesin pencari kalian dengan SecureSearch yang dipromotori oleh Yahoo! ( Bing ). Kalau kalian tidak ada masalah dengan Bing sih cukup pakai saja Internet Explorer dibandingkan harus mengganti mesin pencari disemua browser dengan Bing.

Ad-Aware Free

avast! Free

avast! Free merupakan salah satu antivirus gratisan paling populer di Dunia dan sudah digunakan oleh jutaan pengguna Windows. avast! Free memiliki proteksi yang cukup bagus, namun saat proses installasi avast! Free, ternyata avast! sedikit bertindak "nakal" karena akan menginstall Ad-ware berupa Google Toolbar dan DropBox.

avast! Free

DropBox merupakan software yang bagus, namun kalau kalian tidak terlalu membutuhkan DropBox buat apa ? selain itu siapa pula yang mau browsernya terinstall Toolbar yang malah membuat browser jadi lambat.

Avira Free Antivirus

Avira Free, salah satu antivirus yang pernah saya gunakan sejak zaman Windows XP ternyata tidak luput dari kelakuan "nakal" vendor Antivirus. Avira Free akan menawarkan kalian berupa “Avira SafeSearch Plus.” Padahal fitur tersebut hanyalah nama laon dari Ask Toolbar !

Avira Free Antivirus

AVG Free

Salah satu antivirus gratisan lainnya adalah AVG Free. AVG Free juga menawarkan berbagai macam junkware saat proses installasi seperti AVG Security Toolbar, AVG Rewards, AVG Web TuneUp, dam juga SecureSearch. Memang di versi AVG Free 2015 tidak ditemukan junkware tersebut, namun kalian harus tetap hati-hati dari produk AVG.

AVG Free

Comodo Free

Comodo Free akan berusaha mengubah mesin pencari kalian ke Yahoo!. Selain itu Comodo Free juga akan mengubah settingan DNS Server kedalam server Comodo. Comodo Free juga akan menawarkan sebuah browser bernama 'Chromodo".

Comodo Free

Panda Free Antivirus

Panda Free akan menginstall toolbar milik mereka sendiri kedalam browser kalian. Dan tentu saja akan mengubah mesin pencari dibrowser dengan Yahoo!. Tidak hanya itu, Panda Free juga menawrkan "MyStart" sebagai pengganti beranda browser kalian.

Panda Free Antivirus

ZoneAlarm Free Antivirus + Firewall

Ada yang pernah memakai ZoneAlarm ? ZoneAlarm juga memakai “ZoneAlarm Search” sebagai salah satu fiturnya. Fitur tersebut akn mengubah alamat Beranda browser kalian serta mengubah mesin pencari dibrowser. Tidak hanya itu, ZoneAlarm juga akan menginstall ZoneAlarm Toolbar yang lagi-lagi merupakan nama lain dari Ask Toolbar.

ZoneAlarm Free Antivirus + Firewall

Kalau Begitu Pilih yang Mana Dong ?

Antivirus yang seharusnya mengatasi masalah malah bisa menambah masalah. Terlebih lagi apabila antivirus gratisan tersebut sudah sering mengeluarkan pesan pop-up untuk membeli versi premium mereka atau mulai menjual data pribadi pengguna demi uang.

Well, antivirus diatas memang memiliki proteksi yang cukup bagus diantaranya avast!, Avira. Kalian bisa mengatasinya dengan cara berhati-hati saat proses installasi antivirus gratisan dan tidak asal menekan tombol "Next" atau "Yes" saja saat installasi. Menggunakan software Unchecky juga berguna untuk mencegah Junkware dan Adware terinstall di PC kalian

Atau kalian juga bisa menggunakan antivirus berbayar seperti Kaspersky, ESET yang biasanya tidak menginstall software-software sampah diatas.

Ngomong-ngomong, kalian pakai antivirus gratisan atau berbayar ? :)

RELATED POSTS

11 comments:

  1. bagaimana dgn 360 total security, apa masih layak sebagai benteng kita di pc/lapie gan?? tq.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh yang dari Qihoo ya ? lumayan oke juga sih, udah gitu ga nawarin junkware juga. Engine AV yang ditawarkan juga lumayan banyak. proteksinya lumayan bagus kok. :)

      Delete
  2. iya gan, 360 nya gw tandemin ama database bitdefender :)
    Jadi rekomndasi dari agan, AV free apa ini yg powerfull, ringan dan userfriendly bagi penggunanya? makasih gan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau udah pake 360, ga usah pake bitdefender.

      Delete
  3. Sy jg sering kecolongan dgn Junkware.Sampah ini emang terasa memberatkan kompi saat browsing.Kadang tolbar2 nya itu agak susah di hilangkn,sekalipun sdh di delete control panel & add Ons/pengaya,ttp msh sering nongol jg.Sy sering menggunakan ADW Cleaner untk abisin si toolbar itu.Tp skrng biasanya sehabis nginstall Os langsung sy install dlu Unchecky. Dgn Unchecky Junkware vendor jahil dpt di tendang.Usernya jg harus hati2 jk nginstall software.Jgn hanya next next trus. Harus lihat yg tercentang...!!!

    ReplyDelete
  4. Mending McAfee Antivirus Enterprise 8.8,ya sebetulnya bukan gratis,tapi ane dapetnya gratis

    ReplyDelete
  5. jadi AV yg direkomendasikan oleh admin apa???
    kalau ada bagi link dong... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. http://www.software182.com/2015/08/antivirus-terbaik-untuk-windows-10.html

      Delete

Saya menghargai setiap komentar yang masuk dan akan berusaha membalas setiap komentar yang ada selama kalian.

1. Membaca postingan sampai habis.
2. Membaca postingan yang ada di link download.
3. Biasakan mencari di google dahulu sebelum bertanya.
4. Tidak keluar dari topik.
5. Tidak menulis spesifikasi PC / Laptop.
6. Tidak promosi website ( akan dimasukkan ke Spam )

Berkomentar cukup sekali, semua komentar akan dimoderasi dulu oleh Admin.

 
Display Pagerank